Selasa, 16 Apr 2024 11:27
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Hari ini, Kelompok Disabilitas Tuna Rungu dan Pemulung Terima Vaksin Covid-19

Medan (utamanews.com)

Oleh: Sam

Kamis, 22 Jul 2021 08:32

Istimewa
Ilustrasi
Untuk mengatasi beberapa penyakit, herd immunity bisa dicapai ketika 40 persen populasi di suatu daerah kebal terhadap penyakit.

Namun dalam sebagian besar kasus, herd immunity bisa dicapai jika 80 hingga 95 persen populasi kebal terhadap penyakit untuk menghentikan penyebarannya. Seseorang bisa menjadi kebal terhadap suatu penyakit berkat pemberian vaksin.

Data Kemenkes RI per 21 Juli 2021, Pukul 18.00 WIB, total Vaksinasi 1: 42.868.023 (20.58%), dan total Vaksinasi 2: 16.713.406 (8.03%) dari 208.265.720 total sasaran vaksinasi di Indonesia.

Sutrisno Pangaribuan, Inisiator Vaksinasi Tuna Rungu dan Pemulung, menyatakan, sebagai upaya mempercepat terbentuknya herd immunity, maka Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN), DPC Medan dan Deli Serdang serta Gerakan Perjuangan Pemulung Indonesia (GAPPI), berkerjasama dengan Kementerian BUMN, mengadakan vaksinasi untuk komunitas ini, Kamis, 22 Juli 2021, Pukul 09.00- 15.00 WIB di sentra vaksinasi BUMN, eks. Bandara Polonia Medan.

"Penyandang disabilitas tuna rungu membutuhkan akses komunikasi melalui juru bahasa isyarat untuk menjelaskan pandemi COVID-19 dengan segala variannya. Demikian juga dengan program vaksinasi dalam menciptakan herd immunity," tuturnya, Kamis pagi, (22/7)

Ayub Purba, Ketua DPD GERKATIN Sumut, menambahkan bahwa kerjasama ini diharapkan sebagai upaya pelibatan tuna rungu secara partisipatif.

Pemulung, kelompok rentan terhadap penyebaran berbagai jenis penyakit. 

Siti Masitah Siburian, Ketua GAPPI, menjelaskan, pemulung setiap hari berhadapan dengan "sampah". 

"Sampah yang kita hasilkan selama masa pandemi COVID-19 ini pun tidak dapat dihindari oleh pemulung. Kita belum memiliki fasilitas pemilahan maupun pemisahan sampah. Kita masih membuang bekas masker, sarung tangan bersama dengan sampah lainnya di dalam tempat sampah yang sama", ungkapnya.

Vaksinasi kelompok rentan komunitas pemulung ini, kerjasama GAPPI dengan Kementerian BUMN ini diharapkan menjadi pintu masuk untuk mendorong percepatan vaksinasi kelompok rentan lainnya. 

Pemerintah diminta agar memperhatikan komunitas pemulung dan kelompok rentan lainnya.

Semoga herd immunity kita semakin cepat terwujud.
Editor: Budi

T#g:DisabilitaspemulungVaksin
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️