Jumat, 03 Jul 2020 20:45
  • Home
  • Kesehatan
  • 6 Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari yang Jarang Diketahui

Oleh: Tessa
Senin, 13 Jan 2020 15:13
Hello Sehat
Yoghurt adalah produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Selama ini, yoghurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri lainnya untuk kesehatan.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kembung dan mengurangi gas penyebab kentut. Konsumi bakteri baik tersebut juga menjadikan tubuh Anda bisa menyerap mineral dan kandungan lainnya dengan lebih maksimal.

Rasanya yang sedikit asam menjadikan yoghurt cukup digemari banyak orang. Pilihan rasanya juga kini sudah beragam, ada rasa jeruk, bluberi, stroberi, dan sebagainya.

Selain bermanfaat untuk masalah pencernaan, ternyata yoghurt bisa memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya. Dikatakan, yoghurt bisa sampai menurunkan risiko kanker pula.

Karenanya, kami merangkum enam manfaat tak terduga bila Anda mengonsumsi yoghurt setiap hari, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru

Baru-baru ini, penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko kanker paru-pari hingga 20 persen. Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, bisa menurunkan risiko hingga 30 persen.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri di dalamnya memiliki zat-zat untuk menangkal penyebab radang dan sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mendapatkan risiko darah tinggi lebih rendah hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.

3. Mencegah Osteoporosis

Berbicara mengenai kesehatan tulang, zat utama yang dibutuhkan adalah vitamin D dan kalsium. Ternyata, di dalam segelas yoghurt juga mengandung zat tersebut. Rata-rata, Anda bisa mendapatkan kalsium, protein, potasium, fospor dan vitamin D.

Semua vitamin dan mineral yang ada merupakan zat yang berperan penting untuk kesehatan tulang, dan dapat mencegah osteoporosis. Kondisi tulang yang mudah patah akibat osteoporosis dapat dicegah dan dibantu dengan konsumsi yoghurt yang menambah kekuatan dan massa tulang.

4. Memperkuat Sistem Imun

Selain probiotik yanng ada, kandungan zat mineral lainnya seperti magnesium, zinc, selenium juga ada di dalam yoghurt. Karenanya, pengonsumsian secara rutin memiliki peranan penting bagi kesehatan, serta dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin D yang ada dalam yoghurt juga telah dipelajari dapat membantu pencegahan flu dan demam.

5. Menurunkan Tingkat Alergi

Keajaiban yoghurt lainnya adalah bisa membantu mencegah terjadinya alergi. Saat alergi, IgE (Immunoglobulin E) yang merupakan sebuah antibodi dalam darah akan menstimulasikan histamin yang dapat menyebabkan hidung dan mata berair, bersin-bersin dan masalah kulit lainnya.

Ternyata, dalam yoghurt ada kandungan bernama Lactobacillus casei yang dapat menurunkan tingkat IgE sehingga sistem imun juga dapat menangkal zat alergen lainnya.

6. Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Tak perlu repot-repot membeli pembersih area kewanitaan. Ternyata, yoghurt bisa membantu untuk mencegah munculnya infeksi jamur di area sensitif wanita.

Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan kadar pH sehingga jamur akan enggan untuk hadir.  

Editor: Yaya

Sumber: liputan6.com

T#g:kesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 29 Jun 2020 22:59

    Pangkogabwilhan II: Harus Ada tindakan nyata yang tegas untuk menegakkan protokol kesehatan

    Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E., melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan unsur TNI, Polri, Gugus Tugas Daerah Jawa Timur, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unai

  • Sabtu, 27 Jun 2020 08:17

    AKBP MP Nainggolan: Semoga Kegiatan Amal Kita Berguna Bagi Masyarakat

    Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja melalui Kasubid Penmas AKBP MP Nainggolan mengatakan, kegiatan bakti sosial berupa operasi tumor kepada delapan pasien yang dilaksanakan mulai pa

  • Sabtu, 20 Jun 2020 10:30

    Prajurit Satgas Yonif 411 Terima Sosialisasi E-HAC dari KKP Merauke

    Sebelum kembali ke home base di Kota Salatiga. Selain melaksanakan protokol pemeriksaan kesehatan, personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga menerima sosialisasi penggunaan aplikasi E-HAC (

  • Minggu, 10 Mei 2020 15:10

    7 Penyebab Otak Kamu Mulai Lemot, Hindari dari Sekarang!

    Otak memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk memberikan perintah kepada seluruh organ tubuh. Oleh karena itu, ketika otak mengalami gangguan seperti menjadi lambat berpikir, hak tersebut

  • Rabu, 06 Mei 2020 21:26

    Pekerja BHL Tidak Didaftar BPJS Kesehatan, Jamkeswatch Korda Tabagsel Surati BPJS Kesehatan

    Berdasarkan hasil investigasi tim relawan Jamkeswatch Kordinator Daerah Tapanuli Bagian Selatan (Korda Tabagsel), masih banyak ditemui pekerja buruh harian lepas (BHL) di sejumlah perusahaan yang ters

  • Sabtu, 09 Mei 2020 08:59

    5 Trik psikologi yang bisa membantu keseharianmu

    Banyak trik Psychological dan  meuro-linguistic programming yang sudah dibahas oleh banyak psikolog dan ditulis di berbagai buku tentang psikologi. Trik-trik ini sering digunakan oleh para psikol

  • Jumat, 08 Mei 2020 15:08

    Mengenal Sinestesia, Fenomena Unik Saat Seseorang Bisa Merasakan Warna

    Di saat kebanyakan dari kita dapat melihat pemandangan dan mendengar suara, beberapa orang ternyata mampu  merasakan warna dan melihat suara. Hal ini dikenal dengan sinestesia, suatu fenomena neu

  • Sabtu, 02 Mei 2020 15:02

    5 Bahan Dapur yang Bisa Kita Jadikan Masker Selama Dirumah Aja

    Bingung mau ngapain lagi di rumah?Kenapa enggak mencoba merawat diri aja dengan beragam perawatan kulit?Kita bisa banget mencoba membuat masker dari bahan-bahan dapur yang membuat kulit jadi bebas mas

  • Rabu, 22 Apr 2020 18:22

    7 Penyakit Berbahaya yang Bisa Terjadi Jika Kamu Tidur Setelah Makan

    Apakah kamu sering tidur setelah makan? Jika iya, sepertinya kamu harus menghentikan kebiasaan ini. Rasa kantuk usai makan adalah hal yang normal terjadi dan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

  • Rabu, 15 Apr 2020 15:15

    6 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan

    Mie instan sudah menjadi makanan yang umum di Indonesia, terutama bagi anak kos. Cara masak yang mudah dan rasanya yang nikmat membuat makanan cepat saji ini digemari banyak orang. Jangan keseringan k

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak