Rabu, 19 Sep 2018 09:23

Kuasai Mic Pesawat, IPW Desak Polda Riau Periksa Artis Neno Warisman

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Selasa, 28 Agu 2018 09:58
Screenshot
Neno Warisman saat menguasai mikropone pesawat terbang komersil, Sabtu (25/8).
Aksi Artis Neno Warisman yang kini dikenal sebagai pengkampanye gerakan #2019 ganti presiden, yang menguasai mickropone pesawat terbang komersil mendapatkan kecaman warganet. Seperti diketahui, kejadian ini berlangsung pada Sabtu malam, (25/8/2018), dalam penerbangan maskapai nasional dari Pekanbaru ke Jakarta.

Menanggapi hal ini, Neta S Pane selaku Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW) menyatakan bahwa Neno Warisman terancam hukuman satu tahun penjara atau denda Rp 500 juta atas tindakannya tersebut. 

"Sebab aksi arogannya yang menguasai mikropone pesawat terbang di Pekanbaru, Riau beberapa hari lalu telah melanggar UU Penerbangan," jelas Neta Pane, Selasa (28/8/2018).

Ind Police Watch (IPW) mendesak, pihak kepolisian, terutama Polda Riau untuk segera turun tangan mengusut tuntas kasus penguasaan mikropone di pesawat terbang ini. "Neno Warisman harus dipanggil untuk diperiksa secara hukum. Kasus itu tidak boleh dibiarkan karena bisa menjadi preseden yang akan dicontoh pihak lain untuk menguasai pesawat terbang, yang ujung-ujungnya bisa mengancam keselamatan penerbangan," ungkapnya.


Ditambahkannya, aksi arogan Neno Warisman telah melanggar Pasal 344 ayat A Undang Undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yang menegaskan menguasai secara tidak sah pesawat udara yang sedang terbang atau yang sedang di darat adalah tindakan pelanggaran hukum. Di Pasal 425 disebutkan ancaman hukumannya satu tahun penjara atau denda Rp 509 juta. 

"Sedangkan terhadap kru penerbangan, Pasal 321 menegaskan, personil penerbangan yang mengetahui terjadinya penyimpangan atau ketidaksesuaian prosedur penerbangan bisa dikenakan sanksi, antara lain pencabutan lisensi terbang. Untuk itu Polda Riau perlu segera mengusut kasus ini dengan tuntas, apakah Neno Warisman menguasai mikropone pesawat itu seijin kru pesawat atau tidak. Jika tidak, Neno Warisman harus diproses hukum hingga ke pengadilan. Jika ternyata mendapat ijin, kru pesawat yang memberi ijin harus segera dicabut lisensi terbangnya. Pihak pihak yang terlibat kasus ini harus segera dipanggil dan diperiksa polisi. Jika mereka tidak menghadiri panggilan penyidik, Polda Riau bisa melakukan jemput paksa," tegas Pane.

IPW berharap, Polda Riau bersikap tegas dalam menyikapi kasus penguasaan pesawat terbang ini dan penyidik kepolisian jangan takut pada siapa pun. Sikap tegas Polri diperlukan agar anggota masyarakat patuh hukum dan tidak bersikap seenaknya dalam mengganggu kepentingan umum, terutama kepentingan keselamatan penerbangan. 

"IPW juga berharap tokoh tokoh masyarakat tidak bersikap arogan dan merasa sok penting untuk menguasai penerbangan, yang bisa mengganggu keselamatan penerbangan," tukasnya.

Editor: Erickson

T#g:AirwaysIPWNeno Warisman
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Agu 2018 20:18

    Gerakan #2019GantiPresiden, Kelompok Yang Tidak Sabar dan Melanggar Aturan Main Pemilu

    Gerakan #2019GantiPresiden yang awalnya, merupakan kampanye masif yang disuarakan kelompok partai oposisi di dunia maya (media sosial), yaitu PKS dan Gerindra dengan Tagar #2019GantiPresiden kini mera

  • Minggu, 26 Agu 2018 22:16

    Soal Keterlibatan Kabinda Dalam Pemulangan Neno Warisman di Riau, Ini Penjelasan BIN

    Badan Intelijen Negara (BIN) mengakui terlibat dalam upaya meminta aktivis gerakan #2019gantipresiden, Neno Warisman, meninggalkan Riau.

  • Jumat, 03 Agu 2018 17:23

    PT Garuda Indonesia Jalin kerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu

    Dalam memberikan kemudahan dan pelayanan perjalanan dinas bagi perangkat daerah di wilayah kerja Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, pihak PT. Garuda Indonesia berencana menjalin kerjasama dengan Pemkab

  • Kamis, 10 Mei 2018 09:10

    Merokok Elektrik di Toilet, Batik Air Serahkan Penumpang ke Aparat

    FC, pelanggan Batik Air pada penerbangan ID 6950 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok Praya, Lombok Tengah, Nusa

  • Minggu, 06 Mei 2018 21:36

    Lion Air Group, Pembawa Penumpang Terbanyak ke Singapura

    Lion Air Group kembali menerima anugerah dari Changi Airport Singapura sebagai 5 maskapai teratas yang berkontribusi besar membawa penumpang terbanyak (Top 5 Airlines and Airline Groups by Passenger C

  • Jumat, 20 Apr 2018 18:50

    Informasi Terkini Penerbangan Batik Air danWings Air di Wilayah Timur Indonesia

    Lion Air Group berkomitmen dalam memenuhi serta menjalankan seluruh aturan yang telah ditetapkan, demi menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

  • Selasa, 20 Feb 2018 20:00

    Gunung Sinabung Meletus, Penerbangan Sempat Terganggu di Bandara Kualanamu

    Erupsinya Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) sempat mengakibatkan terganggunya jadwal penerbangan di Bandara Kualanamu, khususnya tujuan Medan-Singapura, Selasa (20/2/2018).Akibat

  • Minggu, 07 Jan 2018 21:57

    Tahun 2017, Bandara Soekarno-Hatta Layani 63 Juta Penumpang

    63.015.620 jiwa telah tiba dan berangkat di bandara Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 2017.

  • Kamis, 28 Des 2017 21:08

    Kemenhub Intruksikan Minimalisir Delay

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia melakukan peninjauan kesiapan angkutan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 di Sumatera Utara.

  • Senin, 25 Des 2017 04:25

    Pasca Senggolan, Penumpang Pesawat Silk Air Dialihkan ke Pesawat Lain

    Pasca pesawat Silk Air nomor penerbangan MI 0233 tujuan Singapura batal terbang dari Bandara Kuala Namu pada Sabtu (23/12/2017) karena bersenggolan dengan mobil perbaikan AC milik PT JAS. Karena kejad

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak