Minggu, 13 Jun 2021 04:27

Pemko Medan Telah Siapkan Posko Pengawasan Peniadaan Mudik

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 05 Mei 2021 22:45
Istimewa
Pemko Medan telah mempersiapkan posko-posko pengawasan untuk menjalankan kebijakan peniadaan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi adanya warga dari luar kota selain kawasan Medan Binjai Deliserdang Karo (Mebidangro) yang tidak mematuhi kebijakan tersebut.

"Pemerintah sudah melarang mudik, namun diperkirakan sebanyak 11 persen masyarakat melanggarnya. Karena itu kita terus melakukan sosialisasi dan pengawasan," ucap Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M, dalam acara Pulang Kampung Digital yang digelar Detik Network secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Wali Kota didampingi Kadis Perhubungan Iswar Lubis, S.Si.T, M.T., Kadis Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, S.STP., M.A.P., dan Plt Kadis Kesehatan, dr.Syamsul Arifin Nasution, Wali Kota menyebutkan, pengawasan ini akan dilakukan secara massif, termasuk dengan memberdayakan 2001 kepala lingkungan di Medan.


Dalam acara tersebut juga disinggung oleh penutupan sementara Kesawan City Walk (KCW). Wali Kota menyebutkan, penutupan sementara ini dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan mengantisipasi terjadinya konsentrasi masyarakat di KCW, terutama yang datang dari kawasan Binjai, Deliserdang dan Tanah Karo. Sebab, Pemerintah Provinsi Sumut mengizinkan masyarakat yang bermukim di Medan, Binjai, Deliserdang dan Tanah Karo melaksanakan mudik pada masa larangan mudik berlangsung mulai 6-17 Mei mendatang.

"Penutupan ini bukan karena ada dibilang KCW ada melanggar protokol kesehatan. Kita pastikan, masalah pengamanan protokol kesehatan kita perketat terus. Seluruh pedagang kita vaksin, membuat jarak antar pedagang, pembatasan jam operasional. Kemarin, walau kita dibilang tutup jam 23.00 WIB, tapi jam 20.30 WIB sudah kita tutup pintu masuk ke KCW dan jumlahnya dibatasi tidak boleh lebih dari 350 orang yang masuk," kata Wali Kota.

Wali Kota menyebutkan, KCW akan buka kembali setelah Lebaran. Sebab, dia tidak mau terjadi kerumuman karena masyarakat Mebidangro berdatangan. Ditambah lagi, Wali Kota, Pemko Medan telah diimbau untuk membatasi tempat-tempat wisata yang ada di Kota Medan agar pengunjungnya hanya 50%.


Acara yang dikemas secara santai dan penuh canda ini dipandu artis asal Medan, antara lain komedian Lolox, Ibeth, dan Ikmal Tobing. Saat ditanya soal tempat wisata di Medan, Wali Kota mengatakan, Medan punya potensi wisata sejarah. Salah satunya adalah kawasan Kesawan. Saat ini, lanjut Wali Kota, Pemko tengah melakukan pembenahan kawasan tersebut.

"Tahun ini kita akan kembalikan bangunan heritage yang telah diubah kembali pada bentuk yang semula. Dan kita terus sosialisasikan agar pemilik tidak mengubah bentuk bangunannya," ucap Wali Kota seraya mengatakan, pembayaran parkir di kawasan itu dilakukan secara cashless.

Di akhir acara, Wali Kota mengatakan, pulang kampung memang merupakan tradisi, namun bukanlah kewajiban, apalagi di kondisi pandemi saat ini. Dia mengatakan, yang terpenting adalah saling memaafkan. Selain itu, silaturahmi juga dapat dilakukan secara virtual.

"Ayo, kita jaga kesehatan, laksanakan prokes. Jadikan pelajaran kejadian di negara sahabat India," ungkap Wali Kota.
Editor: Budi

T#g:mudikpemko medan
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Jun 2021 20:20

    Tim Kementerian Kominfo Evaluasi Program Smart City Pemko Medan

    Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan tinjauan lapangan (field evaluation) secara dalam jaringan (daring) ke Pemko Medan, Kamis (10/6/2021).S

  • Kamis, 10 Jun 2021 21:20

    Sekda Medan Ikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kelembagaan

    Sekda Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M., mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundangundangan Bidang Kelembagaan yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (lur

  • Kamis, 10 Jun 2021 15:00

    LSM BARAAPI Indonesia Tuding Anggaran Di Dinas Pariwisata Kota Medan TA 2020 Sarat Mark Up

    Ada dugaan penyimpangan atau mark-up beberapa kegiatan di Dinas Pariwisata Kota Medan. Nilai kegiatan tersebut mencapai empat miliar rupiah lebih.Dugaan itu diungkap Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka

  • Senin, 07 Jun 2021 20:07

    Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Anggota DPRD Provinsi Sumut memberikan apresiasi terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM. Menurut anggota dewan, program yang telah ditetapkan tersebut dapat membawa perubahan untuk kota Medan.

  • Senin, 07 Jun 2021 19:57

    Wali Kota Medan Sampaikan Nota Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

    Pemko Medan tahun ini meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara.

  • Jumat, 28 Mei 2021 09:28

    Pemko Medan Raih Opini WTP dan BPK

    Setelah bertahun-tahun mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), akhirnya Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (W

  • Selasa, 25 Mei 2021 07:25

    Pemko Medan Buka Seleksi Untuk Jabatan Direksi 3 PUD

    Dalam rangka meningkatkan kinerja Perusahaan Umum Daerah, Pemko Medan membutuhkan direksi yang handal dan profesional untuk mengelola perusahaan tersebut.

  • Minggu, 23 Mei 2021 17:03

    Jemput Bola, Polsek Pasar Minggu Gelar Swab Antigen Di Pemukiman Warga

    Polsek Pasar Minggu terus mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1442 H tahun ini. Upaya tersebut dimaksimalkan dengan melakukan swab antigen kepada warga eks-pemudik di lingkungan mereka tinggal.

  • Kamis, 20 Mei 2021 13:20

    Cegah Pemudik, Polsek Beringin Pantau Akses Jalur Rakit

    Polsek Beringin Polresta Deli Serdang eksis laksanakan patroli ke daerah perbatasan Kabupaten Deli Serdang- Kabupaten Serdang Bedagai guna cegah pemudik yang nekat melaksanakan mudik, Rabu (19/05/2021).

  • Rabu, 19 Mei 2021 22:29

    Wali Kota Medan Lantik 77 Pejabat Administrator dan Pengawas

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM melantik 77 orang Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemko Medan, Rabu (19/5/2021) di halaman tengah Kantor Wali Kota Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak