Jumat, 03 Jul 2020 06:19

Kota Sukabumi, Zona Hijau Pertama di Jabar

JABAR (utamanews.com)
Oleh: Dian
Senin, 29 Jun 2020 22:19
Humas Jabar
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melaporkan, Kota Sukabumi masuk dan menjadi satu-satunya Zona Hijau (Level 1) dalam leveling kewaspadaan COVID-19 oleh Gugus Tugas Jabar.

"Terima kasih untuk Wali Kota, Gugus Tugas, Forkopimda, dan masyarakat Kota Sukabumi yang berhasil meningkatkan semua indeks sehingga menjadi wilayah pertama (di Jabar) yang menjadi Zona Hijau versi penilaian Gugus Tugas kami (Jabar)," kata Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (29/6/20).

Adapun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar menentukan level kewaspadaan masing-masing daerah melalui kajian ilmiah berdasarkan sembilan indeks, di antaranya laju ODP, PDP, risiko geografis, dan angka reproduksi efektif (Rt) COVID-19.

Di Zona Hijau, seluruh kegiatan perekonomian boleh dibuka 100 persen, termasuk kegiatan di sekolah secara fisik.
Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- pun mengizinkan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi untuk menyiapkan protokol kesehatan di sekolah dan menyimulasikan bersama gugus tugas. 

"Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah karena sesuai aturan kalau sudah Zona Hijau diperbolehkan melakukan persiapan untuk sekolah fisik dengan protokol yang sangat ketat," ujar Kang Emil.

Meski begitu, Kang Emil mengingatkan bahwa anak-anak merupakan aset paling berharga dalam kehidupan, terutama saat pandemi COVID-19. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kota Sukabumi betul-betul harus menyiapkan protokol ketat demi melindungi anak ketika sekolah.

"Momen penting di pandemi COVID-19, yaitu kita menyadari ternyata aset penting kemanusiaan adalah keluarga dan anak-anak," kata Kang Emil.

Dalam menyiapkan protokol itu, Kang Emil pun meminta Gugus Tugas untuk mengawal dan berpesan agar Pemerintah Daerah Kota Sukabumi mempelajari kebijakan negara lain yang berhasil maupun gagal saat membuka sekolah.

Kang Emil optimistis jika protokol dilakukan dengan ketat dan mencontoh metode negara yang berhasil membuka sekolah, maka pembukaan sekokah fisik di Kota Sukabumi akan berjalan maksimal.

"Belajarlah dari kegagalan negara lain yang sempat membuka sekolah namun ternyata menemukan klaster sekolah dan belajarlah dari negara yang sudah berhasil membuka sekolah fisik," tuturnya.

Selain itu, Kang Emil melaporkan bahwa terdapat beberapa daerah yang turun dari Zona Biru menjadi Zona Kuning. Namun, Gugus Tugas Jabar Kang Emil akan lebih dulu rapat bersama Bupati/Wali Kota terkait sebelum mengumumkan ke publik.

Kang Emil berujar, turunnya status tersebut menjadi cermin bahwa kedisiplinan dan kewaspadaan harus tetap tinggi dan tidak boleh lengah meski memasuki kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Ini menjadikan contoh bahwa (daerah) tidak boleh main-main, kewaspadaan tidak boleh lengah," kata Kang Emil.

Sementara terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek), Kang Emil menjelaskan, PSBB di lima daerah tersebut mengikuti DKI Jakarta dan masih tetap berlaku hingga 2 Juli 2020.

"PSBB Jabar saya tegaskan masih ada yaitu Bodebek hingga 2 Juli. Setelah itu akan kita evaluasi karena laporan per minggu ini virus masih berputar di wilayah tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Jabar terus mengejar target 100 persen pengetesan masif di pasar, objek wisata, dan terminal/ stasiun sebagai tiga titik paling rawan selama AKB.

Saat ini, Kang Emil mengatakan bahwa kapasitas tes di Jabar sudah mencapai 2.000 per hari sehingga dalam seminggu ini pengetesan usap metode Polymerase Chain Reaction (PCR) menyentuh angka 14 ribu. Totalnya, sudah ada 78.108 tes metode PCR yang dilakukan di Jabar.

Editor: Herda

T#g:AKB
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 27 Jun 2020 17:27

    Jabar Sambut Masa AKB, PSBB secara Proporsional Tidak Diperpanjang

    Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Jawa Barat (Jabar) akan disertai dengan pengendalian risiko penularan COVID-19 yang komprehensif. Pengetesan masif secara intens dilakukan, dan kesiapan laya

  • Senin, 15 Jun 2020 22:15

    Wagub Jabar Cek Kesiapan AKB di Waduk Darma dan Pasar Desa Cikijing

    Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengecek protokol kesehatan jelang kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pondok pesantren (ponpes) dan tempat wisata di Kabupaten Kuningan s

  • Kamis, 11 Jun 2020 21:31

    Pangandaran Contoh Penerapan AKB Sektor Pariwisata

    Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di objek wisata Pangandaran.

  • Minggu, 24 Mei 2020 17:54

    Polres Sergai Putar Balik Ratusan Kendaraan Pada Malam Takbiran

    Polres Serdang Bedagai bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan check point di tiga lokasi Jalinsum Medan-Tebing Tinggi, tepatnya di Pos Pam Perbaungan, Pos Pam

  • Minggu, 24 Mei 2020 10:44

    Monitor Malam Takbiran, Kapolda Sumut Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

    Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin M.Si., didampingi Wakapolda Sumut, PJU Polda Sumut, Kabinda Sumut, Kapolrestabes Medan, Dandim 02/01 BS dan Personil yang terlibat melaksanakan monitoring

  • Jumat, 22 Mei 2020 18:02

    Cek Kesiapan Personel, Kapolda Sumut Kunjungi Pos Pam Lebaran 2020

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi didampingi Pejabat Utama Polda Sumut melakukan pengecekan Pos Pengamanan Ops Ketupat Toba 2020 Polrestabes Medan, yang berada di Jalan Cemara Medan, Jum'at (22/05/2020).

  • Jumat, 22 Mei 2020 03:22

    Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Takbir Keliling di Tengah Pandemi Covid-19

    Pandemi Covid-19 menyebabkan munculnya larangan takbir keliling bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Ibadah salat tarawih juga hendaknya dilakukan di rumah saja.Hal itu disebabkan karena kita masih b

  • Kamis, 21 Mei 2020 14:01

    Selamatkan Umat dari Wabah Covid-19, MUI minta perayaan hari kemenangan dengan Protokol Kesehatan

    Wabah Kesehatan Covid-19 berdampak pada pembatasan di seluruh sendi kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada perayaan hari kemenangan umat Islam di tahun 2020 atau Idul Fitri 1441 H ini.Menyikapi

  • Selasa, 12 Mei 2020 16:22

    Pemko Medan Dukung Rencana Penyekatan 110 Titik Ruas Jalan Jelang Malam Takbiran

    Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Polrestabes Medan menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Malam Takbiran Perayaan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serda

  • Kamis, 09 Apr 2020 14:49

    Kapolres AKBP Horas Tua Silalahi Bagi-bagi Masker di Depan Mako Polres Madina

    Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, S.I.K, M.Si. memimpin kegiatan Ops Keselamatan Toba 2020 di jalan lintas Medan- Padang, tepatnya di depan Mako Polres Madina, Kamis (9/4/2020).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak