Sabtu, 16 Okt 2021 08:56

Bencana Longsor di Dolat Rayat, Kabupaten Karo 4 Warga Binjai- Langkat Tewas

Karo (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 27 Sep 2021 13:07
Istimewa
Bencana alam berupa tanah longsor terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, atau lazim disebut (Reba Embang), Minggu 26/9) Dinihari, sekira Pukul 14.30 wib. 

Akibatnya, 4 orang dikabarkan meninggal dunia dan satu orang mengalami patah kaki sebelah kiri. 

Menurut data terakhir yang diterima redaksi, adapun korban tanah longsor tersebut adalah :

- Rehan (19) seorang Buruh, warga Dusun l Adimulio, Kelurahan Pasar VI Kuala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat (belum ditemukan)

- Rian (21) seorang Buruh, warga Dusun l Adimulio, Kelurahan Pasar VI Kuala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat (belum ditemukan)

- Reza (19) seorang Buruh, warga Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai (belum ditemukan)

- Agus (22) seorang Buruh, warga Dusun l Adimulio, Kelurahan Pasar VI Kuala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat (sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia)

- Riswan (23) seorang Buruh, warga Dusun V Dame Rejo, Kelurahan Pasar VI Kuala Mencirim, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Ucapan belasungkawa serta mendoakan semoga korban yang tertimbun tanah longsor segera dapat ditemukan disampaikan oleh banyak orang.

Salah satu yang ikut mendoakan agar para korban segera ditemukan adalah H Zainuddin Purba SH, anggota DPRD Sumut fraksi Golkar, Dapil XII (Binjai - Langkat). Ia juga menyampaikan dukacita yang sedalam dalamnya kepada keluarga korban atas musibah yang terjadi.

"Mewakili rekan rekan Fraksi Golkar DPRD-SU,
dan atasnama keluarga besar H Zainuddin Purba SH, Tanah Seribu, kami menyampaikan turut berdukacita yang sedalam dalamnya atas musibah yang menimpa saudara kami," ucap Pak Uda, sapaan akrab H Zainuddin Purba SH, Senin (27/9) siang. 

Sebagai Wakil Rakyat, Pak Uda juga mendoakan agar korban yang meninggal dunia dalam keadaan mati syahid. 

"Insya Allah kalian semuanya yang meninggal dunia yang sedang bekerja untuk kebutuhan keluarga diterima Allah SWT dengan mati syahid. Insya Allah dimuliakan Allah SWT," tuturnya.

Sedangkan kepada korban yang mengalami patah tulang kaki, legislator dari Partai Golkar ini juga mendoakan semoga diberikan kesembuhan seperti sediakala.

"Kami berharap semoga keluarga yang ditinggalkan sabar dan tawaqal menerima cobaan ini," harap Pak Uda. 

Diketahui, kejadian tanah longsor bermula pada saat 9 orang (termasuk korban) berada di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan sedang melakukan pengerjaan pembangunan Saluran Dranaise atau lazim disebut Reba Embang, di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat.

Usai kejadian (tanah longsor) rekan korban yang bernama Tujuan Sembiring (50) langsung menghubungi Kepala Desa Sugihen, Agustiar Kemit, dan selanjutnya menghubungi Kapolsek Tigapanah AKP H Sihotang, yang langsung menuju ke lokasi tanah longsor. 

"Benar, telah terjadi Peristiwa Bencana Alam Tanah Longsor dan atas keterangan saksi yang selamat menyampaikan masih ada 4 (empat) orang yang tertimbun di Tanah Longsor tersebut," ucap Kapolsek Tigapanah AKP H Sihotang, saat di TKP. 

Dengan menggunakan alat manual serta dibantu oleh masyarakat sekitar, mereka pun langsung melakukan pencarian korban yang tertimbun.

Akhirnya, pada Minggu (26/9) sore, sekira Pukul 17.30 Wib, salah seorang korban yang bernama Agus, berhasil ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Evakuasi pun dilakukan terhadap korban dengan membawanya ke RSU Kabanjahe. 

Pencarian pun terus dilakukan, namun karena cuaca yang kurang bersahabat dikarenakan hujan deras, akhirnya pada Pukul 18.30 Wib, upaya pencarian korban yang tertimbun Tanah Longsor dihentikan.

"Lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) Tanah Longsor kemiringan 90 derajat serta tidak ada Akses jalan untuk alat Berat menuju TKP," ujar AKP H Sihotang, sembari menambahkan bahwa pencarian korban akan dilanjutkan pada Senin (27/9) dengan menghadirkan Mobil Damkar untuk membantu pencarian korban dengan cara memyiram tanah bekas longsoran.
Editor: Herda

T#g:binjaiKaroLangkattewasLongsortukang
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Okt 2021 19:45

    Penenun Tradisional Uis Karo Harap Perhatian Pemko Binjai

    "Beratapkan Langit dan Beralaskan Tanah". Itulah yang terlihat saat kita mengunjungi lokasi pembuatan sekaligus tempat pelatihan penenun tradisional Uis Karo yang beralamat di Jalan T Umar, Gang Jambu

  • Jumat, 15 Okt 2021 17:35

    Promosikan UMKM, BRI Gelar Bazaar 'Klaster Mantriku' di Binjai

    Kantor Wilayah (Kanwil) Bank BRI Medan, menggelar Bazaar "Klaster Mantriku" di halaman Kantor Cabang BRI Binjai, Jalan Sutomo no.6 kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binjai Utara, Jumat (15/10).Kegiatan it

  • Jumat, 15 Okt 2021 07:35

    Miris.. Seorang Siswi SMA di Binjai Terjaring Razia BNN di Kos kosan, Dipastikan Positif

    Sebanyak 27 orang (7 Pria dan 20 Wanita) penghuni kos kosan yang berada di Jalan Tamtama, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, diamankan oleh Personil Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai s

  • Kamis, 14 Okt 2021 18:14

    Baskami Ginting dan Sejumlah Anggota DPRD Sumut Bersilaturahmi ke Pemko Binjai

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, didampingi Wakil Walikota Binjai H Rizky Yunanda Sitepu, menerima kunjungan Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting beserta anggotanya, Kamis (14/10) Siang, sekira

  • Kamis, 14 Okt 2021 17:34

    Gerebek Kos-kosan di Kelurahan Satria, BNNK Binjai Boyong 27 Orang, 14 Positif Narkoba

    Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai, melakukan razia rumah kost/ kontrakan yang berada di Jalan Tamtama, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, Kamis (14/10) siang. Razia dilakukan atas

  • Rabu, 13 Okt 2021 23:03

    Beli sabu dari tetangga, Agung diamankan ke Polsek Binjai Barat

    Seorang pria berinisial AS alias Agung (19) serta S alias Yani (40) keduanya merupakan warga Jalan T. Amaluddin, Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat, diamankan Petugas Kepolisian dari Polse

  • Rabu, 13 Okt 2021 15:03

    Pejabat Pemko Binjai Terkesan Cuek Soal Bangunan Ilegal di Lahan Eks HGU PTPN

    Menjamurnya bangunan yang diduga liar di Kota Binjai, membuat masyarakat, khususnya warga Binjai menjadi bertanya tanya. Sebab warga meyakini, selain berdiri di lahan eks HGU PTPN 2, bangunan yan

  • Rabu, 13 Okt 2021 08:13

    Berdasar Asesmen, 14 Pejabat Eselon II Pemko Binjai Ini Berpotensi Dimutasi

    Sedikitnya ada 14 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Binjai yang akan dimutasi setelah mengikuti asesmen atau uji kompetensi pada awal September 2021 lalu.Sebab, pihak Badan Kepegawaian D

  • Selasa, 12 Okt 2021 17:22

    Pengurus KNPI di Binjai Kompak Jadi Petugas Upacara Hari Sumpah Pemuda

    Jelang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Kamis, 28 Oktober 2021 mendatang, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai bersama unsur Forkopimda dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Binjai, me

  • Selasa, 12 Okt 2021 13:52

    Ketua DPRD Cek Bangunan Termegah Di Kota Binjai, Berbiaya Rp20 Miliar

    Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Syah Alam Putra ST, melakukan pengecekan terhadap pembangunan Gedung Dewan yang baru, yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (12/

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak