Jumat, 26 Apr 2019 19:45

KPU Laporkan Akun Facebook Penyebar Surat Suara Tercoblos 01 ke Polda Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Minggu, 03 Mar 2019 22:03
Facebook
Capture
Berpotensi memprovokasi dan menjelekkan nama baik lembaga penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) bersama KPU Kota Medan resmi melaporkan video hoaks surat suara tercoblos ke Polda Sumut, Minggu (3/3/2019). 

Seperti ramai di jagad maya, video hoaks itu diketahui diposting oleh akun Facebook Muhamad Adrian dan Kusmana.

Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif. "Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara, surat suara sudah tercoblos 01 semua?" tulis Adrian dalam postingannya.

Sedangkan Kusmana malah menuding, video yang menggambarkan kericuhan terjadi di KPU Kota Medan. Sedangkan, nyatanya video tersebut adalah kericuhan di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Pilkada serentak yang lalu.

"KPU Medan digerebek warga sedang mencoblos surat suara 01. Kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata. Keburukan rezim Jokowi dan kualisinya mulai terbongkar. Penguasa bangsat," tulis Kusmana dalam video yang diunggah Sabtu (2/3).

Komisioner Divisi Advokasi dan Hukum KPU Sumut, Ira Wartati, menjelaskan, ini adalah hoaks pertama yang menyerang KPU Sumut dan Kota Medan. Pelaporan ke polisi adalah bentuk pembelajaran kepada masyarakat agar tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum teruji kebenarannya. KPU melaporkan dugaan pencemaran nama karena dalam video itu KPU Sumut merasa telah diciderai oleh oknum yang tidak bertanggungjawab

Informasi soal video itu pertama kali diketahui pada Sabtu (2/3) malam. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk membuat laporan.

Karena jika dibiarkan, video itu semakin melebar dan memberikan persepsi publik. Itu bisa membahayakan KPU sebagai penyelenggara.

Harapannya masyarakat melakukan kroscek terlebih dahulu, sebelum menyebarkan informasi. "Kita pastikan video itu hoaks," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Medan Agussyah Damanik menganggap video ini adalah fitnah. Ini juga kali pertama KPU Medan diserang hoaks. KPU Medan cukup kaget saat mendapat informasi itu. Mereka masih menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian agar kasus itu diproses secara profesional.

"Kita melaporkan karena salah satu akun menyebut kejadian itu di KPU Medan. Kini kita berharap kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Semoga pelakunya cepat terungkap," sebutnya.

Yang lebih aneh, kata Agus, dalam postingan itu KPU dituduh sudah mencoblos surat suara Pilpres. Padahal surat suara untuk Capres belum tiba di Kota Medan.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kota Medan agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi bohong dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar. Mari sama-sama kita jaga kondusifitas kota kita ini dengan bersama-sama kita berpikiran positif," tandasnya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja saat dihubungi menegaskan akan menyelidiki kasus serangan hoaks ke penyelenggara Pemilu.

"Akan kita tindaklanjuti laporannya. Kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengungkap siapa pelaku penyebar hoaks," katanya.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan hoaks yang beredar. Karena ada pidana yang menanti untuk para penyebarnya.

"Hoaks bisa menyebabkan kepanikan dan berpotensi memancing konflik di tengah masyarakat. Polda Sumut akan mengungkap dan akan melakukan penindakan. Kami tidak main-main," ujarnya.
Editor: Tommy

T#g:facebookhoaxkpu
Berita Terkait
  • Kamis, 25 Apr 2019 16:55

    Emak-emak Medan Tolak Pemilu Curang

    Aksi relawan Paslon 02 Prabowo- Sandi Rabu Biru Indonesia digelar dengan melaksanakan long march ke Kantor KPU Medan pada Kamis pagi (25/04/19).

  • Senin, 22 Apr 2019 10:42

    Real Count KPU 14,5%, Suara Jokowi-Amin Menurun, Prabowo-Sandi Naik

    Hasil Amatan data masuk di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU sudah mencapai 14,59%. Situng yang juga kerap disebut sebagai 'Real Count KPU' mencatat Jokowi-Ma'ruf Amin mas

  • Senin, 22 Apr 2019 10:22

    Pemilu Sudah Selesai, Komunitas GESIT Ajak Warganet Dukung Hasil Pemilu Secara Konstitusional Tanpa Hoax

    Pemilu 2019 baik Pileg maupun Pilpres sudah berlangsung lancar dan aman pada 17 April 2019 lalu, dimana sepanjang musim kampanye berlangsung, berita hoax dan fitnah marak di lini media sosial dan perd

  • Minggu, 21 Apr 2019 23:21

    Sebelum Tuduh KPU Curang, Kroscek Terlebih Dahulu

    Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) khawatir bahwa informasi- informasi yang sesat dan tidak benar alias hoax dapat menghancurkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu. Hal ini tid

  • Sabtu, 20 Apr 2019 20:50

    Stop Saling Klaim, Ketua KPU Sumut: Pemenang Ditentukan Penghitungan Manual

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat pendukung kedua kubu, baik Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menyudahi saling klaim kemenang

  • Jumat, 19 Apr 2019 15:09

    Anak Bantah Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

    Kabar Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia beredar lagi. Kabar itu dipastikan hoax.

  • Kamis, 18 Apr 2019 21:28

    Penyelenggaraan Pemilu Serentak di Kabupaten Labuhanbatu Berjalan Sukses

    Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Labuhanbatu dinilai sukses. Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif yang digelar secara serentak pada Rabu (17/04/2019), berlangsung aman, damai dan

  • Kamis, 18 Apr 2019 20:08

    KPUD Labuhanbatu Persiapkan Distribusi Logistik Untuk Kebutuhan Hasil Rekapitulasi di Kecamatan

    Usai pelaksanaan pencoblosan pemilihan umum serentak pileg dan pilpres tahun 2019, KPUD kabupaten Labuhanbatu mempersiapkan distribusi logistik kotak suara fomulir hasil rekapitulasi Pilpres, DPR RI,

  • Rabu, 17 Apr 2019 21:07

    Logistik Nias Selatan Terlambat, KPU Sumut Tetap Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat

    Pemilihan Umum Serentak sedang berlangsung di Indonesia tepat pada hari ini, 17 April 2019. Masyarakat Indonesia memadati tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya. Pelaks

  • Selasa, 16 Apr 2019 20:56

    Isu Surat Suara Tercoblos 01, KPU Medan: Surat Suara Belum Didistribusikan Ke Kelurahan

    Beredarnya rekaman percakapan yang menyebut terjadinya praktik kecurangan pencoblosan surat suara untuk Paslon 01 di Kecamatan Medan Amplas mengundang reaksi Ketua KPU Medan."Rekaman berisi percakapan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak