Senin, 26 Jul 2021 10:38
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Bupati Dairi - Satgas Pencegahan Korupsi KPK Rapat Monitoring dan Evaluasi MCP

Bupati Dairi - Satgas Pencegahan Korupsi KPK Rapat Monitoring dan Evaluasi MCP

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Jumat, 11 Jun 2021 20:51
Istimewa
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan jajaran melaksanakan rapat monitoring dan evaluasi serta penertiban aset dan optimasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Dairi bersama Satgas Pencegahan Korupsi KPK Maruli Tua Manurung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Jumat (11/6), juga dihadiri Kepala ATR BPN Dairi Rasmon Sinamo.

Usai kegiatan dalam keterangan pers, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terimakasih kepada KPK yang hadir dan turun langsung ke Kabupaten Dairi.

Menurut Eddy Berutu, program KPK melalui kegiatan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) ini sangat penting untuk mendorong pemerintah Kabupaten Dairi dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan bisa lebih transparan dan akuntabel.

"Saya sangat sepakat bahwa pemberantasan korupsi harus dilakukan dengan perbaikan, mulai dari hulu hingga hilir, melakukan identifikasi kelemahan, mengetahui penyebab terjadinya dan kemudian perbaikan sistem Early Warning, sehingga kita dapat mencegah terjadinya korupsi," ucap Eddy Berutu.

Disebutkan Eddy Berutu, sejak menjabat sebagai pimpinan Kepala Daerah Kabupaten Dairi, ia sudah melakukan langkah-langkah percepatan penerapan E Goverment dengan menerbitkan instruksi kepada semua pimpinan OPD, agar segera mengadopsi sistem aplikasi yang sudah terbukti berhasil di daerah lain atau membangun aplikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan OPD yang pada dasarnya mengurangi biaya tinggi dan durasi waktu pelayanan.

"Misalnya di instansi pelayanan publik urusan administrasi kependudukan, dan sektor pendapatan daerah kita sudah melakukan digitalisasi sebagai upaya pencegahan korupsi," ujarnya.

Ditambahkannya, Pemkab Dairi dibantu jajaran Forkopimda sedang dan terus melakukan penataan aset. Sejauh ini beberapa aset Pemkab sudah disertifikasi. Berdasarkan penilaian KPK, capain MCP (monitoring centre for prevention) masih berada di zona biru.

"Saya meminta agar pimpinan OPD melakukan langkah-langkah perbaikan sesuai dengan arahan KPK, agar Dairi bisa mencapai zona hijau atau diangka 80 persen," ucapnya.

Di akhir keterangan persnya, Bupati Dairi mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan berbagai aplikasi yang sudah ada dalam berbagai pelayanan, sehingga meminimalisir tindakan pencalonan dari para oknum.

Sementara, Maruli Tua Manurung mengatakan kepada Bupati Dairi dan jajaran agar jangan sampai terjadi tindak pidana korupsi dan prilaku korupsi di Pemkab Dairi, terutama 7 jenis korupsi yang masih rawan terjadi khusus di Pemkab Dairi.

"Bagaimana agar tidak terjadi korupsi, ada 8 fokus pencegahan sektor perencanaan penganggaran APBD dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Dari dua perencanaan penganggaran ini, BPJ yang paling rawan," kata Maruli.

Selanjutnya Pelayanan terpadu perizinan, Pengelolaan kepegawaian seperti manajemen ASN jangan sampai terjadi jual beli jabatan, Pencegahan korupsi sektor pajak daerah. Penertiban aset, Dana Desa, Inisiatif penting penguatan pengawasan oleh Inspektorat.

"Jadi kami yakin kalau 8 ini sungguh-sungguh dilaksanakan itu bisa diminimalisir dan kami sudah mendapatkan komitmen Pak Bupati bahwa pencegahan korupsi akan semangkin diefektipkan," terang Maruli.

Fokus selanjutnya menurut Maruli, yakni sektor tematik, pertama penertiban aset-aset Pemda bagaimana supaya sertifikasi tanah Pemda bisa diakselerasi agar tidak terjadi penyalagunaan aset-aset Pemda yang dikuasai secara tidak sah oleh pihak lain.

"Kemudian tentang PSU (Sarana dan Utilitas Umum) tadi sudah dijelaskan Pak Bupati. Kita harapkan kerjasama dengan BPN, Kejari dan lain-lain bisa menertibkan dan mengambil kembali aset milik Pemda yang dikuasai oleh pihak lain, seperti yang difokuskan di Kecamatan Silahisabungan termasuk beberapa rumah dinas yang masih diproses melalui surat kuasa khusus," sebutnya.

Kemudian optimalisasi penerimaan pajak daerah (PAD), di Dairi ini banyak sektor-sektor yang bisa dioptimalkan, baik itu hotel, restauran, tempat hiburan termasuk air bawah tanah dan juga galian C mineral bukan logam dan batuan.

"Jadi kita tidak ingin habis tambang galian tapi pajaknya tidak masuk, sehingga Pemkab kesulitan melakukan perawatan lingkungan," ujarnya.

Terakhir tematik pencegahan korupsi vaksinasi di daerah, perintah Presiden programnya sukses tapi di sisi lain KPK berkepentingan agar baik itu dari aliran barang vaksin dan uang yang dianggarkan dari dana APBD maupun APBN DAK untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi, itu betul-betul mekanisme dan pengawasannya harus diperkuat.

"Agar tidak terjadi seperti di Medan, ada dokter di Dinkes yang jual vaksin ke masyarakat umum yang belum prioritas," pungkasnya.
Editor: Ivan

T#g:Dairikpk
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Jul 2021 21:57

    Warga Pematangsiantar Terkonfirmasi Covid-19 Saat Dilakukan Swab Antigen di Pos Penyekatan PPKM Polres Dairi

    Seorang warga Pematangsiantar terkonfirmasi Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan Swab antigen oleh petugas kesehatan di  Pos Penyekatan PPKM Mikro Ops Yustisi Polres Dairi. Untuk menghindari penye

  • Jumat, 16 Jul 2021 22:06

    Kapolres Dairi Pimpin Apel Pendistribusian Bansos TNI-Polri Untuk Warga Terkonfirmasi Covid-19

    Polres Dairi gelar apel bersama pendistribusian bantuan sosial (Bansos) TNI-Polri kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan apel yang dipimpin Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH d

  • Kamis, 15 Jul 2021 10:35

    Ribuan Warga Dairi menolak Adendum ANDAL RKL-RPL Tipe A PT.DPM

    Ribuan warga yang tinggal di desa sekitar dan hilir tambang PT. Dairi Prima Mineral (DPM) sangat mengkhawatirkan akan potensi resiko kehadiran tambang timah dan seng tersebut, karena Dairi berada di z

  • Rabu, 14 Jul 2021 19:54

    Satlantas Polres Dairi Imbau Masyarakat Tidak Melakukan Perjalanan Ke Kota Medan Selama PPKM Darurat

    Satlantas Polres Dairi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Dairi untuk tidak memasuki Kota Medan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan, yang dimulai dari ta

  • Rabu, 14 Jul 2021 17:54

    Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi Bantu Sembako Ke Warga Isolasi Mandiri

    Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi berikan bantuan sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Bantuan yang diserahkan langsung Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu selaku Ketua Satgas Pen

  • Rabu, 07 Jul 2021 06:27

    Bupati Dairi Terima Kunjungan Pengurus PABPDSI

    Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan dari pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Pusat, Pengurus Provinsi dan pengurus Kabupaten Dairi

  • Senin, 05 Jul 2021 18:35

    Geruduk Rapat Paripurna DPRD, Mahasiswa Minta Bupati Copot Camat Silima Pungga-Pungga

    Sampaikan aspirasi, mahasiswa Dairi yang tergabung dalam kelompok Cipayung plus, yakni DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indon

  • Kamis, 01 Jul 2021 13:41

    Peringatan HUT Bhayangkara Ke-75, Kapolres dan Forkopimda Dairi Dengarkan Amanat Presiden RI

    Kapolres Dairi beserta jajaran mendengarkan pidato Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan HUT Bhayangkara ke-75 yang dilaksanakan secara virtual di aula Kamtibmas Polres Dairi, Kamis (1/7/2

  • Selasa, 29 Jun 2021 16:49

    HUT Bhayangkara Ke-75, Keluarga Besar Polres Dairi Ziarah ke TMP Sidikalang

    Peringati HUT Bhayangkara ke-75, keluarga besar Polres Dairi melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidikalang Jalan Pahlawan, Panji Sibura-Bura, Kecamatan Sidikalang, Selas

  • Jumat, 25 Jun 2021 13:35

    HUT Bhayangkara Ke-75, Keluarga Besar Polres Dairi Bersih-Bersih Tempat Ibadah

    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-75, Jumat (26/6/2021), keluarga besar Polres Dairi melaksanakan kerja bakti kebersihan tempat ibadah di sekitar Kecamatan Sidikalang.Giat bertema "Transformasi Polri yang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak