Jumat, 14 Mei 2021 01:42
  • Home
  • Kesehatan
  • Informasi Lonjakan Angka Tertular Covid-19 Di Taput Bantu Warga Lebih Disiplin

Informasi Lonjakan Angka Tertular Covid-19 Di Taput Bantu Warga Lebih Disiplin

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Sabtu, 17 Okt 2020 17:47
Ilustrasi
Dalam beberapa minggu ini pada bulan Oktober 2020, lonjakan penderita Covid-19 di Taput (Tapanuli Utara) provinsi Sumatera Utara, naik secara drastis.

Dari pantauan laman satuan tugas percepatan penanganan (STPP) Covid-19 Taput, mulai 1 Oktober s/d 16 Oktober ada penambahan 24 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 67 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 42 orang dinyatakan sembuh dan 23 orang dirawat.

Beberapa warga dan pegawai pemerintah sudah terkonfirmasi positif penyebaran Covid-19 ini, namun publik hanya memahami inisial saja. Seperti pasien positif Covid-19 meninggal dunia NG (68) pada 6 Oktober, terkonfirmasi positif 25 September, warga kecamatan Pahae Jae merupakan hasil tracing dari pasien BN (Siaran pers STPP). Siapa, kapan dan darimana terinfeksi BN, publik hanya menunggu penjelasan.

Namun hal ini belum tahu berasal dari mana asal penyebarannya. Ditambah meninggalnya pegawai dinas kesehatan TL (56), yang sampai sekarang belum jelas keterangan siaran persnya?


UTAMANEWS telah mempertanyakan hal ini kepada Juru Bicara STPP Covid-19 Taput Indra S Simaremare, M.Si untuk memberikan siaran persnya tentang perihal meninggalnya TL pada 14 Oktober, dan juga melalui pesan WhatsApp mempertanyakan tracing dan penularan TL, 14 s/d 16 Oktober. Namun sangat disayangkan konfirmasi tersebut hanya tampilan saja di layar WhatsAppnya, tanpa ada jawaban klarifikasi kepada publik.

Apakah hal ini disebabkan kesibukan dikarenakan pekerjaan atau karena enggan menjawab, ada apa?

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung Janrie Nababan menerangkan melalui via seluler pada 17 Oktober pukul 08:10 Wib, bahwa pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Tarutung ada 16 orang.

"Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat 16 orang", sebutnya tidak  mau memperinci asal pasien.


Pada Sabtu 17 Oktober pukul 14:50 wib, siaran pers STPP menerangkan adanya rentetan tracing dari ASN Dinas Kesehatan TL (56) yang meninggal 14 Oktober, didapati 27 orang warga. 

"Pada tanggal 13 Oktober, ada 27 orang warga Taput yang 'reaktif' hasil rapid test. Ke 27 orang ini dilanjutkan dengan pengambilan sample untuk Swab Test yang dikirim ke Medan. Karena di RSUD Tarutung kehabisan cartridge", terang STPP.

Hasil Swab atas 27 warga, dari keterangan STPP, ada 9 warga terkonfirmasi positif Covid-19, dengan sebutan inisial OSM, SBS, AS, AS, TS, JES, EJS, ES, KS. Dan STPP menghimbau, bagi mereka merasa kontak dengan kesembilan orang tersebut, agar melakukan rapid test ke Puskesmas terdekat.

Dalam situasi saat ini,untuk pencegahan dan penanganan penularan Covid-19 perlu adanya keterbukaan tim STPP Taput kepada publik, dalam kerjasama dan respon publik yang cepat dalam informasi di tengah masyarakat. Dan agar tetap menjaga diri untuk berdisiplin dan tertib melakukan prokes (protokol kesehatan).
Editor: Robi

T#g:TaputUpdate Covid-19Update Covid 19
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    Era Normal Baru, Taput Apel Gelar Pasukan OPS KETUPAT TOBA-2021

    Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dilaksanakan di Lapangan Tangsi Jln Melanton Siregar Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput (Tapanuli Utara),

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    KONFERCAB - XI GMKI Tarutung tetapkan Ketua dan Sekretaris Cabang serta keluarkan rekomendasi penting

    Kegiatan Konferensi Cabang resmi dibuka oleh Pengurus Pusat GMKI Kordinator Wilayah I SUMUT-NAD Hendra L Manurung, S.Agr didampingi oleh Pemerintah Kab. Tapanuli Utara yang diwakilkan oleh Kepala Dina

  • Sabtu, 01 Mei 2021 12:21

    Kaum Milenial Indonesia Tanggapi Kasus Daur Ulang Alat Rapid Tes Antigen di Kualanamu

    Kaum Milenial Indonesia (KAMI) angkat bicara dan berikan masukan atas peristiwa Daur Ulang Alat Test Rapid Antigen yang terjadi di Bandara Kualanamu pada Selasa lalu.

  • Kamis, 29 Apr 2021 22:49

    Safari Ramadhan di Polres Taput, Kapoldasu Beri Sembako kepada Anak Yatim

    Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi melakukan Safari Ramadhan di Polres Tapanuli Utara (Taput), Jalan Letjend Soeprapro No. 2, Tarutung.

  • Jumat, 23 Apr 2021 20:53

    Bangun Sinergitas dengan Pemkab, KAMI Taput Siap Promosikan Destinasi Wisata dan Kuliner

    Menilik pengertian destinasi wisata secara umum adalah tempat/ tujuan kita melakukan perjalanan dimana dapat memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan menambah pengalaman.

  • Rabu, 21 Apr 2021 16:51

    Sosok Saut Simanungkalit SE MM Ikut Pilkada Bupati Tahun 2024 Di Taput

    Dalam permainan Pilkada (pemilihan kepala daerah) Tahun 2024 mendatang di Kabupaten Taput (Tapanuli Utara), Saut Simanungkalit SE MM siap ikut bertarung dalam Pilkada tersebut.

  • Minggu, 04 Apr 2021 12:14

    'Malam tak beruntung' Di Taput. 5 Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp600 Juta

    Kejadian yang dianggap penomenal ini menjadi pembahasan di tengah masyarakat. Sehingga terdengar sebutan 'Malam tak beruntung'. Itulah yang terdengar dalam perbincangan masyarakat Taput, khu

  • Rabu, 31 Mar 2021 12:21

    Transformasi Universitas Negeri Tapanuli Raya, Dalam Perspektif Seorang Guru SMA

    Rencana transformasi Institut Agama Kristen Negeri Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya sudah bergulir dan masih menjadi proses yang belum menemukan jawaban atas harapan yang dinanti-nant

  • Rabu, 10 Mar 2021 16:00

    Kaum Milenial Angkat Bicara Tentang Rusaknya Jalan Desa di Taput

    Jalan menuju salah satu dusun di Desa Pariksabungan Kecamatan Siborong-borong Tapanuli Utara sangat memprihatinkan.

  • Senin, 01 Mar 2021 18:21

    Satgas Covid-19 Binjai Konfirmasi Adanya Klaster Keluarga Di Kampung Tanjung

    Terkait adanya kabar simpang siur yang berkembang bahwa beberapa warga di Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, khususnya warga di Sekitar Kampung Tanjung, yang terpapar Covid-19, akhirnya te

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak