Rabu, 27 Jan 2021 12:58
  • Home
  • Kesehatan
  • Ridwan Kamil Pantau Simulasi Pemberian Vaksin COVID-19 di Kota Depok

Ridwan Kamil Pantau Simulasi Pemberian Vaksin COVID-19 di Kota Depok

Depok (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 23 Okt 2020 00:23
Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memantau secara langsung simulasi sistem pemberian vaksin COVID-19 yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar di Puskesmas Poned Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10/20).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, simulasi bertujuan mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk vaksinasi COVID-19, dan jumlah warga yang disuntik dalam sehari. Selain itu, simulasi merupakan respons cepat terhadap pembelian vaksin oleh pemerintah pusat. 

"Simulasi ini akan mengetahui satu puskesmas dapat melakukan penyuntikan berapa kali. Misal sehari 100 orang, kami hitung berapa jumlah puskesmas di Depok. Lalu, dikalikan jumlah sasaran yang ditargetkan. Itu pentingnya simulasi ini," kata Kang Emil. 

Kang Emil mengikuti semua rangkaian simulasi. Mulai dari screening, cuci tangan, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, proses penyuntikan, sampai menunggu 30 menit untuk melihat reaksi vaksin. 

Menurut Kang Emil, pihaknya akan membuat sejumlah skenario untuk vaksinasi. Jika kapasitas Puskesmas dinilai kurang, pihaknya akan menyiapkan gedung-gedung publik sebagai tempat penyuntikan vaksin. 


Begitu juga apabila tenaga kesehatan vaksinasi kurang. Pemda Provinsi Jabar akan membuka pendaftaran relawan tenaga kesehatan dengan sejumlah kriteria. 

"Nanti ketahuan jumlah orang perhari yang divaksin. Apakah jumlah puskesmas yang ada di Depok dan Jabar cukup? Kalau tidak cukup, berarti gedung serbaguna, gedung olahraga, dan gedung lain akan kita jadikan tempat vaksinasi," ucapnya. 

"Kalau jumlah tenaga vaksinnya juga tidak cukup, berarti kita buka relawan sesuai kriteria untuk jadi penyutik dan tim panitia," imbuhnya. 

Sebanyak 9,1 juta warga di Republik Indonesia rencananya akan divaksinasi pada November hingga Desember 2020 dengan vaksin yang dibeli pemerintah pusat dari tiga produsen vaksin luar negeri. 

Kang Emil mengatakan, Kota Depok diproyeksikan menjadi daerah pertama di Jabar yang melakukan vaksinasi COVID-19. Setelah itu, empat daerah lain di kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) akan melakukan vaksinasi COVID-19. 


Pemda Provinsi Jabar mengajukan alokasi bagi 3 juta warga Jabar khususnya untuk wilayah Bodebek karena merupakan daerah epidemiologi tinggi. 

"Kewenangan untuk menentukan jumlah alokasi vaksin untuk setiap provinsi itu tetap berada di pemerintah pusat," kata Kang Emil. 

Vaksinasi COVID-19 diprioritaskan bagi orang yang berisiko tertular, seperti tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan di laboratorium rujukan COVID-19, dan TNI/Polri. 

Kang Emil mengatakan, vaksinasi dilakukan kepada warga yang berusia 18-59 tahun. Warga yang berusia diluar rentang tersebut, kata ia, akan disuntik vaksin apabila mendapat rekomendasi dari dokter. 

"Untuk yang diluar umur itu (18-59 tahun) harus menggunakan rekomendasi dari dokter. Karena vaksin yang diteliti ini tidak ada relawan usia balita, dan lanjut usia," ucapnya. 

Menurut Kang Emil, vaksinasi COVID-19 akan menguras waktu dan tenaga yang banyak. Oleh karena itu, persiapan yang matang diperlukan. 

"Prosesnya rumit, tapi lebih baik jadi masyarakat yang siap daripada nanti jadi keteteran," ucapnya. 

Kang Emil mengatakan, dengan adanya penyuntikan vaksin COVID-19 pada November-Desember 2020, virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 tidak langsung menghilang. Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M sampai kondisi pulih. 

"Seperti cacar di dunia setelah divaksin grafik turun. Begitu juga COVID-19. Tidak akan hilang langsung 100 persen karena bertahap. Yang pasti warga Depok kami prioritaskan sebagai kota pertama dapat vaksin ini," katanya. 
Editor: Herda

T#g:DepoksimulasiVaksin
Berita Terkait
  • Rabu, 27 Jan 2021 10:27

    Orang Pertama di Indonesia Menerima Vaksin COVID-19 Dosis Kedua

    Presiden Jokowi, orang pertama yang divaksin di Indonesia, pagi ini Rabu (27/01/2021), menerima suntikan vaksin COVID-19 untuk dosis kedua. Vaksinasi dilakukan di halaman tengah Istana Kepresidenan, J

  • Rabu, 27 Jan 2021 04:27

    Kodim 1702 Jayawijaya Sosialisasikan Vaksin Covid-19

    Kodim 1702/Jayawijaya telah melaksanakan sosialisasi vaksinasi Covid-19 tingkat Klinik dan RSUD yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Jayawijaya, bertempat di Aula Ukhumearek Asso Kodim 1702/

  • Selasa, 26 Jan 2021 15:16

    Dr Sugianto: Cuap- cuap di Media Sosial terkait bahayanya Vaksinasi Covid-19 adalah Hoax

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, menghimbau kepada masyarakat, tenaga kesehatan, TNI-Polri, untuk ikut dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Sebab menurutnya, Dinas Kesehatan Kot

  • Senin, 25 Jan 2021 08:45

    Dinkes Muba Jemput 6.360 Dosis Vaksin

    Bupati Dodi Reza Bersama Forkopimda, Nakes dan Tomas Divaksin Pertama

  • Minggu, 24 Jan 2021 10:04

    Dukung Vaksinasi, Kalangan Santri Nusantara Bersama Media Siaran Santri Gelar Live Podcast Ajak Masyarakat Melakukan Vaksinasi

    Data Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menunjukkan, pada Agustus - Desember ditemukan ada 712 hoaks seputar vaksinasi dan Covid-19. Kondisi ini menempatkan Indonesia sebagai ranking kelima du

  • Sabtu, 23 Jan 2021 02:23

    Wajib Vaksinasi dan Disiplin Prokes Demi Indonesia Bebas Covid-19

    Pemerintah sudah mulai melaksanakan agenda kebangsaannya untuk menyelamatkan masa depan masyarakat, bangsa, dan negara. Hampir satu tahun lamanya negara kita dikungkung oleh 'teror' Corona.

  • Selasa, 19 Jan 2021 10:59

    Sebanyak 4.070 Nakes dan 69 Tokoh Sudah Divaksin COVID-19 di Jabar

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar mengatakan, terdapat 4.070 tenaga kesehatan (nakes) yang sudah divaksin di

  • Senin, 18 Jan 2021 02:18

    Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

    Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua dan Papua Barat. Masyarakat adat di Bumi Cendrawasih mendukung program ini, agar pandemi segera berakhir. Warga sipil P

  • Minggu, 17 Jan 2021 18:17

    Kapolsek Galang Bersama Muspika Saksikan Penerimaan Vaksin Sinovac Covid-19

    Kapolsek Galang Polresta Deli Serdang AKP RGM Hutagalung SH beserta Muspika Galang menyaksikan penerimaan Vaksin Sinovac Covid-19 di Puskesmas Galang Jalan Bukit Barisan Kelurahan Galang kota, Kecamat

  • Sabtu, 16 Jan 2021 15:26

    16 pejabat dan tokoh di Papua Disuntik Vaksin COVID-19

    Sejumlah 16 pejabat publik dan tokoh di Provinsi Papua menerima vaksin COVID-19 pada Jumat (15/1/2021). Vaksinasi itu berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura di Kota Jayapura. Panasnya cu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak