Rabu, 03 Jun 2020 21:46
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Bakamla RI/IDNCG Amankan Kapal Tanker dan Kargo yang Lakukan Transfer BBM Illegal 

Bakamla RI/IDNCG Amankan Kapal Tanker dan Kargo yang Lakukan Transfer BBM Illegal 

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Sabtu, 20 Jul 2019 06:20
Humas Bakamla
Bakamla RI mengamankan dua kapal berjenis motor tanker (MT) dan kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB) yang diduga melakukan transfer bahan bakar minyak (BBM) ilegal di perairan Muara Baru, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Kapal MT yang dinahkodai oleh MT Warga Negara Indonesia, mengangkut 11 orang anak buah kapal (ABK). Pada saat diamankan petugas patroli Bakamla RI, diketahui kapal tanker tersebut telah melakukan transfer BBM ke dua kapal nelayan masing-masing sekitar 35 kilo liter (KL).

Hasil dari pemeriksaan awal, diketahui bahwa kapal tanker tersebut tidak dilengkapi surat izin olah gerak ataupun dokumen pergerakan kapal lainnya. Sedangkan dalam kaitannya kegiatan transfer BBM ke dua kapal nelayan, kapal tersebut juga tidak dapat menunjukkan dokumen resmi.

Di sisi lain, kapal SPOB yang dinahkodai oleh SP Warga Negara Indonesia, mengangkut 8 anak buah kapal (ABK). Pada saat diamankan petugas patroli Bakamla RI, diketahui kapal SPOB tersebut telah melakukan transfer BBM ke kapal motor (KM) sekitar 5 KL dari 10 KL yang direncanakan.

Pada saat pemeriksaan awal, diketahui bahwa kapal SPOB tersebut tidak dilengkapi dokumen olah gerak kapal ataupun dokumen lainnya terkait pergerakan kapal, dan dokumen muatan tidak ada di atas kapal.

Untuk kepentingan penyidikan lanjutan, kedua kapal diizinkan lego jangkar pada posisi saat dilakukannya pemeriksaan. Selanjutnya, kedua nahkoda kapal dimintai keterangan di Markas Besar Bakamla RI, yang kemudian diserahkan ke Komandan Satrol Lantamal III guna penyelesaian proses.
Editor: Herda

T#g:BBMIlegalkapal
Berita Terkait
  • Sabtu, 30 Mei 2020 17:50

    Kisah Alm Yusuf dan 50 TKI Ilegal dari Selangor Malaysia hingga Karantina di SMKN 1 Batu Bara

    Meninggalnya TKI Ilegal dari Malaysia asal Batu Bara bukan akibat Corona dan TBC. Fakta itu terungkap setelah para TKI akhirnya buka suara.

  • Rabu, 27 Mei 2020 05:37

    1 dari 40 TKI Ilegal tujuan Batubara meninggal. Tongkang sempat ditangkap namun dilepas Tentara Malaysia

    Beredar kabar ada TKI Ilegal yang berasal dari Batu Bara meninggal dunia di dalam kapal tongkang yang membawa sekitar 40 orang TKI Ilegal dari Malaysia

  • Selasa, 26 Mei 2020 11:26

    Mengapa harga BBM tak turun? Ini kata Ombudsman

    Anggota Ombudsman RI Laode Ida mengungkapkan alasan mengapa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak diturunkan di saat harga minyak dunia alami penurunan serta merebaknya pandemi COVID-19.

  • Jumat, 22 Mei 2020 14:32

    112 PMI/TKI ilegal diamankan dan diserahkan ke Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Tanjung Balai

    Sejumlah 112 orang PMI/TKI ilegal asal negara Malaysia, hari ini (22/05/2020) pukul 02.00 WIB diserahkan ke Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Kota Tanjung Balai untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan suhu tubuh.

  • Sabtu, 16 Mei 2020 09:06

    Warga Kembali Amankan 88 Orang PMI/WNI/TKI Ilegal Di Dusun V Bagan Asahan, Tanjung Balai- Asahan

    Untuk kesekian kalinya warga Bagan Asahan temukan PMI/WNI/TKI Ilegal yang datang dari negara Malaysia lewat jalur tikus di perairan Tanjung Balai Asahan.

  • Sabtu, 09 Mei 2020 09:59

    Harga minyak melonjak

    Harga minyak melonjak lima persen pada akhir perdagangan Jumat, 8 Mei 2020 (Sabtu pagi WIB) dan mencatat kenaikan mingguan kedua berturut-turut karena produsen-produsen Amerika Serikat memangkas produ

  • Selasa, 05 Mei 2020 11:25

    Pemekaran 4 Dusun di Kualuh Selatan diduga ilegal. Bagaimana pertanggungjawaban honor yang sudah diterima Kadus?

    Bangkit Hasibuan, eks Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), menyatakan keheranannya atas pemekaran empat dusun di d

  • Senin, 04 Mei 2020 18:44

    119 TKI ilegal dari Malaysia masuk lewat Tanjung Tiram Batu Bara, Ini rincian alamatnya

    119 TKI Ilegal dari Malaysia mendarat lagi, kali ini masuk lewat pintu Pelabuhan Boom, Kecamatan Tanjung Tiram, pada Minggu (3/5/2020) malam, sekitar pukul pukul 23.30 Wib.

  • Sabtu, 25 Apr 2020 09:55

    57 WNI ABK MV Artania dari Australia Tiba di Jakarta

    Sebanyak 57 WNI yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK)/ crew kapal pesiar MV Artania asal negara Australia, tiba di Jakarta, Indonesia.

  • Selasa, 07 Apr 2020 21:37

    Simulasi Karantina ABK Kapal Bakamla RI Kamla Zona Maritim Tengah

    Kamla Zona Maritim Tengah melaksanakan simulasi karantina terhadap Anak Buah Kapal (ABK) yang kembali setelah melaksanakan perjalanan dinas luar dan masuk dalam kategori zona merah COVID-19. Simulasi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak