Jumat, 03 Jul 2020 05:21

SIMB Komplek Perumahan Mandala Mansion Diduga Bermasalah

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Senin, 29 Jun 2020 19:09
Istimewa
Pembangunan komplek perumahan Mandala Mansion berlantai 2 di Jalan Pukat Banting V, Kecamatan Medan Tembung diduga menyalahi aturan Izin Mendirikan Bangunan. Selain itu, jumlah bangunan yang tertulis di plang Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) yang dipampang di dinding bangunan tersebut tertulis tidak sesuai dengan jumlah yang ditemukan di lokasi pembangunan.

Amatan di lokasi, plang SIMB yang tertera dengan jumlah bangunan 39 unit, namun kenyataannya di lokasi, bangunan tersebut dibangun dengan jumlah 46 unit dan berlantai 2, meski kondisi fisik sudah hampir jadi 50 persen.

Hal ini jelas bertentangan dengan Perda No 3 tahun 2015 tentang Retribusi Mendirikan Bangunan dan Perda No 1 tahun 2015 tentang Bangunan dan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB).

Artinya, setiap orang pribadi atau badan yang mendirikan bangunan di daerah harus memperoleh IMB untuk pembinaan penyelenggaraan bangunan dari pemerintah daerah.

Apabila, bangunan tidak sesuai dengan izin yang diterbitkan maupun tidak memiliki SIMB, maka, sesuai dengan peraturan yang ada, pembangunan harus Stanvas. Apabila, izin tidak bisa dikeluarkan atau direvisi, maka dinas terkait harus melakukan pembongkaran.

Menanggapi hal ini, Direktur Sumut Institut Osriel Limbong ketika dimintai tanggapannya menyatakan, Satpol PP Kota Medan diminta dengan tegas untuk memproses dugaan pelanggaran Perda-perda terkait Izin Mendirikan Bangunan.

"Apabila ada dugaan melanggar ketentuan tentang SIMB, dan termaksud Izin-Izin lainnya, Satpol PP Kota Medan yang menindak lanjutinya sesuai bagaimana Juklak Perda itu, distop atau diposlife penegak Perda itu ya Satpol PP", egas Osriel Limbong, Senin (29/6/2020).

Sementara menurut tukang yang bekerja di bangunan mengatakan akan dibangun komplek. "Jika mengenai izin bangunan tidak sesuai dengan izin yang ada, itu saya tidak tau bang," ujar tukang tersebut sembari berlalu.

Editor: Budi

T#g:imb
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Mei 2020 18:12

    Hamdan Simbolon Serahkan 2.200 Paket Sembako Bantuan PKB ke Akhyar

    Di penghujung berakhirnya bulan suci Ramadhan 1441 H, Pemko Medan menerima bantuan 2.200 paket sembako yang berasal dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Posko Gugus Tug

  • Sabtu, 18 Apr 2020 10:48

    Pemilik bangunan yang salahi aturan ini sudah 3 kali disurati Pemko Pematangsiantar

    Sebuah bangunan permanen yang berada di Sidomulyo, Kelurahan Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun mendapat protes dari warga setempat.

  • Senin, 13 Apr 2020 19:13

    Upaya Pencegahan Covid-19, Pemkab Samosir Siapkan Tempat Isolasi ODP

    Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir, Bupati Drs. Rapidin Simbolon, MM memonitor kesiapan tempat isolasi bagi ODP (Orang dalam Pantauan) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Pangururan, Samosir.

  • Jumat, 28 Feb 2020 03:28

    Omnibus Law Perpajakan Memperkuat Perekonomian Nasional

    Langkah pemerintah dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, salah satunya adalah melalui program penyederhanaan regulasi di berbagai sektor dengan menyusun Undang-Undang Omnib

  • Minggu, 09 Feb 2020 08:29

    WNI Alumni ISIS, Pulang Atau Tidak?

    Setelah pertarungan ideologi Pancasila dengan Khilafah, di era pilpres 2019, yang  berawal dari penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahajaahaya Purnama atau Ahok, aksi dan opini te

  • Minggu, 19 Jan 2020 07:39

    Dansatgas Yonif 411 Kostrad Dampingi Danbrigif 7/RR Tinjau Sektor Selatan Perbatasan RI-PNG

    Dansatgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad Sektor Selatan Kab. Merauke Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mendampingi Komandan Brigade Infante

  • Sabtu, 07 Des 2019 14:47

    Kasatpol PP Fajar Simbolon Beri Contoh Teladan Tes Urine

    Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serdang Bedagai, Drs Fajar Simbolon MSi, bersama 214 anggotanya dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Serdang Bedagai melakukan tes u

  • Jumat, 25 Okt 2019 18:45

    Bunda PAUD Deli Serdang Serahkan Berbagai Bantuan di PAUD Victoria Kutalimbaru

    Bunda Paud Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan bersama Ketua GOPTKI, HJ Sri Pepeni Yusuf Siregar dan anggota tim melakukan kunjungan kerja di PAUD Victoria, di Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbar

  • Jumat, 04 Okt 2019 22:04

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Berikan Bimbel Kepada Anak-Anak Sekolah

    Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah, personel Pos Yanggandur Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad  memberikan Bimbingan Belajar (Bimbel)

  • Senin, 09 Sep 2019 09:09

    Staf Ahli Gubsu, Gunakan Keahliannya

    Masa pemerintahan Gubernur Sumatera Utara sudah lewat 1 tahun, namun gubernur masih aja sibuk dengan menjawab statemen-statemen, atau argumentasi yang lebih banyak berbau politik, sehingga program ker

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak