Minggu, 26 Sep 2021 20:28
  • Home
  • Kesehatan
  • Camat Binjai Barat Apresiasi Pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh Puskesmas Pembantu

Camat Binjai Barat Apresiasi Pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh Puskesmas Pembantu

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 06 Jul 2021 16:06
Istimewa
Bertempat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, yang beralamat di Jalan Kurma, dilaksanakan pemeriksaan Kesehatan bagi para lanjut usia (Lansia), Selasa (6/7).

Menurut Kepala Puskesmas Pembantu Kelurahan Limau Mungkur, Nestrin Sihotang S.KM, dalam kegiatan kali ini, setidaknya ada 9 orang Lansia yang diperiksa kesehatannya.

"Untuk kegiatan hari ini ada 9 lansia yang berasal dari beberapa lingkungan di Kelurahan Limau Mungkur yang menjalani pemeriksaan," ujar Nestrin.

Sedangkan untuk pemeriksaannya menurut Nestrin Sihotang, yaitu tekanan darah, gula darah, Kolesterol, asam urat, pemeriksaan gula serta pengukuran tinggi dan berat badan.

"Kegiatan ini biasanya kami laksanakan rutin setiap bulan. Namun karena Pandemi Covid, terhitung dari bulan Januari tahun 2021 hingga saat ini, baru empat kali kami melakukan pemeriksaan," urai Nestrin Sihotang.

Disoal apa tindakan yang akan dilakukan selanjutnya jika ada Lansia yang mengalami penyakit seperti yang disebutkan diatas, wanita berdarah Batak ini menegaskan akan melakukan rujukan ke Puskesmas Induk Kecamatan Binjai Barat, yang beralamat di Jalan HA Hasan.

"Misalnya salah seorang lansia menderita penyakit dalam, maka akan kami rujuk ke Puskesmas Induk, karena di Pustu (Puskesmas Pembantu-red) tidak ada dokter Spesialis," ungkap Nestrin, sembari mengatakan, rujukan ke Puskesmas Induk disesuaikan dari BPJS.

Untuk itu, sebagai tenaga medis Nestrin Sihotang menghimbau kepada masyarakat, khususnya Lansia, untuk selalu menjaga dan memeriksakan kesehatannya, terutama pola makannya.

Terpisah, Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan SH, saat dikonfirmasi awak media di ruangannya membenarkan adanya pemeriksaan Kesehatan bagi para Lansia di Kelurahan Limau Mungkur.

Sebagai Camat, ia juga memberikan apresiasi kepada Pustu maupun Puskesmas Induk yang ada di Kecamatan Binjai Barat, yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

"Kegiatan tersebut memang sudah dijadwalkan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas. Untuk itu, mari kita jaga kesehatan kita, apalagi dimasa Pandemi Covid seperti sekarang ini," ujar Samuel Lumbantoruan. 
Editor: Herda

T#g:Lansia
Berita Terkait
  • Minggu, 19 Sep 2021 19:49

    Mr X usia 70 tahunan ditemukan tewas di emperan toko di Binjai

    Sesosok mayat tanpa identitas (Mr X) ditemukan warga di Jalan Husni Thamrin, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, tepatnya di Kaki Lima depan Ruko Alai Fashion, Sabtu (18/9) Pagi, sekira Puk

  • Kamis, 24 Jun 2021 01:24

    LACAK Lion Air, "Berbagi Kasih dan Kepedulian Antarsesama, Menuju Cahaya 21 Tahun"

    Momentum 21 Tahun Lion Air sejalan Aktivitas yang Mengutamakan Rasa Kepedulian kepada Sesama, Membentuk Kepribadian, Menambah Wawasan dan Pengetahuan

  • Selasa, 08 Jun 2021 08:48

    Putus Rantai Covid-19, Pemkab Sergai Jemput Bola Vaksin Lansia Ke Rumah Warga

    Dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program Pemerintah Pusat dan memenuhi target 6.000 vaksinasi lanjut usia (Lansia), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Ser

  • Jumat, 04 Jun 2021 10:04

    Babinsa Temajuk Dampingi Vaksinasi Pada Lansia

    Babinsa Koramil 08/Paloh Kodim 1208/Sambas Sertu Dwi Ariyanto melaksanakan kegiatan pendampingan Vaksinasi kepada Lansia oleh Puskesmas, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kamis (3/6/2021).

  • Kamis, 03 Jun 2021 23:23

    Kapolres Pematang Siantar Dampingi Kapoldasu Tinjau Vaksinasi Massal

    Polres Pematang Siantar bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Khusus Tenaga Pendidik dan Lanjut Usia (Lansia) yang dilaksanakan di Yayasan Perguruan Sulta

  • Senin, 31 Mei 2021 08:41

    Gebyar Vaksinasi Berjalan Lancar, Bupati Sergai: Terima Kasih Para Lansia

    Kesungguhan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam proses percepatan penanganan Covid-19 kembali dibuktikan lewat Gebyar Vaksin 6.000 Lansia yang digelar di SMKN 1 Perbaungan, Komp

  • Kamis, 27 Mei 2021 18:37

    Lansia di Tebing Tinggi Jalani Vaksinasi Massal

    Sebanyak 1.000 warga lanjut usia yang berasal dari 5 kecamatan (masing-masing 200 orang/kecamatan) menjalani vaksinasi massal yang digelar Pemko Tebing Tinggi, Kamis (27/5/2021), di GOR Asber Jalan Gu

  • Sabtu, 08 Mei 2021 22:58

    Polsek Percut Sei Tuan Bagikan Sembako Pada Lansia di Masjid Al-Ikhlas

    Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Jan Piter Napitupulu SH MH didampingi Kanit Binmas Iptu M Rohim Dalimunthe, Panit Lantas Aiptu PL Pakpahan, dan Personil Polsek Percut Sei Tuan, bagikan sembako kepada 28

  • Selasa, 27 Apr 2021 18:07

    Kahiyang Ayu hadiri vaksinasi Lansia yang digelar TP PKK Provinsi Sumut

    Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution berharap seluruh masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di kota Medan bersedia untuk divaksin Covid-19.

  • Rabu, 14 Apr 2021 13:03

    Warga Lansia Binjai Mulai Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap Pertama

    Sebanyak 9 orang Lansia (lanjut usia) melaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Puskesmas Perawatan Tanah Tinggi, Jalan Cut Nyak Dhien, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (14/

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak