Senin, 14 Jun 2021 00:59

Tingkatkan deteksi dini, Lapas Kelas II A Binjai tambah CCTV

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 22 Feb 2021 19:32
Istimewa
Pemasangan CCTV di Lapas Binjai
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Binjai, terus berbenah dengan menjalankan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Reynhard Silitonga.

Arahan dimaksud adalah salah satu dari tiga kunci penting yang akan menjadikan Lembaga Pemasyarakatan semakin baik dan maju, yakni deteksi dini.

Karenanya, Lapas Binjai kemudian bergerak cepat menindaklanjuti percepatan deteksi dini tersebut. 

"Lapas Binjai telah melakukan penambahan kamera CCTV. Ini merupakan strategi yang dilakukan dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi jajaran pengamanan," kata Kalapas Binjai, Maju Amintas Siburian, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (21/2) kemarin.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Binjai, Rinaldo Tarigan, menambahkan, pemasangan kamera pengawas atau CCTV sudah dilakukan dengan waktu dua hari.


Pria yang juga familiar dengan awak media ini mengatakan, pemasangan kamera pengawas dibantu empat orang operator dari luar.

"Kita tetap berlakukan SOP memasuki areal Lapas Binjai dengan menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19," ujar Rinaldo.

Sebagai Kepala KPLP, Rinaldo juga mengatakan, kamera pengawas yang baru terpasang tersebut terhubung langsung dengan ruang kerja Kalapas dan Kepala KPLP, serta terhubung dengan pusat sistem monitoring yang berada di Kanwil Kemenkumham Sumut.

"Penambahan jumlah CCTV ini untuk memperkuat pengawasan. Dengan penambahan CCTV, petugas dapat mengontrol secara berkala situasi setiap lingkungan Lapas," urainya.


Pun demikian, lanjutnya, penambahan CCTV tersebut tidak membuat petugas melalaikan tugas dan tanggung jawab. Sebab, deteksi dini secara langsung tetap dilakukan jajaran pengamanan.

"Baik melalui razia insidentil maupun melaksanakan kegiatan rutin kontrol dan pengecekan kondisi fisik blok hunian secara langsung tetap dilaksankan," pungkas Rinaldo.

Diketahui, Lapas Binjai menambah enam titik kamera pengawas. Selain itu, Lapas Binjai juga memperbaiki kamera pengawas lama sebanyak 24 titik.

Dengan bertambahnya kamera pengawas baru, Lapas Binjai sudah dikepung dengan 30 titik. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir dan melakukan tindaklanjut langkah percepatan deteksi dini apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Binjai. 
Editor: Herda

T#g:CCTVLapas Binjai
Berita Terkait
  • Minggu, 30 Mei 2021 22:50

    Walikota Diminta Evaluasi Kadishub Binjai

    Menanggapi persoalan yang terjadi di dinas perhubungan kota Binjai, terkait pemeriksaan dan penggeledahan yang dilakukan pihak kejaksaan terkait dugaan korupsi pengadaan maupun pemeliharaan CCTV pada

  • Kamis, 20 Mei 2021 20:30

    Polsek Binjai Barat Tangkap 2 Maling Kotak Amal Tempat Penitipan Abu Jenazah

    Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Binjai Barat, Polres Binjai, berhasil mengamankan dua orang pria yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian, Kamis (20/5) sekira Pukul 14.30 Wib.

  • Selasa, 23 Mar 2021 14:53

    Kapolri Resmi Launching ETLE Nasional Tahap 1, 12 Polda Terapkan Tilang Elektronik

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan launching tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap 1. Dalam launching tahap 1 ini, ada 12 Polda dengan 244 kamer

  • Sabtu, 20 Mar 2021 20:40

    Wakapolresta Deli Serdang Pimpin Sosialisasi Pencegahan Karhutla Melalui CCTV Asap Digital

    Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Julianto P. Sirait SH SIK pimpin langsung kegiatan Sosialisasi terkait dengan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) melalui CCTP ASAP digital di wilayah hukum

  • Minggu, 19 Jul 2020 22:19

    Polsek Firdaus Ciduk Dua Maling Spesialis Sepeda Motor

    Tekab Polsek Firdaus Polres Serdang Bedagai menciduk dua pelaku spesialis pencuri sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan dan pematang sawah.Kedua pelaku, Rizki Hartama alias Rizki (18) warga Dusu

  • Kamis, 07 Mei 2020 17:07

    Berkat CCTV, Maling Grosir Ginting Jaya Berhasil Ditangkap Tekab Polsek Firdaus

    Team khusus anti bandit (Tekab) Polsek Firdaus akhirnya berhasil mengamankan pelaku pencurian pembobol grosir di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, dimana sebelumnya pelaku dalam aksinya terekam CCTV.

  • Senin, 20 Apr 2020 12:10

    Berkat CCTV, Anak Batu Bara Ini Ketahuan Mencuri Di Rest Area Tol Tebing Tinggi

    Anak Batu Bara, tepatnya warga Dusun Sentosa Desa Durian Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, ditangkap Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Satreskrim Polres Sergai, Sabtu (19/4/2020).

  • Senin, 23 Mar 2020 12:23

    CCTV Ungkap Pelaku Pencurian Di Kiddle Mart Desa Pon, Sergai

    Berdasarkan rekaman CCTV, Polsek Firdaus, Polres Serdang Bedagai, dengan mudah mengungkap tindak pidana pencurian di toko Kiddle Mart Desa Pon.

  • Jumat, 20 Mar 2020 07:50

    Guru IT sekolah ini ketahuan pasang kamera pengintip di kamar mandi siswi

    Satreskrim Polresta Deli Serdang mengamankan, AR (36), seorang Guru, karena diduga melakukan tindak pidana pornograpi di Desa Nogo Rejo Dusun 1 Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, Kamis (19/3/20).

  • Kamis, 22 Agu 2019 18:22

    KIP Apresiasi Pemko Medan terkait Informasi Pelayanan Publik

    Seluruh aplikasi dan sarana informasi yang dimiliki Pemko Medan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau setiap informasi terlebih mengenai pelayanan publik yang dilakukan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak