Jumat, 17 Agu 2018 09:05

Pemkab Labuhanbatu Bentuk Tim Pencegahan Narkoba

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Herda/rls
Sabtu, 03 Mar 2018 18:23
Junaidi
Sejumlah Pejabat Esselon ll Pemkab Labuhanbatu mengikuti Tes Urine.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu membentuk tim pencegahan narkotika dan obat berbahaya atau narkoba untuk pencegahan dan pemeberantasan di daerah.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Rabu (28/2), dalam penandatanganan fakta integritas bebas narkoba mengatakan, upaya pembentukan ini untuk meminimalisir maraknya peredaran narkoba terutama di lingkungan pemerintahan.

Pihaknya merancang pembentukan tim ini, setelah meninjau langsung Lapas Lobusona Rantauprapat yang mayoritas penghuninya adalah perkara tindak pidana narkoba.

Pangonal menjelaskan, anggota tim pencegahan ini terdiri dari pejabat eselon II dan III serta keberadaannya diharapkan mampu mengantisipasi narkoba di Labuhanbatu.

Dia menegaskan, tidak akan mentolerir aparatur sipil negara yang terlibat Narkoba dan akan diberikan sanksi tegas, mengingat, instansi pemerintahan juga menjadi sasaran peredarannya. "Sebanyak 80 persen perkara di Labuhanbatu adalah tindak pidana narkoba. Saya prihatin dengan maraknya narkoba di Labuhanbatu, saya akan buat tim pencegahan untuk menangani ini," katanya, di Ruang Data Pemkab Labuhanbatu. 

Kepala BNNK Tanjungbalai-Asahan, AKBP Eddy Mashuri Nasution dalam kesempatan itu mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam membentuk tim pencegahan narkoba.

Tim pencegahan narkoba dinilai strategis dalam menyikapi narkoba yang dapat merusak generasi bangsa.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mengantisipasi Narkoba dengan melaporkan kegiatan yang mencurigakan kepada personel Kepolisian.

Menurutnya, pencegahan dan pemberantasan narkoba menjadi tanggung jawab kita bersama. "Saya apresiasi tim pencegahan narkoba ini," katanya.

Dari catatan Polres Labuhanbatu, kasus tindak pidana narkotika di wilayah hukumnya terus meningkat yakni, 378 kasus di tahun 2017 dibandingkan tahun 2016 yakni 364 kasus.

Sedangkan, penanganan kasus tindak pidana narkotika juga meningkat di tahun 2017 sebanyak 60 kasus di Kabupaten Labuhanbatu dengan 72 tersangka, dari 41 kasus dengan 58 tersangka di tahun 2016.

Penanganan kasus tindak pidana narkotika di Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2017 sebanyak 67 kasus dengan 79 tersangka, meningkat dari tahun 2016 sebanyak 60 kasus dengan 78 tersangka.

Kabupaten Labuhanbatu Utara, sebanyak 65 kasus penanganan Narkotika dengan 75 tersangka, meningkat dari tahun 2016 sebanyak 50 kasus dengan 70 tersangka.

Pada kesempatan itu juga, sebanyak 20 pejabat eselon II Kabupaten Labuhanbatu menjalani tes kesehatan narkoba.

Kegiatan ini, dalam rangkaian kesepakatan fakta integritas bebas narkoba di pemerintahan daerah.

Kadis Infokom Labuhanbatu M. Ihsan Harahap dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan BNNK Tanjungbalai-Asahan karena Labuhanbatu belum memiliki lembaga di bidang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba di daerah. "Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan ASN terbebas dari narkoba hingga ke perangkat daerah. Sesuai arahan bupati, pembersihan narkoba harus dari dalam," tandasnya.

Dari pantauan, petugas BNNK membagikan wadah toples penampungan urin. Para kepala OPD masing memberikan sampel urin kepada petugas secara bergantian.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Kapolres AKBP Frido Situmorang, Dandim 0209 Labuhanbatu Deden Sumarlin, Kasi Intel Kajari Labuhanbatu Ricardo Marpaung, Kepala BNNK Tanjungbalai-Asahan AKBP Eddy Mashuri Nasution, Kasat Narkoba AKP Jamakita Purba dan seluruh OPD jajaran Pemkab Labuhanbatu.

Editor: Erickson

T#g:Labuhanbatutes urine
Berita Terkait
  • Selasa, 14 Agu 2018 08:04

    Pemkab Labuhanbatu Adakan Napak Tilas Meriahkan HUT RI Ke-73

    Tembakan salvo dari empat orang personil Kodim 0209/LB, mengiringi langkah 250 orang peserta napak tilas yang akan menempuh rute gerilya perjuangan pahlawan yang dilepas dengan kibaran bendera Merah P

  • Sabtu, 11 Agu 2018 12:51

    Plt Bupati Labuhanbatu: Kesehatan Lebih Berharga Dari Segalanya

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT, kunjungi Dinkes Labuhanbatu, dan mengatakan kesehatan lebih penting dari segalanya. Harapan Plt Bupati pada Dinas Kesehatan

  • Kamis, 09 Agu 2018 19:09

    PLT Bupati Labuhanbatu, Serahkan Secara Simbolis Rekening BSPS Bagi Warga Rantau Selatan

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Hendriko Marulitua Siregar, S.Sos, M.Si dan Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten

  • Kamis, 09 Agu 2018 07:59

    Pastikan Bebas Narkoba, Pengawak Kapal Patroli Bakamla RI Lakukan Tes Urine

    Untuk memastikan petugas penegak hukum di laut bebas dari narkoba, dilakukan tes urine (rapid test) terhadap belasan petugas dan awak kapal Patroli Bakamla RI yang terlibat dalam Latihan Bersama Bimbi

  • Rabu, 08 Agu 2018 15:58

    Kunjungan Tim Reses I Dapil I DPRD Kabupaten Labuhanbatu

    Tim reses I anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu dalam Daerah Pemilihan (Dapil) I melaksanakan kegiatan di Lingkungan Bangunan Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau

  • Rabu, 08 Agu 2018 05:58

    Plt Bupati Labuhanbatu Ajak Warga Terapkan 4 Konsep Pendekatan

    Pada Peringatan Hari Keluarga XXV sekaligus Pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018, yang berlangsung, di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Selasa (7/8), Plt. Bupati H

  • Selasa, 07 Agu 2018 14:07

    Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Hari HKN di Lapangan Ika Bina

    Plt Bupati Labuhanbatu menghadiri acara Hari Keluarga Nasional (HKN) yang berlangsung di lapangan Ika bina Rantau Prapat, Selasa (7/8/2018). Dengan adanya hari kelurga nasional ini tentunya dapat menj

  • Senin, 06 Agu 2018 10:06

    Dahlan Bukhari Gantikan Pangonal Harahap Selaku Ketua PDIP Labuhanbatu

    Dahlan Bukhari ditetapkan sebagai Ketua DPC PDIP Labuhanbatu menggantikan Pangonal Harahap yang dicopot dari jabatan ketua setelah terjaring OTT KPK pada Selasa (17/7) di Jakarta, terkait dugaan korupsi menerima suap fee proyek tahun 2018.

  • Sabtu, 04 Agu 2018 12:54

    Elemen Masyarakat Minta Rekanan Penyedia 3 Seragam SD/SMP Gratis Labuhanbatu Diperiksa

    Elemen masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, meminta kepada pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Labuhanbatu untuk melakukan pemeriksaan terhadap Program Pelaksanaan Pengadaan Pakaian Seragam yang diperuntukk

  • Jumat, 03 Agu 2018 11:03

    Plt Bupati Terima Piagam Akreditasi Paripurna Bintang Lima RSUD Rantauprapat

    Plt. Bupati Labuhan Batu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT., menerima laporan dan sekaligus piagam RSUD Akreditasi "Paripurna" Bintang Lima dari Direktur RSUD Rantau Prapat dr. Syafril R M Harahap,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak