Senin, 14 Jun 2021 00:23

Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Rapat Penanganan Covid-19 di Provinsi Papua

Papua (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Sabtu, 29 Agu 2020 18:39
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. memimpin rapat secara Virtual dengan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Papua melalui Video Coference (Vicon) bersama segenap pejabat daerah Provinsi Papua, bertempat di VIP Room Bandara Sentani Jayapura, Sabtu (29/08/2020).

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih atas  laporan dari Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE., M.M. terkait dinamika Covid-19 di Provinsi Papua. Angka kesembuhan 85% atau 3.109 dari total 3.656 kasus terkonfirmasi positif adalah trend yang baik dan membangkitkan optimisme kita melawan pandemi.

Menurut Panglima TNI, trend positif  ini menjadi bukti keseriusan Satgas dalam melaksanakan tugas, setelah Provinsi Papua termasuk ke dalam 8 (delapan) Provinsi Prioritas yang mengalami lonjakan kasus positif beberapa waktu yang lalu. Penurunan angka rata-rata hingga di bawah 1 selama 2 minggu lebih menjadi salah satu indikator terkendalinya pandemi di Provinsi Papua.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa perjuangan melawan Covid-19 masih panjang dan salah satu yang menjadi tantangan adalah proses pembuatan vaksin yang saat ini masih dalam tahap uji klinis. Tidak hanya Indonesia, semua negara saat ini sedang berlomba untuk menemukan vaksin Covid-19.



Tantangan Provinsi Papua berikutnya seperti yang disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua adalah masih banyaknya masyarakat yang rentan, baik karena penyakit penyerta seperti HIV/AIDS, malaria, jantung dan diabetes maupun balita yang mengalami kekurangan gizi ataupun gizi buruk.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian bersama karena pandemi ini membutuhkan penanganan dengan cara-cara extraordinary, melibatkan semua pihak termasuk masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya pencegahan.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan langkah inovatif 6 Wajib (Wajib Berdoa, Wajib Periksa, Wajib Masker, Wajib Cuci Tangan, Wajib Jaga Jarak, Wajib Tinggal di Rumah) telah sejalan dengan kampanye Pemerintah dalam penanganan pandemi dan untuk itu patut diapresiasi.

Penanganan Covid-19 daerah harus benar-benar membangun sinergi dengan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional untuk bersama-sama menjaga agar masyarakat tetap produktif, sehat dan aman dari Covid-19, karena kesehatan masyarakat menjadi modal utama untuk kembali menggerakan roda perekonomian.

Panglima TNI juga menyampaikan, agar seluruh aparat kewilayahan mendukung pemerintah daerah dalam rangka menjaga kedisplinan protokol kesehatan, dan siap membantu transportasi melalui udara jika diperlukan  untuk mendukung keberhasilan melawan Covid-19.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Asops Kapolri, Kadiv Propam Mabes Polri, Kadiv Humas Mabes Polri, Pangdam XVI/Cendrawasih, Kapolda Papua, serta segenap pejabat TNI-Polri dan Pemerintah setempat.
Editor: Herda

T#g:PapuaUpdate Covid-19Update Covid 19
Berita Terkait
  • Kamis, 27 Mei 2021 22:57

    Panglima TNI Bersama Kapolri Berdialog Dengan Forkopimda Papua

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. melaksanakan silaturahmi dan tatap muka dengan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpina

  • Kamis, 27 Mei 2021 12:27

    Panglima TNI dan Kapolri Beri Arahan Khusus Kepada Anggota TNI-Polri Tugas Papua

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan kunjungan kerja ke Papua. Beberapa agenda dilakukan keduanya di Bumi Cendrawasih itu diantar

  • Senin, 24 Mei 2021 04:24

    Polisi: Teroris OPM Jadikan Masyarakat Sebagai Tameng Hidup

    Selain dengan kondisi geografis dan medan yang sulit, faktor lain yang diakui menjadi kendala pasukan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi dalam melakukan tindakan terhadap Kelompok Terori

  • Jumat, 21 Mei 2021 21:01

    Safari Kebangsaan Danlanud Silas Papare kepada Para Tokoh Masyarakat Papua

    Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi melaksanakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, dengan tema 'perkembangan globalisasi dan politik', di Obhe Warke Tanah Hitam, Abepura, Jayapura, Kamis (20/5/2021).

  • Sabtu, 08 Mei 2021 19:08

    Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

    Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar merajut ma

  • Jumat, 30 Apr 2021 21:00

    Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Sekda Papua

    Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. menerima kunjungan kerja Sekda Provinsi Papua Bapak Dance Yulian Flassy, S.E., M.Si., bertempat di Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (30/4/2021).

  • Kamis, 29 Apr 2021 15:29

    TNI Melaksanakan Karya Bakti Bersama Masyarakat Papua

    Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs bersama dengan personel Kodam XVII/Cendrawasih dan masyarakat sekitar Koyo Tengah menggelar karya bakti membersihkan Gereja St. Petrus dan lapangan bola kaki Koya Tengah.

  • Kamis, 15 Apr 2021 16:35

    Prajurit TNI Bersama Masyarakat Gotong Royong Mengecor Jalan di Kampung Koya Koso Papua

    Dalam rangka meningkatkan kekompakan dengan masyarakat di perbatasan, Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti (Yonif 131/Brs) yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satg

  • Rabu, 14 Apr 2021 16:34

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti Terima Kunjungan Kapuskesad

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti dibawah pimpinan Dansatgas Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr.(Han) menyambut kedatangan Kepala Pusat Kesehatan TNI AD (Kapuskesad) Mayjen TNI dr. Budiman

  • Kamis, 08 Apr 2021 11:08

    Pulau Papua Pemiliknya Orang Papua, Tapi Wilayah Keributan Orang-orang Asing Yang Bukan Pemiliknya

    Catatan sejarah menujukkan kedatangan Belanda ke daratan Papua terjadi sejak tahun 1606. Kapal- kapal Belanda berlabuh di sepanjang pesisir Papua dan mulai melakukan ekspedisi di daratan maupun perai

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak