Selasa, 22 Jun 2021 07:32

Oknum ASN BPBD Labuhanbatu Masih Terima Gaji Meskipun Dalam Tahanan

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 10 Jun 2021 08:40
Istimewa
Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Lidya Agustika alias Lidia jabatan sebagai Kasubbag Program di Dinas BPBD Kabupaten Labuhanbatu, beberapa waktu lalu tersandung kasus narkoba dan sudah ditahan Polisi di Polda Sumatera Utara.

Meskipun sudah ditahan namun haknya berupa gaji sebagai ASN di Dinas BPBD kabupaten Labuhanbatu masih diterima yang bersangkutan setiap bulannya.

Hal itu dikuatkan oleh keterangan Kepala Bagian (Kaban) Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Zainuddin Siregar saat dikonfirmasi Utamanews.com diruang kerjanya, Senin pagi (07/6/2021)

Kaban BKD Labuhanbatu mengungkapkan, bahwa gaji Lidya Agustika masih dibayarkan walaupun yang bersangkutan sudah ditahan akibat kasus kepemilikan Narkoba.

"Masih dibayarkan, tidak ada dasar tidak dipenuhi haknya, karena sampai sekarang dinas tempat dia bekerja belum ada mengajukan permohonan pemberhentian gaji yang bersangkutan."

"Sudah kita sampaikan dengan dinas terkait, alasannya belum menerima salinan surat penangkapan dan penahanan dari Polda Sumatera Utara, makanya masih terkendala," Jelas Zainuddin

Terpisah saat Utamanews.com mengkonfirmasi Kaban BPBD Atiya Muchtar Maulana Hasibuan melalui panggilan whastappnya mengatakan, "Temui saja bang, Kabag Umum, beliau yang ditugaskan untuk mengurusnya sampai ke Polda Sumut," Ujar Atiya.

Sementara Evi, selaku Kabag umum BPBD Labuhanbatu saat ditemui diruang kerjanya diminta konfirmasi terkait status hak gaji Lidya Agustika menjelaskan bahwa "Gaji Lidya Agustika masih diterima yang bersangkutan, hanya TPP saja yang sudah tidak dibayarkan, semenjak Ia tidak aktif bekerja karena sudah ditahan atas kasus narkoba yang menimpannya." Terangnya

Evi juga menerangkan "Ia sudah datang ke Polda Sumut, pertama untuk memastikan, Lidya Agustika benar sedang ditahan dan kemudian meminta salinan surat penangkapan dan penahanan, namun saat menemui penyidik surat yang diminta tidak diberikan, pasalnya tidak ada surat resmi permintaan dari Dinas BPBD Labuhanbatu," Ucap Evi.

Masih kata Evi, "Setelah kembali dari Polda Sumut kita penuhi permintaan penyidik dengan mengirimkan surat resmi di tujukan kepada Kapolda Sumut cq Dir. Narkoba Polda Sumut dengan nomor 800/183/BPBD/2021. Sifat penting perihal permohonan memberikan Hard Copy surat penangkapan dan penahanan atas nama Lidya Agustika tertanggal 30 April 2021."

Namun, meskipun surat permohonan tersebut sudah kita layangkan, hingga saat ini belum kita dapat dan menerima hard copy surat penahanan dan penangkapan Lidya Agustika, makanya hak yang bersangkutan berupa gajinya masih dibayarkan," Tukas Evi.

Disisi lain terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi SIK, SH, saat diminta konfirmasi Utamanews.com melalui pesan whastappnya, Selasa (08/6/2021) belum memberikan jawaban atas pertanyaan wartawan.

Kemudian berselang satu hari dari konfirmasi Utamanews.com, tepatnya pada Rabu (09/6/2021) Sekira pukul 22:15 Wib, Kabid Humas Polda Sumut membalas pertanyaan wartawan dengan jawaban singkat "Teknisnya penyidik yang akan menyampaikan ya," Pungkasnya.

Lidya Agustika ditangkap polisi bersama seorang pria yang disebut-sebut sebagai suaminya seorang bandar narkoba, Firman Pasaribu alias Man Batak dan rekan pria yang diketahui sebagai supir di jalan jendral Sudirman Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan (9/1) dengan barang bukti 5 kilogram sabu-sabu.

Terkait kasus narkoba yang menimpa Lidya Agustika (36) ASN di BPBD Labuhanbatu, Pengadilan Negeri (PN) Medan telah mengelar sidang di ruang cakra 7, Jum'at lalu (04/6/2021) bersama rekan prianya Khairuddin Aman Siregar (47).

Dalam sidang yang digelar secara video conference tersebut, keduanya didakwa JPU Maria FR Tarigan melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman maksimal seumur hidup atau hukuman mati."

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maria FR Tarigan menguraikan dalam dakwaannya, berawal dua petugas Ditresnarkoba Polda Sumut menerima informasi tentang adanya peredaran sabu di daerah Kotapinang, Labuhanbatu Selatan (Labusel).

"Sesuai informasi saksi-saksi melihat ciri-ciri kendaraan yang digunakan para tersangka yaitu mobil Honda CRV warna hitam No.Pol : BK 160 LI," ujarnya dihadapan majelis hakim yang diketuai Syafril Batubara.

Dikatakan JPU, pada 9 Januari 2021 kedua petugas tersebut menghentikan mobil yang dikendarai kedua terdakwa, di pinggir Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Kotapinang, Labusel.

Petugas kemudian menangkap kedua terdakwa, dan melakukan pemeriksaan terhadap mobil terdakwa.

Dari pemeriksaan itu, petugas menemukan satu tas ransel warna hitam, yang didalamnya ditemukan 5 bungkus plastik kemasan teh cina warna hijau, berisikan sabu seberat 5.000 gram. Lidia sendiri kabarnya merupakan istri dari Man Batak.

Dari hasil introgasi, kedua terdakwa mengakui jika barang haram tersebut milik Irman Pasaribu alias Roy alias Man Batak, yang ketika itu berhasil melarikan diri.

"Selanjutnya pada 2 Februari 2021, setelah melakukan pencarian terhadap Man Batak, petugas berhasil menangkap Man Batak pada saat sedang sarapan di pinggir Jalan Perdagangan Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir lalu," pungkas JPU Maria F Tarigan.

Usai mendengarkan dakwaan JPU, majelis hakim yang diketuai Syafril Batubara menunda persidangan pekan depan dengan agenda keterangan saksi.
Editor: Budi

T#g:gajiLabuhanbatuPNS
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jun 2021 15:31

    Waka Polres Didampingi PJU Polres Labuhanbatu Gruduk Kantor Kodim 0209/LB

    Kapolres Labuhanbatu diwakili Waka Polres Labuhanbatu sore hari ini Senin (21/6/2021) Sekira pukul 13:30 Wib, didampingi oleh PJU Polres Labuhanabatu mengeruduk markas komando distrik militer (Makodim

  • Senin, 21 Jun 2021 12:31

    Babinsa Koramil 12/LP Lakukan Pendampingan Penyaluran BLT Tahap II Tahun 2021

    Babinsa Koramil 12/LP Kodim 0209/LB Serka Darwis Siregar melakukan pendampingan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) alokasi dana desa (ADD) kepada warga kurang mampu, masyarakat desa Ujung Gading

  • Minggu, 20 Jun 2021 10:10

    Dandim 0209/LB Dinginkan Kapolres Labuhanbatu Saat Marah Di PSU TPS 09

    Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.M.Tr (Han) sempat mendinginkan emosi Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H saat marah di lokasi pemungutan suara ulang (PSU) d i

  • Minggu, 20 Jun 2021 09:40

    Rilis Pengungkapan 60 Kg Sabu dan Pencucian Uang di Polres Labuhan Batu, Kapoldasu Harap Dukungan Masyarakat

    Provinsi Sumatera Utara sudah menjadi salah satu daerah dengan pengguna narkotika terbesar di Indonesia. Maka dari itu mari kita bersama-sama menjaga daerah Sumatera Utara dari ancaman penggunaan sert

  • Sabtu, 19 Jun 2021 22:49

    Kapolda Sumut: PSU di Labuhanbatu Berjalan Aman dan Kondusif

    Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Pangdam I / Bukut Barisan meninjau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sabtu (19/6

  • Jumat, 18 Jun 2021 08:28

    Jelang PSU Pilkada Labuhanbatu, Polsek Kualuh Hulu Lakukan OPS Yustisi

    Personil Polsek Kualuh Hulu melakukan Razia dan Ops Yustisi penyekatan terhadap pengguna jalan yang keluar masuk di Wilayah Polsek Kualuh Hulu dengan sasaran kelompok Masyarakat, OKP, dan Ormas lainny

  • Senin, 14 Jun 2021 06:14

    Jelang PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu Paslon ASRI Diterpa Fitnah Dan Berita Hoaks

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada atau Pemilukada) dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang memenuhi syarat. Pemilihan kepala daerah dilakukan satu paket bersama denga

  • Minggu, 13 Jun 2021 00:53

    PSU Jilid II, KPU Dan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Harus Profesional Dan Netral

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Labuhanbatu selaku penyelenggara Pilkada Labuhanbatu akan penggelar PSU (Pemungutan Suara Ulang) Jilid II di dua Tempat Pemungutan Suara yakni di TPS 007 d

  • Kamis, 10 Jun 2021 05:50

    Mantan Anggota DPRD Labuhanbatu Akmat Saipul Sirait Menilai "Suling" Program Bernilai

    Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Akhmat Saipul Sirait menuliskan cuitannya di media sosial dan memberikan padangan yang positif terkait program gerakan subuh

  • Senin, 07 Jun 2021 19:47

    Kepala OPD Tak Kooperatif, DPRD Labuhanbatu Akan Perpanjang Pansus LKPJ TA 2020

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu merencanakan penambahan waktu kerja terhadap Pansus Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 pada sidang paripurna y

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak