Sabtu, 16 Feb 2019 07:04

Ronnie Sompie Kukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Kecamatan di Medan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 08 Mei 2018 11:18
Sam
Pengukuhan Tim PORA tingkat kecamatan oleh Dirjen Imigrasi di Medan, Selasa (8/5).
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenhumkam), Ronnie Sompie, mengukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat kecamatan di bawah naungan Kantor Imigrasi Khusus Medan, di Hotel Grand Aston, Medan, Selasa (8/5/2018).

Ratusan Tim PORA ini berasal dari 6 kabupaten/kota, yakni Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Karo, Langkat dan Serdang Bedagai.

Dalam amanatnya, Ronnie menyatakan bahwa semua pihak terlibat dalam pengawasan atau monitoring terhadap orang asing. "Ratusan orang asing khususnya tenaga kerja masuk ke Indonesia. Keberadaan mereka masuk ke semua wilayah hingga tingkat dusun, sehingga perlu dibentuk Tim bersama," tutur Dirjen Imigrasi berlatarbelakang kepolisian ini.

"Apa guna Tim PORA? Sebagai basis dan jaringan monitor orang asing di kecamatan. Membangun kebersamaan kita untuk peduli terhadap siapa yang patut secara intelejen diawasi," lanjutnya.

Dirjen menegaskan bahwa sekretariat Tim PORA tingkat kecamatan akan menjadi tempat masing-masing anggota memberikan informasi untuk diteruskan ke pihak yang berwenang untuk menegakkan hukum/memproses pelanggarannya.

"Ketua RT, Ketua RW lebih tahu apa yang terjadi di wilayahnya. Jarum jatuh pun mereka tahu. Maka mereka lah ujung tombak intelijen kita di lapangan," tegasnya.

Sekarang sudah canggih, tambahnya, hanya perlu komunikasi WA, ada Line, langsung bisa melaporkan keberadaan orang asing di wilayahnya. "Ketika jumpa orang asing, maka ditanya, 'Kamu punya KTP?', dan ketika tidak ada maka bisa disimpulkan dia orang asing. Kalau bekerja, ditanya legalitas ijin tinggal atau ijin kerjanya," jelas Ronnie.

Editor: Herda

T#g:imigrasiTKA
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Feb 2019 09:34

    Panglima TNI Tinjau Kondisi Wilayah Morowali

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dhakiri dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D. melakukan kunjungan kerja ke PT Indonesia Mor

  • Rabu, 02 Mei 2018 19:22

    Sihar: Djoss Hadir Menciptakan SDM Berdaya Saing

    Munculnya sejumlah persoalan dalam penanganan tenaga kerja dan persaingan dengan tenaga kerja asing dinilai sebagai bentuk dinamika dari sebuah perubahan. Kelahiran tenaga kerja asing kerap menjadi pe

  • Minggu, 07 Jan 2018 20:17

    Ditjen Imigrasi Investigasi 72 ribu Pemohon Fiktif

    Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi identifikasi tingginya permohonan paspor sejak November 2017.

  • Jumat, 11 Agu 2017 07:31

    Tenaga Honorer Imigrasi Bandara Kuala Namu Ketahuan Mencuri Tas Calon Penumpang

    Petugas honorer Imigrasi Bandara Kuala Namu bernama Eko Sabaruddin, 39 tahun, warga Jalan Antariksa, Medan Polonia, diamankan petugas di Bandara Kuala Namu karena diduga telah membongkar bagasi tas penumpang.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 01:09

    Erry Optimis Pelayanan Publik untuk Hukum dan HAM Lebih Baik

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan pentingnya sistem pelayanan secara online khususnya berkaitan dengan hukum seperti lembaga pemasyarakatan (Lapas).

  • Sabtu, 24 Jun 2017 09:14

    Putri Menteri Susi Resmi Jadi WNI

    Nadine Pascale Kaiser Pudjiastuti, putri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mengucapkan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia di hadapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

  • Rabu, 14 Jun 2017 10:44

    Polsek amankan WNA Turki tanpa paspor, punya surat nikah di KUA Delitua

    Omer Sartoglu, 42 tahun, warga negara asing (WNA) asal Turki diamankan Polsek Delitua, di rumah kontrakan milik Darman, di Kedai Durian, Delitua, Senin malam (12/6).

  • Minggu, 28 Mei 2017 15:28

    Ancaman Masuknya Militansi ISIS dari Filipina, Nunukan Diperketat

    Kantor Imigrasi di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, memperketat pengawasan terhadap pelintas batas untuk mengantisipasi masuknya kelompok ISIS dari Filipina ke Indonesia.

  • Jumat, 17 Mar 2017 19:29

    Imigrasi gagalkan tiga belas calon TKW ke Arab

    Tiga belas calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Pemekasan, Cianjur, Kerawang, Serang dan Sumbawa yang akan diberangkatkan ke Qatar, Bahrain dan Abu Dhabi, digagalkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusu

  • Jumat, 13 Jan 2017 06:38

    Jangan Percayai Isu Serbuan Tenaga Asing

    Oleh : Dodik Prasetyo *)Belakangan ini, isu serbuan tenaga asing khususnya asal China kembali menjadi sorotan media massa sehingga memicu kekhawatiran masyarakat di tengah arus globalisasi dan pasar b

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak