Sabtu, 17 Apr 2021 11:52
  • Home
  • Kesehatan
  • Datangi Satgas Covid-19, Plt Walikota Binjai Cek Stok Vaksin

Datangi Satgas Covid-19, Plt Walikota Binjai Cek Stok Vaksin

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 01 Mar 2021 10:51
Istimewa
Dalam 100 hari kerjanya, Plt Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melakukan Sidak ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Senin (1/3) Pagi. Ditemani beberapa OPD, ia juga berkesempatan melihat ruangan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Dirinya juga mengakui, sebelum ke Dinkes Kota Binjai, ia juga sudah mendatangi orangtuanya guna memohon restu di hari pertama dirinya bekerja.

"Di hari pertama saya bekerja, saya awali dengan mendatangi Posko Covid-19 Kota Binjai, serta melihat perkembangan dan langkah langkah apa yang sudah dibuat oleh Dinas Kesehatan," ucapnya.


Kedepannya, lanjut Amir Hamzah, pihaknya akan mengambil langkah langkah yang baik serta mengintruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan, untuk membuat Posko di Kelurahan dan Kecamatan, serta induk Posko berada di Dinkes.

"Hal itu bertujuan agar memudahkan untuk berkordinasi antara Gugus Tugas Covid yang ada di Kelurahan, Kecamatan, maupun yang ada di tingkat Kota," beber Amir Hamzah.

Sebagai Plt Walikota Binjai, Amir Hamzah juga sudah meminta Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, untuk membuat laporan setiap hari kepada dirinya, terkait perkembangan Covid-19 di Kota Binjai.

"Ini merupakan salah satu prioritas saya. Selain program Kesehatan, program Pendidikan juga menjadi prioritas program 100 hari kerja saya," beber Amir Hamzah, seraya mengatakan, untuk yang pertama program Kesehatan adalah penanganan masalah Covid-19.


Sedangkan yang kedua, lanjut Amir Hamzah, yaitu penataan Birokrasi. Dan yang ketiga yaitu terkait keluhan masyarakat, terutama tentang infrastuktur yang ada di Kota Binjai.

"Di 100 hari program kerja, saya memulainya dengan hal ini, dan dalam waktu dekat kami juga akan mengadakan rapat dengan semua OPD dan akan berkordinasi," urainya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai ini juga menegaskan, adapun penataan, perbaikan, pembenahan insprastruktur yang dimaksud, yaitu berupa Drainase, Jalan serta lampu penerangan yang ada di Jalan raya.

Dalam kunjungannya ke Dinas Kesehatan Kota Binjai, Amir Hamzah juga meminta kepada Dr Sugianto selaku Kadis Kesehatan, untuk segera melaporkan perkembangan daerah yang terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


"Saya minta kepada Kadis Kesehatan, untuk selalu melaporkan perkembangan di beberapa Kelurahan di Kota Binjai yang terpapar Covid-19. Diantaranya di daerah Sisingamangaraja, Pekan Binjai dan Kampung Tanjung," ungkap Amir Hamzah.

Sedangkan untuk langkah langkah yang sudah dilakukan di Daerah tersebut, sambungnya, yaitu melakukan penyempotan. "Kepada yang sudah terjangkit, dilakukan pemantauan dan dilakukan isolasi mandiri. Saya juga instruksikan kepada Kadis Kesehatan, untuk memantau terus perkembangan rumah dan keluarga korban yang sudah dinyatakan Positif Covid-19," katanya.

Kepada masyarakat, khususnya warga Binjai, Plt Walikota Binjai juga menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan terus berkordinasi dengan Dinkes, Puskesmas, serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

"Kedepanya kita juga harus tetap berkoordinasi dengan Provinsi, terkait langkah langkah yang akan dibuat dan harus disesuaikan dengan kondisi wilayah kita di Kota Binjai. Untuk masyarakat, saya rasa untuk di-Vaksin, tidak perlu dikhawatirkan. Karena ini adalah program Pemerintah dan sudah dilakukan, baik di tingkat Pusat, Provinsi juga di Daerah," kata Amir Hamzah.


Tidak hanya itu, Amir Hamzah juga mengatakan, Vaksinasi Covid-19 merupakan bentuk pencegahan. "Kita ketahui bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat, untuk mengikuti himbauan himbauan Pemerintah terkait Penegahan Covid-19," ujarnya, sembari melihat stok Vaksin yang ada di box khusus tempat penyimpanan Vaksin.

Disoal kapan dirinya akan melakukan Vaksinasi Covid-19, Pria yang akrab disapa dengan sebutan "Mamak" ini menjelaskan jika esok hari dirinya akan melakukan suntik Vaksin yang diproduksi oleh Sinovac Life Sciences Co.LTD. China dan PT Bio Farma (Persero) ini.

"Dalam waktu dekat ini, insyaAllah bisa besok. Kita juga akan mulai dari pelayanan publik. Yang pertama kita mulai dari internal kita dulu, mungkin dari Petugas Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Catpil. Kita juga prioritaskan untuk Kelurahan dan Kecamatan. Hal itu karena vaksinnya datangnya masih terbatas, maka kita akan buat Skala Prioritas, mana yang akan kita lakukan vaksinasi nantinya," tutupnya.
Editor: Herda

T#g:Vaksin
Berita Terkait
  • Kamis, 15 Apr 2021 20:05

    Persiapan Sekolah Tatap Muka di Tebing Tinggi, Guru Divaksin

    Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi bersama Dinas Pendidikan setempat menggelar vaksinasi kepada tenaga pendidik (guru), Kamis (15/4/2021) di Ruang Laboratorium Terpadu Dinas Pendidikan Jalan Gunung Lou

  • Rabu, 07 Apr 2021 16:17

    Panglima TNI dan Kapolri Puji Pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Pemko Medan

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pemko Medan di Lanud Soewondo, Rabu (7/4). Mere

  • Selasa, 06 Apr 2021 19:46

    Bobby: Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SW MM menekankan penanganan pandemi Covid-19, baik yang terkait masalah kesehatan maupun pemulihan ekonomi, membutuhkan akuntabilitas dalam penggunaan angg

  • Selasa, 06 Apr 2021 19:46

    Plt Walikota Binjai evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19

    Plt Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, memimpin rapat evaluasi terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan pelaporan penggunaan vaksin di Kota Binjai, di Aula Pemko Binjai, Jalan Sudirman, Binjai

  • Selasa, 06 Apr 2021 17:56

    Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksin Covid-19 di Natuna

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., di dampingi Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melakukan peletakan batu pertama

  • Selasa, 06 Apr 2021 16:06

    MUI Binjai: Terima Vaksin Tidak Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan

    Lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia, yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa penyunt

  • Selasa, 06 Apr 2021 16:06

    Wali Kota Medan Tinjau Simulasi Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru

    Guna memastikan kesiapan pelaksanaan vaksinasi drive thru yang dilakukan Pemko Medan, Rabu (7/4/2021), Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE.,MM meninjau langsung pelaksanaan simulasi vaks

  • Senin, 05 Apr 2021 21:15

    Brigjen Pol Dadang Pimpin Rapat Kesiapan Vaksinasi Massal

    Polda Sumatera Utara menggelar rapat kesiapan vaksinasi Covid-19 massal di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Vaksinasi massal itu rencananya akan ditinjau langsung oleh Panglima TNI Jenderal Hadi Tjaht

  • Minggu, 04 Apr 2021 19:34

    Serbuan Vaksinasi Covid-19 Oleh Satuan TNI di Tanah Papua

    Kodam XVII/Cenderawasih sebagai satuan TNI di wilayah Papua turut berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Papua, Sabtu (3/04/2021).

  • Sabtu, 03 Apr 2021 19:53

    Pengurus IKAL-LEMHANNAS DPD Sumut Jalani Vaksinasi Covid-19

    Pengurus dan anggota IKAL-LEMHANNAS DPD Sumut melaksanakan Vaksinasi Covid-19, di kantor IKAL, Jalan Diponegoro No 30 Medan, tepatnya di gedung lama kantor Gubernur Sumut, Sabtu (3/4/2021).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak