Jumat, 14 Mei 2021 11:26

Pemusnahan Barang Bukti Sejumlah Kasus di Kejari Binjai

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Jumat, 09 Apr 2021 16:09
Istimewa
Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai menggelar pemusnahan barang bukti narkotika di halaman depan Kantor Kejaksaan setempat, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Jumat (9/4).

Adapun narkotika yang dimusnahkan terdiri dari 1.088 butir Pil Ekstasi, 28,9 gram Sabu, 175,58 gram Ganja, termasuk sejumlah barang bukti pendukung seperti telepon genggam (HP), tas sandang, pisau belati, korek api dan lainnya.

Pemusnahan narkotika jenis Sabu Sabu dan Pil Ekstasi dilakukan dengan cara digiling dan dilarutkan dengan air menggunakan Blender. Sedangkan Ganja dan seluruh barang bukti pendukung dimusnahkan dengan cara dibakar.


Pemusnahan seluruh barang bukti narkotika dipimpin langsung oleh Kajari Binjai, Muhamad Husein Admaja, serta diikuti Kakan Kesbangpol Kota Binjai, Tengku Syarifuddin, Kadis Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto, Kasat Resnarkoba Polres Binjai, AKP M Rian Permana, (Plt) Kasi Pemberantasan BNNK Binjai, Aiptu P Hutasuhut, Humas Pengadilan Negeri Binjai, David Simaremare, dan anggota Komisi Kerukunan Umat Beragama MUI Kota Binjai, H Sabar Hati Nduru.

Menurut Kajari Binjai, Muhamad Husein Admaja, pemusnahan barang bukti narkotika dilakukan sebagai upaya mencegah penyalahgunaan barang bukti oleh oknum pejabat dan Petugas di lingkungan Kejari Binjai.

Ia juga menambahkan, seluruh narkotika yang dimusnahkan itu merupakan hasil penanganan perkara penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang telah berkekuatan hukum tetap sepanjang Januari hingga awal April 2021.


Selain itu Husein menyebut, kejahatan narkotika adalah kejahatan luar biasa, karena sifatnya yang terorganisir dan memiliki dampak negatif luar biasa. Sehingga kejahatan narkotika sangat merugikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pemusnahan narkotika adalah sarana untuk mengingat kita bahaya besar kejahatan narkotika. Apalagi sejak 2008, kejahatan narkotika selalu menduduki ranking pertama dari seluruh perkara hukum yang ditangani kejaksaan, Polri, dan pengadilan," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kakan Kesbangpol Kota Binjai, Tengku Syarifuddin, mengajak semua pihak untuk bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Binjai dan aparatur penegak hukum dalam melakukan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

Hal ini, ucap Tengku Syarifuddin, sangat penting kita lakukan, mengingat angka kejahatan narkotika mengalami tren peningkatan. Bahkan menurutnya, Kota Binjai masuk urutan kedua daerah dengan angka penyalahgunaan narkotika tertinggi di Sumatera Utara. 

"Kita juga prihatin, karena saat ini banyak generasi muda Kota Binjai yang menjadi pecandu dan ikut terlibat pada kejahatan narkotika," ujar Syarifuddin. 
Editor: Herda

T#g:Kejari Binjaipemusnahan barang bukti
Berita Terkait
  • Kamis, 15 Apr 2021 09:25

    Polrestabes Medan Musnahkan Barang Bukti Sabu seberat 26,797 Gram, dan Ganja 69.632 Gram

    Polrestabes Medan melaksanakan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis Ganja seberat 69.632 Gram, dan Sabu-sabu seberat 26.797 Gram, di halaman apel Mako Polrestabes Medan, di Jalan HM Said No 1 Medan

  • Senin, 22 Mar 2021 21:52

    Kapolresta Deli Serdang Pimpin Pemusnahan Barang Bukti 5.070,3 Gram Sabu

    Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi SIK memimpin langsung Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti berupa Narkotika Golongan I Jenis Sabu, Senin (22/03/2021).

  • Jumat, 19 Mar 2021 16:39

    TNI Musnahkan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Militer

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan pemusnahan berbagai jenis barang bukti perkara tindak pidana militer dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, bertempat di halaman kantor Odi

  • Senin, 15 Mar 2021 11:45

    Polres Binjai Musnahkan Barang Bukti Kasus 10 Kg Narkotika Putra Sademo

    Polres Binjai menggelar pemusnahan Barang Bukti tindak Pidana Narkotika, di halaman Mapolres Binjai, Jalan S Hasanuddin, Kota Binjai, Senin (15/3) Pagi.

  • Senin, 22 Feb 2021 17:32

    Kejaksaan Binjai Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba

    Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai, melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu sabu, ganja dan ekstasi, di halaman Kantor Kejari Binjai, Senin (22/2).Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan c

  • Rabu, 02 Des 2020 21:32

    Satgas Yonif 642 Bersama Bea Cukai dan Instansi Terkait Musnahkan BMN Hasil Penindakan

    Kerja sama dengan instansi terkait di wilayah perbatasan terus dilaksanakan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama Customs, Immigration, Quarantin

  • Rabu, 02 Des 2020 15:12

    Polres Labuhanbatu Musnahkan Barang Bukti Shabu Seberat 15 Kilogram

    Bertempat di ruang gedung serbaguna Mapolres Labuhanbatu di jalan MH. Thamrin Kelurahan Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, dilaksanakan proses pemusnahan barang bukti Shabu seberat 15 kilogram denga

  • Rabu, 25 Nov 2020 17:45

    Polsek Medan Kota Musnahkan BB Narkotika Jenis Ganja

    Unit Reskrim Polsek Medan Kota melakukan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis Ganja seberat 994 Gram di Mako Polsek Medan Kota Jalan Dr GM Panggabean No 1, Medan, Rabu, (25/11/2020)."Tersangka beri

  • Kamis, 19 Nov 2020 11:19

    Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Bersama Karantina Pertanian Musnahkan Barang Ilegal Asal Malaysia

    Kerja sama dengan instansi terkait di wilayah perbatasan terus dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, khususnya dalam mendukung program Pemerintah yaitu mencegah Media Pembawa H

  • Rabu, 11 Nov 2020 19:51

    Polrestabes Medan Bersama 3 Polsek Rebus Barang Bukti Narkotika

    Polrestabes Medan bersama Polsek Medan Kota, Polsek Patumbak, serta Polsek Percut Sei Tuan melakukan pemusnahan barang bukti sabu-sabu seberat 54.976.57 Gram, dan Pil Ekstasi sebanyak 977 butir, di ha

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak