Minggu, 13 Jun 2021 23:44
  • Home
  • Kesehatan
  • Selain Raffi Ahmad, Ini Sejumlah Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Perdana Bersama Jokowi

Selain Raffi Ahmad, Ini Sejumlah Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Perdana Bersama Jokowi

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Mandra Ramadhan
Rabu, 13 Jan 2021 15:13
Humas Setkab/Jay
Presiden Jokowi bersama sejumlah penerima vaksin COVID-19 perdana.
Presiden RI Joko Widodo menjadi orang pertama yang memperoleh suntikan dosis vaksin COVID-19 perdana, tanda dimulainya program vaksinasi COVID-19 secara gratis Rabu, (13/01/2021) pagi.

Kepastian berjalannya program vaksinasi ini diperoleh setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat terhadap vaksin berdasarkan hasil uji klinis tahap tiga di Bandung dan data-data saintifik lainnya. Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa halal bagi vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi ini.

Bersama Presiden pada sesi pertama vaksinasi, turut serta sejumlah perwakilan dari berbagai latar belakang dalam vaksinasi COVID-19 perdana yang dilaksanakan di veranda Istana Merdeka kali ini.

Nama-nama perwakilan tersebut ialah:
1. Daeng Mohammad Faqih (Ketua Umum PB IDI);
2. Amirsyah Tambunan (Sekjen MUI sekaligus mewakili Muhammadiyah);
2. Ahmad Ngisomudin (Rais Syuriah PBNU);
4. Marsekal Hadi Tjahjanto (Panglima TNI);
5. Jenderal Pol. Idham Azis (Kapolri); dan
6. Raffi Ahmad (perwakilan milenial).


Daeng Mohammad Faqih, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, saat ini merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Dirinya tercatat aktif di Badan Rumah Sakit Indonesia tahun 2014-2017 dan pernah tergabung dalam Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pusat serta Dewan Pembina Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Amirsyah Tambunan, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang sekaligus mewakili Muhammadiyah, selain aktif sebagai Sekjen MUI, yang bersangkutan juga tercatat sebagai Wakil Ketua Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PP Muhammadiyah 2015-2020. Amirsyah juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekjen MUI pada 2010-2015 silam.

Sementara itu, Ahmad Ngisomudin yang menjadi perwakilan dari Nahdlatul Ulama, saat ini aktif sebagai Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Beliau juga aktif sebagai dosen UIN Raden Intan Lampung.

Adapun dari kalangan milenial, hadir Raffi Ahmad yang merupakan seorang publik figur.


Untuk diketahui, selain enam orang di atas, sejumlah perwakilan juga tampak hadir pada vaksinasi pertama dalam sesi-sesi setelahnya. Mereka yang hadir tersebut ialah Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Unifah Rosyidi (Ketua Umum PGRI), Ronald Rischard Tapilatu (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia), Romo Agustinus Heri Wibowo (Konferensi Waligereja Indonesia), I Nyoman Suarthani (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Partono Nyanasuryanadi (Persatuan Umat Buddha Indonesia), dan Peter Lesmana (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia).

Selain itu, turut pula perwakilan lainnya yakni Penny Kusumastuti Lukito (Kepala BPOM), Rosan Perkasa Roeslani (Ketua Kadin), Ade Zubaidah (Sekjen Ikatan Bidan Indonesia), Harif Fadhillah (Ketua Umum DPP PPNI) Nur Fauzah (perawat), Lusy Noviani (Wasekjen Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia), Agustini Setiyorini (perwakilan buruh), dan Narti (perwakilan pedagang).

Di samping itu, tampak Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dan dr. Reisa Asmo Subroto turut serta mengikuti vaksinasi perdana ini.

Sebagai informasi, pemerintah mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam melaksanakan program vaksinasi COVID-19 ini. Tidak hanya menunggu keluarnya izin penggunaan darurat BPOM dan fatwa halal MUI, sejumlah persyaratan lainnya yang harus ditempuh para penerima vaksin juga benar-benar diperhatikan.

Dari sejumlah nama di atas, diketahui terdapat beberapa calon penerima yang berdasarkan ketentuan medis belum dapat memperoleh vaksin COVID-19 kali ini. Hal tersebut merupakan bentuk kehati-hatian demi memastikan keamanan dan keselamatan para penerima vaksin.
Editor: Budi

T#g: MilenialVaksin
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Jun 2021 17:10

    AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di 2 Lokasi

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia (lansia) dan Tenaga Pendidik di Yayasan Perguruan Sultan Agung Jalan Surabay

  • Kamis, 10 Jun 2021 12:50

    Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksinasi di Kota Bandung

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., melaksanakan peninjauan Serbuan

  • Selasa, 08 Jun 2021 17:28

    Wakil Walikota Gunungsitoli Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Bagi Tenaga Pendidik

    Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, SE., M.Si meninjau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 bagi tenaga Pendidik Kota Gunungsitoli bertempat di Auditorium STT Sunderman Gunungsitoli, Selasa (08/06/2021).

  • Senin, 07 Jun 2021 21:47

    Tiga Ratusan Pedagang Pasar di Binjai Disuntik Vaksin Covid-19

    Polres Binjai bersama TNI dan Pemko Binjai, melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang Pasar di seluruh wilayah hukum Polres Binjai, Senin (7/6).

  • Senin, 07 Jun 2021 15:57

    Forkopimda Tinjau Vaksinasi Massal Di Asahan

    Pemkab Asahan hari ini, Senin (07/06/2021), melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik serta lansia untuk mengurangi resiko dan menekan jumlah korban  akibat virus Covid-19.

  • Minggu, 06 Jun 2021 16:36

    Panglima TNI Pantau Kasus Covid-19 di Grobogan dan Tinjau Serbuan Vaksinasi

    Usai memimpin rapat di Kabupaten Kudus, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsit

  • Sabtu, 05 Jun 2021 18:45

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Tinjau Vaksinisasi Tenaga Pendidik Kota Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo Sik, meninjau langsung pemberian Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Binjai, untuk tenaga pendidik. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Gedun

  • Sabtu, 05 Jun 2021 16:15

    Percepat Vaksin Personil, Kapoldasu Atensi Zona Merah

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si perintahkan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi personil Polda Sumut yang bertugas di satuan wilayah.

  • Sabtu, 05 Jun 2021 11:55

    Polres Tanjung Balai Terus Fasilitasi Warga Untuk Vaksinasi Massal

    Dalam Rangka memutuskan mata rantau penyebaran Covid 19, Polres Tanjungbalai terus memfasilitasi warga kota Tanjung balai untuk melakukan vaksinasi secara massal oleh Puskesmas jajaran Dinkes Tanjung

  • Jumat, 04 Jun 2021 21:44

    Wakapolda Sumut Kunjungan Kerja Ke Paluta Peninjauan Vaksinasi Massal Untuk Lansia

    Wakapolda Sumut kunjungan Kerja ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dalam rangka peninjauan vaksinasi massal Covid-19 bagi Lansia di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan, Jumat (04/06/2021).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak