Jumat, 17 Agu 2018 09:02

Plt Bupati Hadiri Sidang Isbaht Nikah 25 Keluarga Secara Prodeo

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 11 Agu 2018 14:51
Junaidi
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, sangat antusias menghadiri dan mengikuti sidang itsbaht nikah bagi k25 keluarga secara prodeo, Jum'at (10/8/18).

Terkait dengan itu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan mengalokasikan dana APBD 2019 untuk sidang isbat nikah bagi pasangan suami istri yang belum mempunyai buku nikah. 

Hal tersebut diungkapkan Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT pada saat menghadiri acara sidang isbat massal di aula Desa Bandar Tinggi Kecamatan Bilah Hulu.

"Pemkab Labuhanbatu pada tahun ini akan memberikan sedikit alokasi dana untuk sidang isbat masal, dan di tahun 2019 mendatang juga akan ada dana untuk hal yang sama, akan tetapi alokasi dananya lebih besar, kita juga akan membuat suatu hiburan, agar terasa seperti layaknya pasangan yang baru menikah," ujarnya.

Plt Bupati mengatakan, buku nikah merupakan salah satu administrasi Negara yang sangat penting, namun sangat disayangkan masih ada ribuan pasangan suami istri (Pasutri) di Kabupaten Labuhanbatu yang belum mempunyai buku penting tersebut.


"Buku nikah adalah administrasi Negara yang sangat penting, jika ada ribuan pasutri yang belum mempunyai buku nikah bisa dipastikan juga ada puluhan ribu anak-anak di Labuhanbatu yang belum mempunyai akte kelahiran, karena salah satu persyaratan mengurus akte kelahiran adalah buku nikah," kata Andi Suhaimi. 

Lebih lanjut Andi Suhaimi mengatakan, tidak adanya buku nikah akan mempersulit masyarakat untuk mengakses berbagai keperluan, seperti pendidikan, memperoleh pelayanan kesehatan dan lain sebagainya, karena pemerintah sedang gencar menertibkan administrasi kependudukan. 

Program nikah masal yang digelar oleh Pengadilan Agama Rantauprapat ini bertema "Dengan pelayanan sidang isbat, kita wujudkan kepastian hukum masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah untuk membangun Labuhanbatu damai dan sejahtera", yang akan menyasar kepada semua pasutri yang belum mempunyai buku nikah, hanya saja prosesnya akan dilakukan secara bertahap.

Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs H. Bakti Ritonga SH, MH menjelaskan, di Kabupaten Labuhanbatu tercatat sekitar 7.500 pasangan yang belum menikah, dan sekitar 63.000 anak-anak belum mendapatkan akte kelahiran. 

"Pada tahun 2018 ini akan ada 100 pasangan yang akan melakukan sidang isbat, sudah dilakukan pada 25 pasangan, dan hari ini ada 25 pasangan di Desa Bandar Tinggi, selanjutnya pada tanggal 25 Agustus mendatang akan dilakukan di Desa Tanjung Siram sebanyak 25 Pasangan," sebut Drs. Bhakti.


Sementara Ketua Y-LBH Bela Rakyat Indonesia Lomoan Panjaitan, SH di aula desa Bandar Tinggi, kepada Plt Bupati,  mengucapkan, "Syukur alhamdulillah buat bapak Plt Bupati, atas dukungan anggaran yang akan dialokasikan untuk sidang isbaht di 2019 nanti, semoga dengan adanya anggaran yang akan dikucurkan Pemkab di 2019 nantinya dapat membantu lebih banyak lagi bagi pasangan Pasutri yang belum memiliki buku nikah", ujarnya.

"Isbaht nikah adalah upaya hukum yang bertujuan untuk mendapatkan legalitas atas pernikahan secara agama islam yang dahulu tidak didaftarkan ke KUA setempat," tandasnya.

Editor: Boraspati

T#g:nikah
Berita Terkait
  • Sabtu, 11 Agu 2018 06:21

    Plt Bupati Prihatin Ada Ribuan Pasutri Belum Punya Buku Nikah

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan mengalokasikan dana APBD 2019 untuk sidang isbat nikah bagi pasangan suami istri yang belum mempunyai buku nikah.Hal tersebut diungkapkan Plt Bupati Labuhanbatu H

  • Senin, 23 Jul 2018 05:33

    Kejari Deli Serdang Gelar Nikah Massal

    Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke 58 Tahun 2018 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ke 18 Tahun 2018, Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang menggelar nikah massal, Sabtu (21/07/2018)

  • Jumat, 22 Jun 2018 21:32

    KUA Sosa Konseling dan Rekomendasi Pranikah

    Dalam rangka menjamin terselenggaranya pelaksanaan pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam dan aturan ketentuan yang berlaku, Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Pa

  • Sabtu, 21 Apr 2018 17:11

    Heboh, Saat Djarot Hadiri Pesta Pernikahan Warga Percut Sei Tuan

    Pesta pernikahan warga di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (21/4/2018), mendadak heboh dikarenakan kedatangan tamu istimewa.

  • Senin, 19 Feb 2018 17:19

    Masyarakat Diimbau Laksanakan Akad Nikah di Kantor KUA

    Bertujuan menjalankan amanat Permenag RI nomor 11 tahun 2007 tentang pencatatan nikah, yang termaktub dalam bab IX,  pasal 21 ayat 1, disebutkan akad nikah dapat dilaksanakan di Kantor Urusan Aga

  • Selasa, 07 Nov 2017 16:07

    Tengku Erry Doakan Bobby-Kahiyang

    Gubsu Tengku Erry Nuradi salah satu tokoh yang ditunjuk melakukan tradisi siraman menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution.Tengku Erry ditunjuk mewakili

  • Senin, 30 Okt 2017 07:50

    Jokowi Pastikan Tak Akan Cuti Selama Persiapan Pernikahan Putrinya

    Menjelang pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, Presiden Joko Widodo mengadakan rapat persiapan bersama sejumlah panitia di kediaman pribadinya di Kota Surakarta, Provi

  • Kamis, 26 Okt 2017 18:16

    Kepergok mesum di masjid, pasangan ini setuju dinikahkan

    Sugeng Prihantono (47) dan Susilowati (33), pasangan selingkuh yang kepergok mesum di toilet masjid di wilayah Welahan, Jepara, akan dinikahkan.

  • Kamis, 10 Agu 2017 18:50

    Setelah 47 tahun, Arus Sitepu kini punya Buku Nikah untuk Naik Haji

    Arus Sitepu, 64 tahun, dan istrinya Sama beru Bangun, tersenyum sumringah. Warga Marike ini akhirnya mendapatkan buku nikah setelah menikah 47 tahun.

  • Selasa, 27 Jun 2017 20:17

    2.000 Pasang Buku Nikah Dicuri dari Kantor Kemenag. Ini nomor serinya

    Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso mengkonfirmasi bahwa sekitar dua ribu pasang buku nikah telah dicuri dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak