Senin, 01 Jun 2020 22:09
TESTING ADSENSE 9668897277
  • Home
  • Kesehatan
  • Jika tak patuhi pemerintah, selesai Lebaran terjadi lonjakan penderita Covid-19

Jika tak patuhi pemerintah, selesai Lebaran terjadi lonjakan penderita Covid-19

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 22 Mei 2020 07:22
Ilustrasi
Potensi lonjakan kasus virus corona di Indonesia setelah hari Raya Idul Fitri sangat besar.

Hal tersebut dipengaruhi oleh mobilitas penduduk yang masih ramai serta masyarakat yang tetap nekat melakukan silaturahim di luar rumah saat Hari Raya Idul Fitri.

"Iya potensial pandemi ini dipengaruhi dari mobilitas penduduk. Apalagi saat Lebaran nanti kalau masyarakat melakukan silaturahmi di luar rumah itu bisa naik lagi," ujar Ahli Epidemiologi Pandu Riono dari Universitas Indonesia (UI), seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (21/5/2020).

Dia menuturkan bahwa kekhawatiran puncak pandemi ini bisa terjadi apabila masyarakat diam-diam melanggar pembatasan sosial bahkan mudik. Hal ini tentu membawa masalah baru jika mereka ada yang membawa virus namun tanpa gejala.

Hal lainnya yakni setelah mudik, tentu akan ada arus balik. Penularan virus corona di Indonesia masih terus terjadi apalagi bila para pemudik kembali dan membawa saudara mereka.

"Habis mudik akan ada arus balik dan ini menjadi masalah baru. Dimana misal yang mudik ada 1 juta orang menjadi 1,5 juta karena mereka bawa saudara untuk mencari kerja dan ini jadi beban. Ini peristiwa mudik yang sulit untuk dihentikan sementara karena menjadi tradisi," papar dia.

Berbicara peran pemerintah, Pandu mengatakan bahwa bahwa hal ini terlanjur terjadi. Sebab masyarakat cenderung tidak patuh jadi jumlah yang sebelumnya bisa turun malah tertahan bahkan landai.

"Ini sudah enggak bisa ditekan lagi sudah terjadi. Tadinya pergerakan ini sudah bagus tapi masyarakat cenderung tidak patuh misalnya kebiasaan sore ngabuburit. Jakarta sudah mau turun kasusnya jadi tertahan dan landai," ungkapnya.
Editor: Budi

Sumber: CNBC

T#g:mudik
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Mei 2020 03:24

    Tunda Silaturahim Langsung, Manfaatkan Teknologi Informasi

    Silaturahmi antar kerabat maupun tetangga menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat Idul Fitri tiba. Namun, kebiasaan silatuhrami langsung tersebut harus dirubah dan ditunda seiring adanya pandemi Cov

  • Jumat, 22 Mei 2020 18:02

    Cek Kesiapan Personel, Kapolda Sumut Kunjungi Pos Pam Lebaran 2020

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi didampingi Pejabat Utama Polda Sumut melakukan pengecekan Pos Pengamanan Ops Ketupat Toba 2020 Polrestabes Medan, yang berada di Jalan Cemara Medan, Jum'at (22/05/2020).

  • Rabu, 20 Mei 2020 14:00

    Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Himbau Warga Tidak Mudik 

    Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Injen Pol Drs Martuani Sormin MSI tegaskan bagi masyarakat yang melanggar peraturan dalam pelaksanaan mudik, maka Polda Sumut akan menindaklanjuti sesuai dengan

  • Senin, 18 Mei 2020 17:48

    Halau Pemudik, Polda Sumut Siapkan Cek Poin di Daerah Perbatasan

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin Siregar menyampaikan beberapa kebijakan dan penegakan hukum yang dilakukan Polda Sumut di masa pandemi Covid-19, di

  • Minggu, 17 Mei 2020 05:57

    Hindari Mudik Cegah Penularan Covid-19

    Usaha memutus rantai penularan Covid-19 mustahil dilakukan sendirian oleh Pemerintah. Masyarakat pun perlu mengambil bagian dalam mencegah Covid-19, salah satunya dengan tidak mudik pada Hari Raya Idu

  • Rabu, 13 Mei 2020 19:43

    Walikota Tebing Tinggi Kunjungi Pospam Terpadu Operasi Ketupat Tahun 2020

    Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, selaku Walikota Tebing Tinggi bersama Kapolres AKBP James P Hutagaol, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian S.Stp, M.Si., dan Kadis Perhubungan Safrin Harahap, mengecek Po

  • Selasa, 12 Mei 2020 15:52

    Bupati Labura Himbau Umat Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

    Bupati H. Khairuddin Syah, SE menghimbau umat Islam di Labuhanbatu Utara agar khusuk menjalankan ibadah puasa dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

  • Senin, 11 Mei 2020 23:11

    Dishub Sumut Tegaskan Soal Larangan Mudik Lebaran, Perjalanan Jauh Dibolehkan Dengan Syarat Ketat

    Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) menegaskan kembali kepada masyarakat perihal aturan yang harus dipatuhi tentang perjalanan antar kota atau provinsi di masa pandemi virus corona (Covi

  • Jumat, 08 Mei 2020 18:08

    Jalur Transportasi Dibuka, Gustu Tebing Tinggi Pantau Akses Masuk

    Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi akan meningkatkan pengawasan di titik pintu masuk kota.

  • Kamis, 30 Apr 2020 19:20

    Pengawasan Akses Masuk Ke Tebing Tinggi Ditingkatkan

    Guna mengantisipasi masa puncak penyebaran covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi tingkatkan pengawasan, khususnya di beberapa titik akses masuk ke kota.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak