Minggu, 05 Apr 2020 04:23

TNI AD dan PNGDF Gelar Patroli Patok Bersama di Perbatasan RI-PNG

Papua (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Senin, 17 Feb 2020 09:17
Puspen TNI
Persahabatan dan kebersamaan pasukan tentara dari dua negara yang bertetangga diperlihatkan oleh TNI AD, dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad dan Papua Nugini Defence Force (PNGDF) dari satuan 1 Royal Pacific Islands Regiment (RPIR) dalam sebuah Patroli Patok bersama di MM. 13.2 perbatasan RI-PNG.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Eligobel, Kabupaten Merauke, Papua. Minggu (16/2/2020).

Dansatgas mengungkapkan, Patroli Patok bersama di MM.13.2 perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea (RI-PNG) ini dilaksanakan oleh tujuh personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Yakyu yang dipimpin Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi dan 10 personel dari Pos Weam, 1 (satu) Royal Pacific Islands Regiment (RPIR) dipimpin Danpos Weam LT, Simon Tungga, Sabtu (15/2/2020).

Kegiatan Patroli Patok bersama yang digelar oleh kedua pos yang bertugas di perbatasan tersebut adalah yang kedua kalinya dilaksanakan dalam kurun waktu lima bulan. Tujuannya untuk mempererat hubungan baik yang telah terjalin antar kedua negara selama ini, dan menjaga stabilitas keamanan di perbatasan secara bersama-sama.

"Sebelum melaksanakan patroli bersama ini, Danpos Yakyu Letda Inf I Komang satu minggu sebelumnya telah mengirim surat undangan ke Danpos Weam LT, Simon Tungga, hal tersebut mendapat respon baik dan beberapa hari kemudian dilaksanakanlah patroli bersama," kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Menurut Dansatgas, patroli bersama merupakan sarana yang efektif dalam mewujudkan semangat kebersamaan, memberikan manfaat bagi kedua negara di wilayah yurisdiksi masing-masing dalam upaya melakukan pencegahan terhadap kegiatan ilegal yang mungkin dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat kedua negara, sekaligus juga dapat mendorong terciptanya iklim yang kondusif di sepanjang perbatasan darat RI-PNG.

"Kedepannya kegiatan Patroli Patok bersama ini akan terus dilaksanakan secara terjadwal, karena merupakan tugas pokok yang harus dilaksanakan setiap satuan penugasan yang bertugas di perbatasan RI-PNG, dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, sekaligus mempererat hubungan tali silaturahmi," pungkasnya.

Terpisah, Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi mengatakan, dalam kegiatan patroli bersama ini dilaksanakan pengecekan patok batas yang menjadi bagian dari tanggung jawab kedua negara di MM.13.2, selain itu juga diadakan acara ramah tamah di Pos Yakyu sekaligus makan siang bersama.

"Mereka semua sangat antusias dan senang dengan ajakan kegiatan patroli bersama yang dilakukan hari ini, keakraban, kebersamaan dan kekompakan sangat terasa ketika melaksanakan patroli, mudah-mudahan akan terus dapat ditingkatkan dan dilanjutkan dengan Satgas yang lainnya nanti," ucap Danpos Yakyu.
Editor: Herda

T#g:Patroliperbatasan
Berita Terkait
  • Sabtu, 04 Apr 2020 17:34

    Merauke Bersatu Lawan Corona, Ribuan Liter Cairan Disinfektan Disemprotkan di PLBN Sota

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad turut membantu Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Merauke melakukan penyemprotan ribuan liter cairan disinfektan di wilayah perbatasan R

  • Jumat, 03 Apr 2020 01:03

    Bersama Lintas Sektoral di Papua, Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Terus Perangi Virus Corona

    Tak kenal lelah dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau Virus Corona, khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad bersama Lintas Sektoral setempat terus melaksanakan

  • Senin, 30 Mar 2020 12:30

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Bantu Pembangunan Koperasi

    Sebagai wujud nyata mendukung terwujudnya perekonomian berbasis kerakyatan di wilayah perbatasan RI-PNG, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandaw

  • Minggu, 29 Mar 2020 08:29

    Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Lintas Sektoral Sota Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan

    Terus berupaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad bersama Lintas Sektoral dan Unsur CIQS PLBN Sota, terus menggencarkan sosialisasi kep

  • Sabtu, 28 Mar 2020 05:28

    Cegah Penularan Covid-19, Kapolres Jember Pimpin Patroli Halau Kerumunan Masyarakat

    Kapolres Jember AKBP Ariis Supriyono diikuti Waka Polres Kompol Wendi Syahputra, Para Kabag dan Kasat Polres Jember serta 10 orang Pasukan Kodim 0824/Jember dipimpin Kapten Inf Agus Suhartoyo, pada Ka

  • Jumat, 27 Mar 2020 13:07

    Muspika Dolok Sigoppulon Lakukan Patroli Pencegahan COVID-19

    Dalam rangka upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus (COVID-19), Pemerintah Kecamatan Dolok Sigoppulon, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersama pihak TNI-Polri melakukan Patroli, Kamis (26/3/2020).

  • Rabu, 25 Mar 2020 08:25

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona

    Beragam cara dilakukan untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya Virus Corona atau Covid-19, salah satunya yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad bersama lintas sek

  • Selasa, 24 Mar 2020 05:24

    TNI-Polri dan CIQ PLBN Sota Lakukan Penyemprotan Disinfektan

    Mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19, TNI-Polri, CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) PLBN Sota, Puskesmas Sota dan Pemerintah Distrik Sota bersatu padu melakukan penyemprotan disinfektan.

  • Minggu, 22 Mar 2020 08:22

    TNI-Polri dan Unsur CIQ PLBN Sota Cegah Virus Corona di Perbatasan RI-PNG

    TNI-Polri bersama dengan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) PLBN Sota sepakat bersinergi meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Perbatasan RI-PNG, Distrik Sota.

  • Selasa, 17 Mar 2020 13:17

    Danrem 174/ATW Kunjungi dan Beri Pembekalan Personel Satgas Yonif 125/Simbisa

    Dalam rangka melihat kesiapan tugas serta memberikan pembekalan, Danrem 174/ATW Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf, S.I.P., M.Tr Han. selaku Dankolakops Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia- Papua New

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak