Rabu, 21 Okt 2020 05:45
  • Home
  • Kesehatan
  • Hormati Kesepakatan dengan FSPMI, PT PHS Daftarkan 107 Pekerja BHL Peserta BPJS Kesehatan dan PK

Hormati Kesepakatan dengan FSPMI, PT PHS Daftarkan 107 Pekerja BHL Peserta BPJS Kesehatan dan PK

Padang Lawas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Kamis, 09 Jul 2020 12:39
Istimewa
Capai kesepakatan bilateral antara KC FSPMI Padang Lawas dengan Manajemen PT. PHS/PHG yang diwakili oleh HO dari Kandir PHG Medan.
Menindaklanjuti hasil kesepakatan bersama antara Pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kabupaten Padang Lawas (KC FSPMI Palas) tertanggal 23 Juni 2020, terkait kepatuhan terhadap aturan hukum ketenagakerjaan di lingkungan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Pihak manajemen PT. Permata Hijau Sawit/Permata Hijau Group (PT. PHS/PHG) Kebun Papaso, berlokasi di Kecamatan Sosa Timur, sudah mendaftarkan 107 Pekerja Buruh Harian Lepas (BHL) menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Kami tetap komitmen dengan hasil kesepakatan bilateral yang sudah dicapai bersama pengurus KC FSPMI Kabupaten Padang Lawas, terkait pendaftaran 104 Pekerja BHL PT. PHS ke BPJS Kesehatan. Datanya akan kami sampaikan," kata Edy Gusanto, HO PT. PHS/PHG Papaso via handphone, Kamis (09/07/2020).

Disebutkan dia, dari sebanyak 107 pekerja yang didaftarkan peserta BPJS Kesehatan itu, 103 pekerja sudah online kepeserta BPJS Kesehatannya dan 4 pekerja BHL lainnya belum bisa online disebabkan kendala identitas kependudukannya.


Selain itu, lanjut dia, manajemen PT. PHS/PHG Papaso juga telah menyelesaikan draft perjanjian kerja atau kontrak kerja, PKWTT/PKWT antara pihaknya dengan para Pekerja maupun Pekerja BHL di lingkungan perusahaan PT. PHS/PHG Kebun Papaso. 

"Saat ini, draft Perjanjian Kerja atau kontrak kerjanya sudah sampai di meja Sekretaris Disnaker Padang Lawas, sedang tahap proses eksaminasi. Kita harapkan proses ini dapat berjalan cepat dan lancar," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Disnaker Padang Lawas, Jonnedi Piliang mengakui, pihaknya sudah menerima draft perjanjian kerja atau kontrak kerja antara pihak perusahaan dengan para pekerja di perusahaan tersebut.

"Kami sudah menerima draft perjanjian kerja dari PT. PHS/PHG Papaso dan saat ini sedang kami periksa secara intensif, agar nantinya butir-butir yang tertuang dalam perjanjian kerja tersebut memenuhi ketentuan aturan hukum ketenagakerjaan," ucapnya.

Menanggapi hal ini, Ketua KC FSPMJ Padang Lawas, Maulana Syafii memberikan apresiasi kepada jajaran Manajemen PT. PHS/PHG Kebun Papaso yang sudah beritikad baik dan berkomitmen tinggi untuk menghormati hasil kesepakatan bilateral yang dicapai oleh kedua belah pihak dalam rangka mewujudkan satu hubungan industrial yang harmonis dan dinamis di lingkungan perusahaan PT. PHS/PHG Kebun Papaso.

Sebelumnya, ujar Maulana, pihak perusahaan PT. PHS/PHG Kebun Papaso juga telah membayarkan dana THR tahun 2020 kepada sebanyak 80 Pekerja BHL, yang selama ini belum pernah didapatkan oleh pekerja dari perusahaan.

"Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada manajemen PT. PHS/PHG Papaso yang telah menghormati dan melaksanakan hasil kesepakatan bipartit yang sudah dijalankan pihak perusahaan sampai hari ini," katanya.

Memang, lanjut dia, sejauh ini, masih ada beberapa poin hasil kesepakatan yang belum dijalankan oleh perusahaan, seperti dugaan Union Busting terhadap Pekerja BHL atas nama Ratna alias Ratna Dewi Juliana.

"Kami sangat berharap hal ini dapat segera diselesaikan oleh perusahaan. Untuk poin-poin lainnya dari hasil kesepakatan bilateral yang belum dilaksanakan oleh perusahaan, kami sudah komitmen untuk tetap melaksanakannya secara bertahap dengan kesepakatan limit waktu satu tahun sejak tanggal kesepakatan bilateral ditanda tangani," ujarnya.


Editor: Tessa

T#g:BPJSFSPMIkesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 19 Okt 2020 08:39

    Pentingnya Kesadaran Kaum Muda Mendukung Suksesnya Penanganan Covid-19

    Generasi muda adalah masa yang paling optimal untuk menciptakan sebuah perubahan, karena mereka mempunyai energi yang paling besar, kesempatan yang banyak, serta visi idealisme tentang perubahan yang

  • Jumat, 16 Okt 2020 20:16

    Kapolsek Sidikalang Kota Gencar Lakukan Pendisiplinan Protokol Kesehatan

    Pada Hari Jumat tanggal 16 Oktober 2010 Sekira Pukul 09.00 Wib, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu, SH bersama dengan Team Terpadu,

  • Jumat, 16 Okt 2020 08:46

    Kepatuhan dan Solidaritas Kunci Sukses Melawan Covid-19

    Bagaimanapun Covid-19 telah mewabah dan kita tidak bisa menganggap remeh apalagi bersikap seolah-olah virus ini tidak berbahaya. Faktanya Virus Corona meluas dengan cepat menjadi epidemi yang sangat m

  • Minggu, 11 Okt 2020 23:01

    Sinergi 3 Pilar, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa Laksanakan Ops Yustisi Jalankan Protokol Kesehatan

    Sinergi 3 pilar Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa melaksanakan ops yustisi pendisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penyebaran corona virus diseas

  • Jumat, 09 Okt 2020 21:29

    Babinsa & Bhabinkamtibmas Pahae Julu Kawal Pelaksanaan Operasi Yustisi Skala Kecil Di Desa Hutabarat

    Peran dari semua elemen masyarakat diharapkan mampu memberi cerminan perilaku hidup sehat dan perilaku normal baru, yang mana pada protokol kesehatan, aktifitas diluar rumah bermasker dan menjaga jara

  • Kamis, 08 Okt 2020 01:38

    Rakyat Menolak Demo Buruh Di Tengah Pandemi Covid-19

    Buruh masih saja kukuh berdemo bahkan mengancam akan melakukannya lagi sampai omnibus law batal diresmikan. Aparat segera menentang aksi tersebut. Penyebabnya bukan karena membenci buruh. Namun tindak

  • Jumat, 02 Okt 2020 23:02

    Satreskrim Polrestabes Medan Tetapkan GM Hairos Sebagai Tersangka

    Tim Sat Rekskrim Polrestabes Medan menetapkan General Manajer (GM) Hairos sebagai tersangka karena menyelenggarakan pesta kolam renang di tengah pandemi Covid-19.Penetapan tersangka itu pun disampaika

  • Jumat, 02 Okt 2020 14:52

    Operasi Yustisi di Binjai Timur, 41 Warga Terjaring

    Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tim gabungan dari Polres Binjai, TNI dan Satpol PP Kota Binjai, terus menggelar Operasi Yustisi.Kali ini, Jumat (2/10), tim gabungan menggelar Operasi Yus

  • Kamis, 01 Okt 2020 16:41

    Prajurit Kompi 126/KC Ikut Serta Sinergitas TNI-Polri Sosialisasi Himbauan Prokes Covid-19

    Dalam rangka percepatan penanggulangan Corona virus disease 2019 (Covid-19) TNI-Polri Bersinergi menyampaikan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian, Kamis (01/10/20)

  • Rabu, 30 Sep 2020 09:30

    Masyarakat Harus Disiplin Laksanakan '3M'

    Penambahan pasien Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak