Minggu, 05 Apr 2020 04:32
  • Home
  • Kesehatan
  • 4 Alasan Mengapa Mencuci Wajah Sebelum Tidur Itu Penting!

4 Alasan Mengapa Mencuci Wajah Sebelum Tidur Itu Penting!

Oleh: Tessa
Kamis, 26 Mar 2020 15:26
Republika
,
Kelelahan usai bekerja seharian pasti membuat Anda enggan membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal, kebiasaan ini sungguh buruk untuk kondisi kulit Anda.

Merasa lelah saat tiba di rumah hingga berat rasanya membersihkan wajah sebelum tidur. Pernah Anda merasakan hal itu? Padahal, selelah apa pun melewatkan mencuci dan membersihkan muka sebelum tidur dapat merusak kulit Anda.

Apa lagi alasan Anda wajib mencuci wajah sebelum tidur? Coba simak ulasannya sebagai berikut.

1. Risiko Jerawatan Bakal Berkurang

Anda mungkin tidak menyadari sudah menyentuh wajah sepanjang hari. Ini menjadikan area tersebut salah satu bagian paling kotor dari tubuh. Dengan semua bakteri itu di permukaan kulit, akan lebih rentan terkena jerawat.

Kabar baiknya, hanya dengan mencuci kotoran-kotoran itu sebelum tidur, bakteri dan minyak yang menyusahkan itu akan turut hilang. Anda sekaligus mengurangi risiko disambangi jerawat yang menyusahkan.

2. Memaksimalkan Pemulihan Kulit

Saat tidur, kulit Anda secara alami memperbaiki dan memulihkan diri setelah sepanjang hari berjuang melawat sinar UV dan polusi. Membersihkan wajah sebelum tidur akan memaksimalkan proses ini.

Di sisi lain, menerapkan krim malam dapat membantu proses ini. Tapi itu semua akan sia-sia saat kulit Anda dalam keadaan kotor. Jadi, bersihkan wajah Anda dulu sebelum menerapkan krim malam Anda, ya!

3. Mencegah Kerutan

Kulit Anda rentan terpapar radikal bebas di lingkungan sepanjang hari. Belum lagi makeup yang cenderung bertahan seharian selama Anda beraktivitas.

Kedua hal ini dapat menyebabkan kerusakan kolagen dalam tubuh. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur, radikal bebas bisa mengendap di kulit dan merusak kolagen lebih jauh.

4. Menghindari Infeksi Mata

Tidur dengan riasan mata adalah ide yang buruk karena dapat menyebabkan iritasi. Riasan mata, seperti eyeliner dan maskara, dapat menyumbat folikel rambut kecil dan kelenjar minyak di kelopak mata. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri hingga infeksi mata.

Peradangan pun dapat terjadi di area tersebut, dan akhirnya menghasilkan pembentukan benjolan kecil yang disebut styes atau hordeolums.

Makeup untuk mata, seperti maskara dan eyeliner, memang lebih kuat menempel dan sulit dibersihkan dengan sabun biasa. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan makeup remover untuk memastikan semua jejak kosmetik hilang.

Tips Memilih Pembersih Wajah 

Meski kini sudah tahu pentingnya mencuci wajah sebelum tidur dan menerapkannya, bukan berarti Anda bisa sembarang memilih pembersih wajah. Sebab, menurut dr. Karin, tidak semua jenis pembersih wajah yang dijual bebas di pasaran baik untuk kulit Anda.

"Ada jenis pembersih yang dapat membersihkan kotoran dengan baik dan yang meninggalkan rasa kesat di wajah. Tapi hati-hati, rasa kesat dan bersih tersebut bukanlah yang kita inginkan," kata dia.

Saat kulit terasa kesat dan kencang, itu pertanda bahwa minyak alami kulit Anda telah tergerus oleh sabun. Ini bisa menyebabkan masalah baru, yakni kulit kering. Jadi, bagaimana memilih pembersih wajah yang baik?

"Selain dapat membersihkan kotoran dan kosmetik yang menempel dengan baik, pembersih wajah juga harus dapat menjaga kelembapan wajah," tutur dr. Karin.

Umumnya, dia menambahkan, produk yang baik itu memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit, yakni 5,5. Sabun pembersih juga tidak mengandung surfaktan jenis sodium lauryl sulfate yang bersifat keras, tapi sodium laureth sulfate yang lebih lembut.

"Akan lebih baik lagi jika pembersih mengandung pelembap, sehingga dapat tetap menjaga kelembapan kulit walaupun sering mencuci wajah. Selain itu, pembersih sebaiknya tidak mengandung pewangi ataupun bahan yang bersifat iritan," dia menjelaskan.

Editor: Yaya

Sumber: klikdokter.com

T#g:kecantikankesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 03 Apr 2020 15:03

    3 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan Kulit

    Selain dapat dijadikan jus dan dimakan langsung, buah naga merah rupanya banyak mengandung manfaat untuk kesehatan, dan juga sangat berkhasiat untuk kecantikan. Seperti yang dikutip dari situs ca

  • Rabu, 01 Apr 2020 15:01

    Ingat Berat Badan! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diet

    Kebanyakan orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya diet adalah pola makan yang dilakukan untuk mengendalikan berat badan agar tidak berlebih (overweight) dan mencegah obesitas.&n

  • Minggu, 29 Mar 2020 15:29

    Olahraga Secara Berlebihan Ternyata Berbahaya Pada Tubuh

    Olahraga adalah salah satu cara  untuk menjalani gaya hidup sehat. Terutama saat ingin menurunkan berat badan dan terhindar dari penyakit, sarannya pasti tidak jauh-jauh dari olahraga. Tapi

  • Minggu, 15 Mar 2020 10:15

    Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres Sergai Sediakan Wastafel Poltabel

    Polres Serdang Bedagai sediakan wastafel portabel di sejumlah fasilitas umum guna memudahkan warga mencuci tangan dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

  • Jumat, 20 Mar 2020 15:20

    5 Racikan Bahan Alami yang Bisa Bantu Turunkan Demam

    Demam sebenarnya hanyalah gejala sebelum sakit benar-benar terjadi. Biasanya demam dibarengi dengan pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan dehidrasi. Umumnya, seseorang dikatakan demam jika suhu

  • Kamis, 19 Mar 2020 21:19

    Bahaya! Ternyata Duduk Terlalu Lama Menimbulkan Banyak Penyakit

    Duduk merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh semua orang di semua lapisan umur. Banyak sekali waktu yang telah di habiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyeb

  • Rabu, 18 Mar 2020 21:18

    8 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Tidak Lelah Fisik, Melainkan Jiwa

    Dalam dunia modern, melibatkan pekerjaan konstan, stres dan penuh ketegangan, sampai kurang tidur dan olahraga adalah hal yang lumrah. Namun, semua itu dapat mempengaruhi keadaan jiwa seseorang. Merek

  • Selasa, 17 Mar 2020 15:17

    5 Bahan Paling Aneh Di Gunakan Sebagai Campuran Make Up Zaman Dulu

    Kosmetik untuk mempercantik paras wanita telah digunakan sejak zaman dahulu. Namun, tentu saja bahan dan alat yang digunakan tidak sevariatif saat ini. Dan standar kecantikannya pun juga berbeda di be

  • Kamis, 12 Mar 2020 21:12

    Redakan Batuk dengan 7 Makanan Ini!

    Ada dua tipe jenis batuk yang sering dialami banyak orang yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Sebenarnya, batuk bukanlah suatu penyakit akan tetapi hanya gejala. Saat batuk menyerang, tentu produkt

  • Rabu, 11 Mar 2020 15:11

    Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

    Batuk berdahak terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Sedangkan batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Baik batuk berdahak maupu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak