Jumat, 29 Mar 2024 13:55
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Barang Sitaan Bea Cukai di Bandara Kuala Namu, dilelang atau dimusnahkan?

DELI SERDANG (utamanews.com)

Oleh: Iyus

Rabu, 30 Agu 2017 20:00

Dok
Bandara Internasional Kualanamu
Sejumlah penumpang di Bandara Kuala Namu mempertanyakan proses penindakan barang bawaan (dagangan) milik para penumpang oleh Bea Cukai Bandara Kuala Namu, khususnya yang dari Bangkok, Thailand.

Salah seorang penumpang kepada wartawan pada Rabu (30/8/2017) di Bandara Kuala Namu menyebutkan belum ada kejelasan apakah barang yang disita Bea Cukai dilelang negara atau dimusnahkan.

"Sejak per 1 Januari 2017 lalu sudah dilakukan penyitaan, dengan rentan waktu tergolong lama tentunya para pemilik pantas menaruh curiga dengan hal tersebut. Supaya tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat, khususnya pemilik barang, Bea Cukai perlu memberikan penjelasan terkait seluruh barang sitaan mereka pada khalayak ramai sehingga pandangan negatif tersebut dapat terklarifikasi," terangnya.

Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) Bea Cukai Bandara Kuala Namu, Firdaus saat dikonfimasi mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah barang bawaan yang disita dari Bangkok, Thailand sejak per 1 Januari 2017 lalu. 

"Belum tahu berapa jumlahnya, lebih jelas nanti dipertanyakan pada Kasi P2 Bea Cukai Kualanamu," ujarnya singkat.

Sementara Kasubsi Intelijen Bea Cukai Bandara Kuala Namu Fahrijal Serky kepada wartawan menerangkan seluruh barang yang disita sudah diamankan di gudang milik Bea Cukai, dan saat ini tinggal proses penindakan. 

"Seluruh barang yang disita tentunya ada pertangungjawabanya dan disegel oleh petugas," ujarnya.

Terkait pertanyaan penumpang menurutnya hal yang wajar, dan pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan penjelasan terkait hal tersebut apakah pemusnahan atau lelang. 

Dia juga mengakui meskipun ada Permendagri terkait larangan membawa barang belanja pakaian dari Bangkok, Thailand, tetap saja penumpang mencoba melakukannya. 

"Diperkirakan sejak dilakukan penindakan per tanggal tersebut, jumlah pakaian yang diamankan lebih kurang 10 ton dengan rincian 100 kg per hari," tandasnya.

Editor: Herda

T#g:KNIABea Cukaiuneg2
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️