Senin, 08 Mar 2021 15:49

Gugus Tugas: Berpuasa meningkatkan Imunitas

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Jumat, 24 Apr 2020 19:44
Capture
Aris Yudhariansyah
Ibadah puasa tidak hanya dimaknai sebagai wujud ketakwaan dan keimanan Umat Islam, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) ini, sangat diperlukan kekebalan tubuh.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Aris Yudhariansyah saat memberikan keterangan pers di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Lantai 6 Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Medan, Jumat (24/4).

Dikatakan Aris, ada penelitan yang menyebutkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada penelitian yang menyebut berpuasa meningkatkan risiko infeksi Covid-19.

"Berpuasa juga dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak dan bisa merangsang produksi sel-sel darah putih yang baru. Sistem kekebaan tubuh dapat melakukan regenerasi sehingga semakin memperkuat ketahanan tubuh. Jika ketahanan tubuh sudah kuat, maka infeksi bakteri maupun virus bisa dilawan," kata Aris.


Selain itu, berpuasa juga dapat mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan di dalam tubuh. Misalnya zat adiktif yang berasal dari bahan pengawet dan pewarna makanan. Puasa dapat pula mengurangi masa lemak tubuh.

Lemak tubuh yang berlebih dapat merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia dan memicu produksi sel yang menyebabkan peradangan organ tubuh. "Penyakit yang bisa timbul akibat lemak berlebih misalnya penyakit pembuluh darah. Berpuasa bisa mengurangi lemak tubuh sehingga imunitas dapat diperbaiki," ujar Aris.


Meski begitu, Aris mengingatkan asupan gizi saat sahur dan buka puasa harus tetap dijaga. Jika kurang gizi, maka tubuh seseorang akan rentan dengan infeksi Covid-19. "Sementara orang yang gizinya baik dan tercukupi berpotensi besar dapat melawan Covid-19," ungkap Aris.

Sementara itu, GTPP melaporkan data terkini tentang Covid-19, yaitu Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 2.176 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 157 orang, pasien positif dengan PCR Test berjumlah 102 orang, menggunakan rapid test jumlah 18 orang dan pasien yang sembuh 25 orang serta pasien yang meninggal dunia 12 orang.

Berdasarkan data tersebut, Aris menegaskan kembali kunci pemutusan penyebaran Covid-19 adalah menghindari keramaian atau tetap berada di rumah. Tidak mudik merupakan bagian dari upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

"Kita tidak pernah tahu siapa orang di luar yang membawa virus. Banyak orang tanpa gejala yang tidak bisa kita bedakan dengan mata biasa," kata Aris.
Editor: Herda

T#g:Puasa
Berita Terkait
  • Senin, 18 Mei 2020 10:18

    DPP Rondo Mempesona Indonesia Bagi-bagi Takjil di Tembung

    DPP Rondo Mempesona Indonesia atau disingkat dengan DPP RMI berbagi takjil di bulan suci ramadhan kepada warga masyarakat di jalan Batang Kuis simpang Pasar 7 Simpang Jodoh Tembung, Minggu (17/05/2020).

  • Jumat, 08 Mei 2020 07:08

    IWO bersama Formapera berbagi Iftar untuk takjil pengguna jalan

    Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah yang dijalani Umat Muslim di tengah pandemi Covid-19, terus menimbulkan rasa peduli dari berbagai elemen masyarakat terhadap sesama.

  • Kamis, 23 Apr 2020 21:23

    Ini imbauan Gugus Tugas menjelang Ramadhan di masa tanggap darurat kesehatan Covid-19

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menekankan agar masyarakat tidak melakukan mudik selama wabah ini masih berlangsung.

  • Rabu, 22 Apr 2020 07:52

    Kasubdit Bin Polmas Poldasu sosialisasikan 'Jaga jarak, pakai masker dan waspada OTG', ke peziarah di TPU Muslim Katamso

    Kepala Subdit Bin Polmas memberikan bantuan dan himbauan tentang pencegahan penyebaran virus covid-19 pada Selasa 21 April 2020, pukul 11:30 wib, kepada masyarakat yang melaksanakan ziarah di Tempat P

  • Selasa, 21 Apr 2020 21:21

    Ir. Soekirman Cek Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan 1441 H Di 3 Pasar Tradisional

    Bupati Sergai Ir H Soekirman, didampingi Wakapolres Sergai Kompol Sofyan SH, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat Sei Rampah, Camat Tanjung Beringin, Kepala BPS Herman, SE, berkunjung ke pasar t

  • Kamis, 09 Apr 2020 17:59

    Dandim 0824/Jember Perintahkan Jajaran Antisipasi Puasa Ramadhan

    Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin: Agar Koordinasi Untuk Sediakan Ruang Isolasi Hingga Tingkat Desa

  • Kamis, 16 Mei 2019 18:06

    Plt Bupati Labuhanbatu: Tausyiah Ramadhan di Lingkungan Pemkab Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

    Pelaksanaan tausyiah ramadhan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, guna tingkatkan ketaqwa'an kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, pada samb

  • Minggu, 05 Mei 2019 20:35

    Pemerintah tetapkan awal puasa 2019 Senin, 6 Mei

    Kementerian Agama menetapkan awal puasa 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi jatuh pada Senin (6/5), setelah melakukan sidang isbat yang diikuti perwakilan ormas, ahli astronomi, tamu undangan dan lainnya di Ja

  • Sabtu, 04 Mei 2019 19:04

    Muhammadiyah: Medsos ikut berpuasa di bulan Ramadhan

    Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau umat Islam agar menjadikan media sosial (medsos) ikut berpuasa dari hal-hal yang buruk pada bulan Ramadhan.Haedar juga mengatakan jangan

  • Jumat, 03 Mei 2019 15:43

    Plt Bupati Labuhanbatu Cek Harga Sembako di Pasar Glugur Rantauprapat

    Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Kapolres AKBP Frido Situmorang, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Sekda Ahmad Muflih dan sejumlah Kepala OPD usai mengikuti upacara Hari Kesiap

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak