Rabu, 22 Jan 2020 21:24
  • Home
  • Kesehatan
  • 6 Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari yang Jarang Diketahui

Oleh: Tessa
Senin, 13 Jan 2020 15:13
Hello Sehat
Yoghurt adalah produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Selama ini, yoghurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri lainnya untuk kesehatan.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kembung dan mengurangi gas penyebab kentut. Konsumi bakteri baik tersebut juga menjadikan tubuh Anda bisa menyerap mineral dan kandungan lainnya dengan lebih maksimal.

Rasanya yang sedikit asam menjadikan yoghurt cukup digemari banyak orang. Pilihan rasanya juga kini sudah beragam, ada rasa jeruk, bluberi, stroberi, dan sebagainya.

Selain bermanfaat untuk masalah pencernaan, ternyata yoghurt bisa memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya. Dikatakan, yoghurt bisa sampai menurunkan risiko kanker pula.

Karenanya, kami merangkum enam manfaat tak terduga bila Anda mengonsumsi yoghurt setiap hari, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru

Baru-baru ini, penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko kanker paru-pari hingga 20 persen. Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, bisa menurunkan risiko hingga 30 persen.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri di dalamnya memiliki zat-zat untuk menangkal penyebab radang dan sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mendapatkan risiko darah tinggi lebih rendah hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.

3. Mencegah Osteoporosis

Berbicara mengenai kesehatan tulang, zat utama yang dibutuhkan adalah vitamin D dan kalsium. Ternyata, di dalam segelas yoghurt juga mengandung zat tersebut. Rata-rata, Anda bisa mendapatkan kalsium, protein, potasium, fospor dan vitamin D.

Semua vitamin dan mineral yang ada merupakan zat yang berperan penting untuk kesehatan tulang, dan dapat mencegah osteoporosis. Kondisi tulang yang mudah patah akibat osteoporosis dapat dicegah dan dibantu dengan konsumsi yoghurt yang menambah kekuatan dan massa tulang.

4. Memperkuat Sistem Imun

Selain probiotik yanng ada, kandungan zat mineral lainnya seperti magnesium, zinc, selenium juga ada di dalam yoghurt. Karenanya, pengonsumsian secara rutin memiliki peranan penting bagi kesehatan, serta dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin D yang ada dalam yoghurt juga telah dipelajari dapat membantu pencegahan flu dan demam.

5. Menurunkan Tingkat Alergi

Keajaiban yoghurt lainnya adalah bisa membantu mencegah terjadinya alergi. Saat alergi, IgE (Immunoglobulin E) yang merupakan sebuah antibodi dalam darah akan menstimulasikan histamin yang dapat menyebabkan hidung dan mata berair, bersin-bersin dan masalah kulit lainnya.

Ternyata, dalam yoghurt ada kandungan bernama Lactobacillus casei yang dapat menurunkan tingkat IgE sehingga sistem imun juga dapat menangkal zat alergen lainnya.

6. Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Tak perlu repot-repot membeli pembersih area kewanitaan. Ternyata, yoghurt bisa membantu untuk mencegah munculnya infeksi jamur di area sensitif wanita.

Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan kadar pH sehingga jamur akan enggan untuk hadir.  

Editor: Yaya

Sumber: liputan6.com

T#g:kesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 25 Jan 2020 15:25

    Ketahui Manfaat Buah Nanas untuk Pencernaan?

    Semua buah yang tumbuh di muka bumi, kebanyakan membawa khasiat baik dan bermanfaat, tidak terkecuali buah nanas. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Gizi yang bisa

  • Senin, 20 Jan 2020 15:20

    Biji Apel Berbahaya? Jangan Dimakan!

    Ternyata di dalam biji apel, terkandung racun sianida yangberbahaya untuk dikonsumsi oleh tubuh.Hampir seluruh penduduk bumi tentu mengenali salah satu jenis buah yang sangat diminati ini. Apel sendir

  • Jumat, 17 Jan 2020 13:47

    Kurangnya Perhatian Pemkab Labuhanbatu Selatan Terhadap Masalah Kesehatan Lingkungan

    Ketua PDPM Labuhanbatu Selatan, Khoiruddin Nasomarsik Siregar  menyatakan Pemerintah Labuhanbatu Selatan tidak serius dalam melayani masyarakat terlebih di bidang kesehatan.Hal ini diungkapkannya

  • Rabu, 08 Jan 2020 15:08

    Apa Manfaat Cokelat untuk Kulit Wajah?

    Saat mendengar kata cokelat, pasti sebagian orang teringat dengan makanan manis yang membuat candu. Namun, tahu nggak sih kalau ternyata cokelat tak hanya sekedar makanan, tetapi juga memiliki manfaat

  • Selasa, 07 Jan 2020 15:07

    10 Negara Dengan Tinggi Badan Diatas Rata-rata

    Tinggi badan ideal merupakan impian semua orang, tapi kalau tingginya diatas rata-rata, nolak juga ya. Berikut ini 10 negara dengan tinggi badan manusia melampaui batas wajar:10. AustraliaStatist

  • Senin, 06 Jan 2020 15:06

    Begini Cara Memilih Sayuran yang Segar, Jangan Sampai Salah!

    Tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi semua orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, Anda juga harus pandai cara memil

  • Selasa, 31 Des 2019 15:31

    10 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan

    Indonesia sebagai negara tropis patut berbangga hati karena memiliki pohon kelapa dengan segudang manfaat dari ujung akar hingga ujung daunnya. Buahnya pun punya air yang sangat menyegarkan dan punya

  • Minggu, 29 Des 2019 15:29

    Apa yang Terjadi Jika Kita Hanya Memiliki 1 Ginjal?

    Fungsi utama dari ginjal adalah menyaring darah dan membuang kotoran yang ada pada tubuh melalui urine. Pada kondisi normal, setiap orang memiliki sepasang atau dua buah ginjal pada tubuh. Meski begit

  • Sabtu, 28 Des 2019 15:28

    Takut Berat Badan Naik? Ikuti Tips Kontrol Berat Badan Saat Liburan Ini!

    Suasana liburan akhir tahun semakin dekat. Kenaikan berat badan sering tidak terhindarkan selama liburan. Suasana santai dan tujuan kuliner adalah faktor utama kenaikan berat badan. Ada beberapa tips

  • Minggu, 22 Des 2019 15:22

    8 Jenis Minuman ini Bisa Membuat Kita Gemuk, Hati-hati yang Diet!

    Makanan bukan satu-satunya hal yang patut diwaspadai apabila kita ingin memiliki berat badan ideal atau mencegah kegemukan. Pasalnya, kebiasaan minum jenis minuman tertentu juga turut andil dalam meny

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak