Senin, 19 Apr 2021 10:40

Polisi Temukan HP dan Pisau Saat Razia di Rutan Sidikalang

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Rabu, 07 Apr 2021 16:07
Istimewa
Pengembangan kasus narkoba yang melibatkan pegawai Rumah Tahanan (Rutan), Sat Narkoba Polres Dairi pada, Selasa (6/4/2021) malam menggelar razia di Rutan Klas II B Sidikalang, Jalan Rimo Bunga, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi. Sebanyak 54 personel diturunkan dalam razia untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan peredaran Narkoba di dalam Rutan. Razia itu juga dikawal oleh 17 petugas Rutan.

Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kasubbag Humas Iptu Donni Saleh mengatakan, razia yang digelar jajaran Polres Dairi terkait penangkapan salah seorang petugas Rutan Klas II B Sidikalang berinisial FS yang terlibat penyalagunaan narkotika golongan 1, jenis sabu.

"Melalui penangkapan itu, kami melakukan pengembangan dan razia kepada warga binaan dalam Rutan," terang Donni


Sementara Kepala Rutan Klas II B Sidikalang Japaham Sinaga menjelaskan, razia yang dilaksanakan menindaklanjuti surat perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, perihal razia serentak di lingkungan unit pelaksana teknis jajaran Divisi pemasyarakatan seluruh Indonesia. 

"Direktur Jenderal Pemasyarakatan juga menjelaskan 3 kunci pemasyarakatan maju, yaitu Deteksi dini keamanan dan ketertiban, berantas narkoba dan sinergitas dengan aparat penegak hukum," kata Japaham, Rabu (7/5/2021).

"Juga dalam rangka menyambut hari Bhakti Permasyarakatan Ke- 57 tahun 2021," sambungnya.


Disebutkannya, razia yang rutin dilaksanakan ini, mengantisipasi gangguan keamanan di Rutan. "Ada sifatnya yang insidentil, kapan saja bisa dilakukan jika ada informasi hal-hal yang mencurigakan yang bisa berdampak kepada gangguan keamanan, ada juga razia rutin yang sifatnya sudah terjadwal," terang Japaham.

Disebutkannya, razia yang dilaksanakan personel bersama petugas Rutan dengan memeriksa tiap-tiap kamar warga binaan di dalam Rutan. Ada juga yang berjaga-jaga di luar dengan senjata laras panjang. Dari razia yang dilakukan, berhasil diamankan sejumlah barang-barang, seprti handphone dan senjata tajam berupa pisau yang sudah dirakit dengan gagang mancis.

"Semua barang temuan itu, akan kami laporkan ke kantor wilayah, dan akan dimusnahkan setelah ada petunjuk pimpinan," terang Japaham seraya mengatakan, pelaksanaan razia berlangsung aman tanpa gejolak ataupun riak-riak dari warga binaan.  

Ditambahkannya, Warga binaan yang ada di Rutan kelas II-B Sidikalang saat ini berjumlah 483 orang, 10 diantaranya merupakan wanita.
Editor: Ivan

T#g:LapasraziaSidikalang
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Apr 2021 16:06

    Camat Sidikalang Bersama Forkopimca Laksanakan Gotong Royong Bersihkan Pasar

    Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, Camat Sidikalang bersama Forkopimca, yakni Polsek Sidikalang Kota dan Koramil 02/SDK melaksanakan kegiatan Jumat bersih dengan gotong royong membersihka

  • Kamis, 15 Apr 2021 22:25

    Printing 46, Jalan Pegagan Sidikalang Hangus Terbakar

    Bangunan rumah toko (Ruko) usaha percetakan Printing 46 di Jalan Pegagan nomor 7, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (15/4/2021), malam sekira jam 19. 30 WIB hangus terbakar. Diduga penyebab

  • Selasa, 13 Apr 2021 19:53

    Data Satgas, Ada 7 Kasus Covid-19 di Dairi

    Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi merilis data akumulasi kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Dairi per tanggal 12 April 2021.Berdasarkan data, tercatat bahwa terdapat sebanyak 7 (tujuh)

  • Senin, 12 Apr 2021 19:12

    Unjuk Rasa Pedagang di DPRD Dairi, Tuntut PD Pasar Sidikalang Dibubarkan

    Sejumlah pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pusat Pasar Sidikalang (HPPPS) melakukan aksi unjuk rasa (Unras) damai di depan Kantor DPRD Dairi Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang,

  • Minggu, 11 Apr 2021 11:01

    Polres Dairi Amankan 13 Unit Sepeda Motor Knalpot Blong

    Sebanyak 13 unit sepeda motor berknalpot blong/racing diamankan Satlantas Polres Dairi saat pelaksanaan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), razia gabungan satuan fungsi Polres Dairi yang digelar

  • Rabu, 07 Apr 2021 05:07

    Lapas Binjai dirazia, ditemukan 28 HP, 20 alat elektronik dan 18 benda tajam dari blok tahanan

    Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas ll lA Binjai, bersama Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Barat, Selasa (6/4) malam, sekira Pukul 21.00 Wib, menggelar razia di seluruh kamar yang ada di Blok Lapas Binjai.

  • Selasa, 06 Apr 2021 14:26

    Puluhan Warga Binaan Lapas Binjai Ikuti Latihan Las Bersertifikat dari BBPLK Medan

    Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Binjai, kembali melaksanakan kegiatan pembukaan pelatihan keterampilan bersertifikat berbabis kompetensi bidang pelatihan Pengelasan Tahun Anggaran 2021.

  • Sabtu, 03 Apr 2021 22:53

    Tertibkan Pedagang, Satpol PP Kabupaten Dairi Dituding Aniaya Mahasiswi USU

    Oknum Petugas Satpol PP Kabupaten Dairi dituding melakukan penganiayaan terhadap salah satu pedagang perempuan yang nota bene adalah seorang Mahasiswi USU Medan.Arta Sitanggang (22) penduduk Jln.Cipta

  • Jumat, 02 Apr 2021 20:32

    Jaga Kamtibmas, Polsek Sidikalang Lakukan Pengamanan Perayaan Paskah di Gereja

    Agar terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif, Polsek Sidikalang bersama Koramil 02/SDK serta personel dan organisasi kepemudaan melakukan monitor dan pengamanan ibadah Jumat Agung di sejumlah ger

  • Rabu, 24 Mar 2021 20:44

    Diduga Korsleting Listrik, 1 Unit Rumah di Huta Rakyat Sidikalang, Hangus Terbakar

    Satu unit rumah semi permanen di Jalan Pancur Nauli, Dusun Juma Sianak, Desa Hutarakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (24/3) siang hangus terbakar. Dugaan sementara penyebab kebakaran d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak