Rabu, 17 Okt 2018 00:41
HUT Pemkab Labuhanbatu

Dituntut 1 Tahun, Jaksa Nilai Ahok Tidak Menista Agama

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Elya
Kamis, 20 Apr 2017 11:50
Dok
Basuki Tjahaja Purnama
Pengamat Hukum, Jamin Ginting menyatakan bahwa dari penerapan pasal oleh Jaksa Penuntut Umum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, disimpulkan bahwa Jaksa menilai bahwa Ahok tidak menista agama.

"Pasal 156 yang dijadikan Jaksa sebagai dasar penuntutan menyebutkan bahwa yang dinodai itu adalah seseorang atau golongan, bukan agama," ujar Jamin saat diwawancarai di Jakarta, Kamis siang (20/4).

Sebelumnya, Ketua Tim Jaksa Ali Mukartono, pada sidang penuntutan hari ini, menyatakan bahwa pihaknya menuntut Ahok dengan hukuman penjara 1 (satu) tahun dan masa percobaan 2 tahun.

Dalam kasus Ahok, Tim Jaksa mengenakan pelanggaran Pasal 156 KUHPidana.

"Barang siapa di muka umum menyatakan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. 

"Dengan tuntutan masa percobaan selama 2 tahun tersebut dapat dipastikan Ahok tidak akan dipenjara, apabila selama dalam masa 2 tahun tersebut, dia tidak mengulangi tindakan yang sama. Itu pun kalau nanti Hakim menjatuhkan vonis yang sama dengan tuntutan Jaksa," tambah Ginting.

Sidang kasus Ahok ini masih akan dilanjutkan hari Selasa minggu depan dengan agenda pembacaan pembelaan oleh terdakwa dan kuasa hukumnya.

Belum diperoleh informasi apakah sidang minggu depan akan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional.

Editor: Sam

T#g:Ahok
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 29 Jul 2017 23:59

    Lebih Cepat 2 bulan, Menteri Apresiasi Pembangunan Simpang Susun Semanggi

    Rini Sumarno selaku Menteri BUMN, memberikan apresiasi atas progres pembangunan simpang susun Semanggi. Menurutnya, pembangunan simpang susun Semanggi cukup cepat.

  • Selasa, 18 Jul 2017 06:38

    PNS BPN Karo dilaporkan ke Polisi oleh teman satu grup Whatsapp

    Manaek Hutabarat, yang diketahui bekerja sebagai PNS di BPN Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan ke polisi oleh Ketua Keluarga Besar Marhaenis (KBM) Kota Medan, Agus Salim, Senin (17/7).

  • Kamis, 29 Jun 2017 18:59

    Video 45 detik untuk #HBDAhok51

    Selebriti Indonesia melantunkan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui sebuah video yang diunggah seorang netizen melalui akun twitter @RHasfinanda.

  • Sabtu, 24 Jun 2017 05:24

    Ahok Masih Dipenjara di Rutan Brimob, IPW: Itu Pelanggaran Hukum

    Indonesia Police Watch (IPW) berharap Polri tidak membiarkan pelanggaran hukum menempatkan Basuki Tjahaja Purnama dalam Rutan Brimob Kelapa Dua, dan meminta Menteri Hukum dan HAM segera memindahkan Ah

  • Sabtu, 10 Jun 2017 06:20

    Jokowi akan lantik Djarot jadi Gubernur DKI tanggal 15 Juni

    Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta

  • Selasa, 23 Mei 2017 14:43

    Ini alasan Ahok cabut memori banding

    Melalui pasangan hidupnya, Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan alasan pencabutan memori banding.

  • Sabtu, 13 Mei 2017 07:43

    1.000 Lilin untuk Ahok dari pantai bebas Parapat Simalungun

    Sekitar seribu orang berkumpul dan menyalakan lilin dalam "aksi lilin untuk Ahok" di pantai bebas kelurahan Parapat Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun, Jumat malam (12/5).

  • Jumat, 12 Mei 2017 08:02

    Lilin untuk Ahok dari sejumlah penjuru Indonesia

    Vonis Ahok tidak menunjukkan keadilan, terkesan karena desakan politik golongan tertentu, menyebabkan terjadinya unjuk rasa dengan menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan di sejumlah kota di Indonesia, Kamis (11/5).

  • Kamis, 11 Mei 2017 18:41

    Setelah Ahok Divonis, Rizieq Shihab dinanti. Tagar #RizieqPulang jadi TT

    Kasus penodaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyeret Gubernur DKI Jakarta itu ke tahanan.

  • Kamis, 11 Mei 2017 17:41

    Setelah Vonis Ahok 2 Tahun, 3 Hakim ini dapat promosi

    Hakim Dwiarso Budi Santiarto mendapat promosi. Berdasarkan hasil rapat TPM Hakim 10 Mei 2017, Ketua Majelis Hakim perkara dugaan penodaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini kini mend

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak