Jumat, 18 Jun 2021 17:46

Laporan Sozanolo Waruwu di Polres Nias, tidak dapat dilanjutkan ke JPU

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 13 Agu 2020 16:23
Istimewa
Polres Nias belum menemukan bukti yang kuat untuk menjadikan Satiaro Waruwu Als Ama Kiri als Ama Chris sebagai tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan sebagaimana laporan Sozanolo Waruwu alias Soza sesuai laporan polisi Nomor: LP / 193 / VI /2020 / NS, tanggal 08 Juni 2020.

Hal itu dibuktikan dari keterangan saksi dilapangan dan saksi korban yang berbeda dan diperkuat dengan hasil gelar perkara Ditreskrimum Poldasu pada tanggal 24 Juli 2020.

Kasat Reskrim Polres Nias melalui Kasubbid Penmas Bid Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan mengatakan, penyidik sudah memeriksa para saksi termasuk Camat Botomuzoi, Yasowanolo Waruwu S.Sos alias Ama Charles dan melakukan interogasi terhadap dr Yudika Dian Kristinawaty Gulo (dokter yang melakukan pemeriksaan medis berupa VER terhadap pelapor pada tanggal 7 Juni 2020) dan Melakukan gelar perkara di kantor Bag Wassidik Ditreskrimum Polda Sumut pada tanggal 24 Juli 2020.

"Polres Nias sangat perhatian dan konsent terhadap kasus yang melibatkan oknum Kepala Desa (Kades) tersebut, terbukti dengan melakukan pemeriksaan terhadap banyak saksi hingga camat dan dokter. Akan tetapi, dari hasil penyelidikan diperkuat dengan hasil gelar perkara, tidak cukup unsur untuk dilanjutkan ke kejaksaan," jelas MP Nainggolan, Kamis (13/8/2020).


DIjelaskan, penyidik sudah melakukan interogasi terhadap saksi saksi pelapor antara lain, Faobaziduhu Waruwu ald Ama Heni, Sokhinafefu Waruwu ald Ama Fika dan melakukan interogasi terhadap 8 orang saksi-saksi lain yang ada di TKP saat kejadian yaitu, Yaaro Gulo alias Ama Kenzi, Aroziduhu Gulo ALS Ama Marvel, Opianus Halawa als Opi, Berkat Gulon als Berkat, Ferina Lase als Ina Marvel, Nutiami Gulo als Kaito dan Erfiana Zebua als Ina Torres.

"Namun keterangan saksi korban dengan saksi dilapangan tidak sama.Pun demikian, kita menginterogasi dokter yang memberikan visum untuk menjelaskan posisi luka yang dialami pelapor termasuk Camat. Selanjutnya melakukan gelar perkara secara internal di Polres Nias dan gelar di Wasidik Ditreskrimum Poldasu, rekomendasinya tidak cukup unsur kasus dilanjutkan ke kejaksaan," jelas mantan Kapolres Nias Selatan (Nisel) itu.

Terkait kasus penganiayaan itu, sebut Nainggolan, antara terlapor dan pelapor saling membuat laporan pengaduan.

"Sonazolo alias soza melaporkan Satria Waruwu di Polres Nias sedangkan Satria Waruwu melaporkan Sonazolo ALS Soza di Polsek  juga dilaporkan satria Waruwu di Polsek Hiliruho dan laporan di Polsek dapat dilanjutkan ke kejaksaan yang kini sudah proses persidangan," jelasnya lagi.

Kepada media yang membuat berita agar mengkonfirmasi kepada semua pihak pelapor, terlapor, saksi-saksi dan Bagwassidik Ditkrimum Polda Sumut, sehingga pemberitaannya berimbang. Jangan hanya mendengarkan atau mengkonfirmasi dari pihak pelapor saja.

"Hingga saat ini penasehat hukum pelapor saja belum pernah bertanya langsung kepada Kasat Reskrim atas penanganan perkara tersebut. Namun demikian penyidik sudah mengirimkan SP2HP kepada pelapor. Jangan mengintervensi penyidikan dengan cara melaporkan penyidik dan membuat berita yang tidak berimbang," imbuhnya.

Sementara itu, terkait tuduhan adanya permainan dalam kasus ini, Kasat Reskrim Polres Nias AKP Martua Manik SH MH membantah.

"Kita tidak ada memihak atau yang mereka sebut ada permainan. Bahkan tidak ada interfensi dari pihak manapun dalam kasus ini. Kita berjalan sesuai SOP dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai hukum.

Kalau ada yang menyebut ada permainan saya minta untuk dibuktikan, jangan asal tuduh saja karena bisa mencemarkan nama baik," tegas Martua Manik menambahkan bila ditemukan bukti baru, Polres Nias siap untuk menindak lanjuti kasus tersebut.
Editor: Budi

T#g:Polres Nias
Berita Terkait
  • Senin, 03 Agu 2020 20:03

    Peduli Pendidikan, Polres Nias Sediakan Ruang Belajar dan Wifi Gratis Bagi Pelajar

    Kepolisian Resort Nias menyediakan ruangan belajar serta wifi gratis untuk belajar daring di Aula Mapolres Nias. Hal ini disampaikan Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan SIK MH, Senin (03/08/2020) di Map

  • Selasa, 14 Jul 2020 20:04

    Kapolres Nias: Walau kekurangan personil, kita tetap semangat menjaga kondusifitas

    Kekurangan personil polisi di Polres Nias bukan berarti suatu kendala dalam menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Nias yang membawahi Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat

  • Minggu, 19 Apr 2020 05:19

    Cegah Covid -19, Polres Nias Adakan Pelayanan Kesehatan Keliling Gratis

    Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH menyampaikan bahwa pihaknya terus menabuh genderang perang melawan penyebaran virus Covid-19 di wilayah hukumnya.

  • Senin, 06 Apr 2020 10:56

    Kapolres Nias Ajak Masyarakat Hadapi Wabah Covid-19

    Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH mengajak masyarakat untuk bahu- membahu menghadapi wabah virus Covid-19.

  • Kamis, 26 Mar 2020 10:56

    Gerak Cepat Cegah Covid-19, Polres Nias Siapkan Sarana Cuci Tangan

    Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH launching sarana cuci tangan antisipasi penularan virus covid-19 bagi warga Kota Gunungsitoli, Kamis (26/03/2020) pagi.

  • Selasa, 25 Feb 2020 13:25

    Perdana, Masyarakat Antusias Ikuti Lomba Vocal Grup Piala Kapolres Nias

    Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH membuka Lomba Vocal Grup Piala Kapolres Nias TA. 2020 di Aula Kamtibmas Polres Nias, Senin (24/02/2020) sore. Kegiatan perdana yang diprakarsai Kapolres Ni

  • Kamis, 19 Jul 2018 16:09

    Tiga Kasus Menonjol Berhasil Diungkap Polres Nias Dalam Sepekan

    Kepolisian Resort Nias, Sumatera Utara berhasil mengungkap tiga kasus menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres selama sepekan terakhir, yakni curanmor, judi online dan pengungkapan aktor pembobol

  • Senin, 04 Sep 2017 11:54

    Aiptu O. Daeli, PS. Kanit Binmas Polsek Sirombu, diberi penghargaan

    Salah Seorang dari 16 Personil Polres Nias yang mendapat Reward/Penghargaan dari Kapolres Nias adalah Aiptu O. Daeli Ps. Kanit Binmas Polsek Sirombu yang juga Mantan Ps. Paur Humas Polres Nias.Aiptu O

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak