Senin, 08 Mar 2021 16:11
  • Home
  • Kesehatan
  • 16 pejabat dan tokoh di Papua Disuntik Vaksin COVID-19

16 pejabat dan tokoh di Papua Disuntik Vaksin COVID-19

Jayapura (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Sabtu, 16 Jan 2021 15:26
Puspen TNI
Sejumlah 16 pejabat publik dan tokoh di Provinsi Papua menerima vaksin COVID-19 pada Jumat (15/1/2021). Vaksinasi itu berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura di Kota Jayapura. 

Panasnya cuaca Kota Jayapura pada Jumat pagi tidak menyurutkan niat para pejabat publik dan tokoh untuk menjadi "relawan" yang menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Sinovac. Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono menjadi orang pertama yang maju untuk divaksin pada Jumat.

Usai mendaftar di meja pendaftaran, ia berpindah meja, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan vaksinasi COVID-19. Setelah dinyatakan sehat dan bisa menerima vaksin COVID-19, Yogo pun berpindah meja lagi, menerima edukasi seluk-beluk vaksinasi COVID-19 dari petugas medis di sana. Setelah itu, barulah ia menerima suntikan vaksin COVID-19.

Usai disuntik vaksin COVID-19, ia mengaku baik-baik saja. "Saya baik-baik saja. Efeknya sama saja seperti ketika habis disuntik vaksin cacar, seperti pegal di lengan," kata Yogo.

Ia meminta masyarakat tidak mempercayai berita hoaks yang ramai beredar di media sosial. Yogo berharap masyarakat di Papua akan mengikuti program vaksinasi COVID-19. "Ini program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Semua masyarakat harus mengambil bagian," ajaknya.


Para pejabat dan tokoh lain bergiliran mendaftarkan diri di meja pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan. Para petugas medis yang menjadi vaksinator terlihat santai dan tenang memeriksa para relawan itu. Begitu pula para vaksinator yang menjaga meja edukasi vaksinasi COVID-19, yang memaparkan berbagai informasi yang harus diketahui para penerima vaksin itu.

Alberth Maniani (27), perwakilan generasi muda yang menjadi relawan penerima vaksin COVID-19 menceritakan ia ingin membuktikan kepada seluruh masyarakar Papua bahwa vaksin buatan Sinovac itu aman. Menurutnya, pengalamannya disuntik vaksin COVID-19 pun serupa dengan vaksinasi lainnya.

"Rasanya disuntik vaksin COVID-19 sama seperti rasa disuntik obat atau vaksin lainnnya. Makanya saya mengajak kawula muda untuk mau menerima vaksin dan tidak percaya berita hoaks," kata Maniani yang juga lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih.

Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame berharap program vaksinasi COVID-19 di Bumi Cenderawasih bisa menjangkau 75 persen warga di Papua. "Kami harus kerja sama untuk mewujudkan itu. Kami berharap program vaksinasi itu berlanjut hingga 2022," katanya.


Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Doren Wakerkwa menyatakan pemerintah akan terus berupaya menekan laju penyebaran COVID-19. "Kita perlu menyambut baik adanya vaksin COVID-19 produksi Sinovac itu," katanya.

Wakerkwa menyatakan tahapan pertama vaksinasi COVID-19 adalah memberikan vaksinasi kepada para tenaga medis. Ia berharap tenaga medis segera mengunjungi pusat layanan vaksinasi COVID-19 yang telah ditunjuk. "Kami ingin lindungi kalian, para tenaga kesehatan. Jangan sia-siakan kesempatan ini, demi menjaga Papua tetap sehat dan bermakna," ujarnya.

Berikut daftar 16 pejabat publik dan tokoh penerima vaksin COVID-19 pada Jumat, antara lain Ignatius Yogo Triyono (sudah), Christian Sohilaet (sudah), Donals Aronggear (sudah), Juliwati (sudah), Elianus Tabuni (sudah), Ruddy Yani Karundeng (sudah),Sumiran (sudah), Stefanus Andi Pranata (sudah), Alberth Maniani (sudah), Christian Dolfie Warouw (sudah), Dedy Sumarno (sudah), Victor Paulus Manuhuttu (sudah), Clara Deviana Suzana (sudah), Josef Wattimury (sudah), Paminto Widodo (sudah) dan Dhias Suwandi (sudah).
Editor: Herda

T#g:PapuaVaksin
Berita Terkait
  • Senin, 08 Mar 2021 13:58

    2.282 Purnawirawan Polri Terima Suntikan Vaksin Covid-19

    Sebanyak 2.282 Purnawirawan Polri atau pensiunan polisi lintas angkatan mengikuti vaksinasi Covid-19 atau virus Corona yang digelar Mabes Polri di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (8/3/2021).Ka

  • Sabtu, 06 Mar 2021 14:36

    Amir Hamzah tinjau vaksinisasi untuk pelayan publik di kota Binjai

    Pelaksana tugas (Plt) Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, kemarin, Kamis (4/3) meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tahap II di Dinas Kesehatan, Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

  • Jumat, 05 Mar 2021 19:25

    Tokoh Masyarakat di Sumut Dukung Vaksinasi Covid-19

    Para tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) mendukung vaksinasi Covid-19 di Sumut, sebagai upaya penanganan Covid-19 agar cepat berlalu. Hal tersebut terungkap pada sosialisasi vaksinasi Covid-19 yan

  • Kamis, 04 Mar 2021 14:24

    Ketua PGRI Ilyas Sitorus: Keluarga Besar Pendidikan Batu Bara Siap Menerima Vaksin

    Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus didampingi Kepala Puskesmas Lalang dr. Rahmawani Akmal menerima suntikan kedua Vaksin Virus Corona, Kamis (4/3/2021). Penyuntikan vaksin dilakukan oleh Ratna Dewi sela

  • Rabu, 03 Mar 2021 18:23

    Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Mabes TNI

    Dalam rangka mendukung program pemerintah guna upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, Mabes TNI menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang ditinjau langsung oleh K

  • Rabu, 03 Mar 2021 04:03

    Pemuda dan Pemudi Papua Ikuti Lomba Kebhinnekaan

    Rumah Belajar Papua Hei Jayapura menggelar Lomba Kebhinnekaan untuk menumbuhkan kesadaran pemuda dan pemudi Papua akan pentingnya persatuan bangsa dalam keberagaman suku yang ada di nusantara. Kegiata

  • Selasa, 02 Mar 2021 19:22

    Bangun Sinergi, Gubernur Edy Rahmayadi Silaturahmi Bersama Insan Pers

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali menggelar silaturahmi dengan insan pers di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (2/3) pa

  • Senin, 01 Mar 2021 19:11

    Asren dan Para Pejabat Kogabwilhan I Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

    Asren Kas Kogabwilhan I Brigjen TNI Bramantyo Andi Susilo beserta para Pejabat Kogabwilhan I melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap I Termin ke 2 di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri Dompak, Tan

  • Senin, 01 Mar 2021 17:41

    Hadiah Spesial "Mars Pemuda Adat Papua" dari Danlanud Silas Papare

    Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi kembali menciptkan sebuah lagu dengan judul "Mars Pemuda Adat Papua" lagu ini dipersembahkan untuk Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua.Danla

  • Senin, 01 Mar 2021 10:51

    Datangi Satgas Covid-19, Plt Walikota Binjai Cek Stok Vaksin

    Dalam 100 hari kerjanya, Plt Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melakukan Sidak ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Senin (1/3)

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak