Rabu, 28 Jul 2021 01:37
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Pembakaran Rumah Orangtua Wartawan Akan Dilaporkan Ke PWI Sumut Untuk Dirapatkan

Pembakaran Rumah Orangtua Wartawan Akan Dilaporkan Ke PWI Sumut Untuk Dirapatkan

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Minggu, 13 Jun 2021 14:53
Istimewa
Ketua Serikat Pekerja Pers (SPS) Sumut, H Farianda Putra Sidnik, meminta aparat Kepolisian mengusut tuntas tindakan pembakaran rumah wartawan yang terjadi pada Minggu (13/6) Dinihari, sekira pukul 00:05 Wib, di komplek Perumahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota.

Peristiwa yang terjadi di rumah Sabarsyah (65) tersebut, menurut Farianda, seharusnya tidak patut terjadi. Sebab menurutnya, jika ada kekeliruan dalam pemberitaan, hal itu bisa diklarifikasi sesuai UU Pers No 40.

"Kalau tidak benar dapat diluruskan sesuai pasal-pasal yang ada dalam Undang Undang, tidak harus melakukan tindakan keji atau pembakaran. Oleh karenanya, kami berharap Polres Binjai mengusut tuntas pelakunya," ujar Farianda yang di sampaikannya melalui Video Call melalui di selular Ketua PWI Binjai, Minggu (13/6).

Sementara itu, Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi, didampingi Sekertaris Wardika Ariyandi, menambahkan, pihaknya selepas kejadian malam itu, mengutus anggota untuk melihat rumah Sabarsyah, yang juga dijadikan sebagai tempat tinggal Syahzara Sopian (Metro 24) dan Solihin (Metro 24 Jam) yang keduanya merupakan anggota PWI Binjai.

"Menurut anggota saya, sesampainya tiba di lokasi, terlihat pihak Polsek Binjai Kota sudah berada di lokasi rumah korban. Bahkan Kapolsek Binjai Kota juga datang ke lokasi," ucap Arma Delisa Budi.

Atas kejadian tersebut, Arma Delisa Budi  mengutuk keras perlakuan kekerasan dengan pembakaran rumah korban.

"Polres Binjai diharapkan secepatnya menangkap pelaku yang diduga suruhan pihak tertentu yang di awali akibat pemberitaan di media. Sebab yang bersangkutan mengaku sedang menyoroti kegiatan ilegal," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Ketua PWI Binjai, teror maupun kekerasan fisik terhadap wartawan tidak patut terjadi di era Demokrasi ini. Sebab wartawan di dalam menjalankan tugasnya sudah dilindungi oleh Undang Undang.

"Negara kita adalah negara hukum. Jika terdapat kesalahan dalam tulisan yang diadopsi oleh wartawan, kan bisa diklarifikasi langsung atau membuat bantahan jika berita yang diterbitkan tersebut tidak benar," ujar Arma Delisa Budi.

Sedangkan untuk tindakan pembakaran rumah tersebut, tegas Ketua PWI Binjai, hal itu adalah tindakan kriminal dan dapat dijerat Pasal Pidana sesuai UUD KUHP yang berlaku.

"Dengan tegas kita meminta kepolisian menangkap pelakunya. Sebab kejadian ini sudah pernah terjadi dan jangan sampai kejadian serupa berulang ulang di wilayah hukum Binjai," cetusnya.

Pasca kejadian ini, Arma Delisa Budi yang dipercaya menjadi Ketua PWI Binjai, dalam waktu dekat ini permasahan tindak kekerasan Pers tersebut akan di laporkan ke PWI Sumut jenjang diatasnya untuk dirapatkan.

"Agar tindak semena mena atau terjadi kriminalisasi terhadap wartawan. Itu nantinya menjadi pembahasan utama sesama anggota dan pengurus di Sumatera Utara," urainya.

Ketua PWI Binjai juga menghimbau kepada rekan jurnalis agar berhati hati dalam menjalankan tugas, apalagi di daerah yang berbahaya. Sebab menurutnya, keselamatan diri seorang Jurnalis adalah hal yang utama.

"Juga harus mawas diri dan peka terhadap kondisi yang ada," harapnya.

Editor: Herda

T#g:binjaipwi
Berita Terkait
  • Selasa, 27 Jul 2021 21:37

    Isu Dugaan Suap Dalam Pemilihan Wakil Walikota Binjai, Mencuat Ke Publik

    Rekaman Voice note percakapan antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu, dengan salah seorang anggota DPRD Kota Binjai yang disebut- sebut adalah Irhamsyah Putra Pohan, yang tidak l

  • Selasa, 27 Jul 2021 13:17

    Pemko Binjai, FKUB, FKDM dan Ormas Gelar Kampanye Kesehatan di Tanah Seribu

    Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Kesehatan, bersama Dinas Pendidikan, Polres Binjai, Kodim 0203/LKT, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) beserta Ormas ya

  • Senin, 26 Jul 2021 09:46

    PWI Sumut Kecam Kekerasan terhadap Wartawan

    Ketua PWI Sumut Hermansjah mengecam tindak kekerasan kembali terjadi terhadap wartawan yang bertugas di lingkungan Kota Medan Khususnya dan Sumatera Utara umumnya.Hal ini juga membuktikan kepada masya

  • Sabtu, 24 Jul 2021 22:44

    Sudah 2 Pekan Stok Obat-obatan Therapi Covid-19 di Sejumlah Apotek di Binjai Kosong

    Persediaan beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu ditegaska

  • Sabtu, 24 Jul 2021 20:44

    Kadis Kesehatan: Persediaan Obat Therapi Covid-19 di Kota Binjai Menipis

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, mengatakan, beberapa Kategori obat obatan Therapi Covid-19 untuk persediaannya sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu disampaikan Dr Sugianto

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:24

    Polsek Binjai Timur amankan 2 pelaku pencurian mesin bubut

    Dua orang Pria yang diduga sebagai Pelaku Pencurian dengan pemberatan, diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Timur, Polres Binjai, Jumat (23/7) malam, sekira Pukul 23.30 Wib.Adapun kedua Pri

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:14

    Polres Binjai dan tim gabungan laksanakan patroli skala besar

    Petugas Kepolisian dari Polres Binjai, melaksanakan patroli gabungan skala besar TNI-Polri yang rawan gangguan Kamtibmas dalam pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Binjai, Jumat (23/7) malam.Ka

  • Jumat, 23 Jul 2021 14:13

    Razia Mendadak di Lapas Binjai, Sejumlah Sajam dan HP Ditemukan, Narkoba Nihil

    Jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai yang dipimpin langsung oleh Ka KPLP, Rinaldo A. Tarigan, melakukan razia mendadak pada kamar wargabinaan, Kamis malam (22/7). 

  • Jumat, 23 Jul 2021 12:33

    Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY Gelar Penyuluhan Penanganan Virus Covid-19

    Di sela-sela kegiatan Pratugas Pamrahwan Maluku Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY, Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY Letnan Kolonel (Arh) Rendra Febrandari Suparman, S.I.P. selaku Dansatgas, melaksanakan

  • Jumat, 23 Jul 2021 08:13

    Sekda Kota Binjai Ikuti Rapat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai, H Irwansyah Nasution, mengikuti rapat penyaluran bantuan beras PPKM secara virtual dari ruang Binjai Command Center (BCC), Kamis (22/7).Dalam rapat yang dipimpin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak