Jumat, 10 Jul 2020 22:21
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Babinsa Koramil 10/TM, Gerak Cepat Atasi dan Padamkan Kebakaran Lahan Di Dua Titik Berbeda

Babinsa Koramil 10/TM, Gerak Cepat Atasi dan Padamkan Kebakaran Lahan Di Dua Titik Berbeda

Labuhan Batu Selatan (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Rabu, 18 Sep 2019 07:08
Junaidi
Babinsa Koramil 10/TM Serma A. Roji beserta Karyawan PT. ABM saat memadamkan api di lahan perkebunan Sawit PT. ABM Desa Tanjung Mulia Labuhanbatu Selatan.
Babinsa Koramil 10/TM, bergerak cepat terjun ke lokasi memadamkan kebakaran lahan di dua titik yang berbeda di wilayah teritorial Kodim 0209/LB, tepatnya berada di dusun Poncol desa Perlabian dan di dusun Podo Rukun desa Tanjung Mulia Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Informasi pemadaman kebakaran lahan tersebut, sebelumnya menindak lanjuti titik Hotspot yang termonitor dari satelit dan petunjuk dari komando atas yang diterima Danramil 10/TM, Kapten Kav. Boston Siregar, Selasa (17/9/19).

Selanjutnya Danramil 10/TM, perintahkan Babinsa Serda Deni Herlian dan Serma A. Roji untuk mengecek ke lokasi sesuai dengan titik koordinat.

Dari hasil pengecekan di lapangan yang dilakukan Babinsa Serda Deni Herlian bersama kepala dusun serta polisi hutan KPH 7 Gunung Tua yang dipimpin E. Simorangkir beserta 3 orang anggotanya, mendapati lahan yang terbakar, yang diperkirakan terbakar akibat hawa panas.


"Pemadaman api kebakaran lahan di dusun Poncol berkisar 2 jam dan api telah berhasil dipadamkan", terang Kapten Boston melalui selulernya saat dikonfirmasi awak media.

Sedangkan Babinsa Serma A.Roji, sambung Danramil, bersama Manager PT ABM bapak Ismed dan Asisten Kebun PT ABM, M. Purba, mengecek langsung ke lahan yang terbakar, yang berada di dusun Podo Rukun Desa Tanjung Mulia, sesuai laporan Babinsa api sudah mulai padam.

Menurut keterangan Danramil 10/TM Kapten Boston, "Awalnya kebakaran lahan yang terjadi di dusun Podo Rukun Desa Tanjung Mulia, berdasarkan dari titik Hotspot, dan dari laporan karyawan PT ABM yang sedang melaksanakan Panen di lokasi kebakaran, yang selanjutnya karyawan tersebut melaporkan secara berjenjang hingga ke pimpinan. "Lalu Manager PT ABM langsung melaporkannya ke Koramil 10/TM, yang segera kami tindaklanjuti mengecek ke lokasi dengan membawa peralatan Pemadaman yang dimiliki PT ABM", jelas Danramil.

Dengan adanya kebakaran lahan di wilayah teritorial Koramil 10/TM, kami akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar dapat segera melaporkan secara berjenjang dan dapat diambil langkah dan tindakan yang cepat dalam pemadaman api kebakaran lahan dan hutan (Kahutlah) di wilayah Teritorial Kodim 0209/LB.

"Dan ini merupakan perintah dari Dandim 0209/LB serta Pimpinan TNI tentang tanggap darurat kebakaran lahan dan hutan yang mana saat ini sudah memasuki musim kemarau, yang mengharuskan untuk tetap siaga waspada kebakaran lahan," tutup Kapten Kav. Boston Siregar.
Editor: Budi

T#g:Karhutlalabusel
Berita Terkait
  • Selasa, 23 Jun 2020 16:33

    Ini 5 Arahan Presiden Jokowi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

    Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas (Ratas) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (23/6).

  • Sabtu, 23 Mei 2020 07:23

    Pemprov Sumut Salurkan 15.870 Paket Bantuan Sembako di Labusel

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial sembako sebanyak 15.870 paket di Labuhanbatu Selatan (Labusel). Bantuan diserahkan Kepala Dinas Perhubun

  • Jumat, 20 Mar 2020 14:30

    Kapolsek Aek Natas dan Tim gerak cepat padamkan api yang membakar lahan

    Menghindarkan kebakaran lahan meluas, Kapolsek Aek Natas AKP JH Pasaribu, SH bersama Danramil 05/BD Kapten Inf. Sudarsono beserta personil dan Tim dari Manggala, Tim Damkar dan Tim BPBD kabupaten Labu

  • Kamis, 19 Mar 2020 17:19

    Lahan Warga Terbakar Danramil 05/BD Kodim 0209/LB Berjibaku Padamkan Api

    Memasuki musim kemarau di wilayah Kodim 0209/LB, kejadian kebakaran lahan tidak bisa dihindari lagi, seperti yang terjadi di Dusun Pirlok Desa Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labura kebakar

  • Senin, 09 Mar 2020 16:09

    Panglima TNI Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. launching Peluncuran Aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dihadiri jajaran Polda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Prov

  • Jumat, 06 Mar 2020 17:46

    Pemerintah Australia Sampaikan Terimakasih Atas Keterlibatan Satgas Garuda Penanggulangan Karhutla

    Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan secara langsung ucapan rasa terimakasih atas keterlibatan Satgas Garuda dalam Operasi Bantuan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

  • Kamis, 13 Feb 2020 09:13

    Panglima TNI Tinjau Posko Relawan Karhutla di Riau

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si., meninjau Pos Komando (Posko) Relawan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla), bertempat di

  • Sabtu, 01 Feb 2020 21:01

    TNI Kirim Pasukan Bantu Penanganan Karhutla Ke Australia

    Bertempat di Skadron udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara pemberangkatan 44 Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Garuda R

  • Jumat, 17 Jan 2020 13:47

    Kurangnya Perhatian Pemkab Labuhanbatu Selatan Terhadap Masalah Kesehatan Lingkungan

    Ketua PDPM Labuhanbatu Selatan, Khoiruddin Nasomarsik Siregar  menyatakan Pemerintah Labuhanbatu Selatan tidak serius dalam melayani masyarakat terlebih di bidang kesehatan.Hal ini diungkapkannya

  • Selasa, 14 Jan 2020 11:54

    Lintas Kajian Kaum Gerakan (LINKKAR) Sumatera Utara Kembali Berunjuk Rasa Di Kantor Kejatisu

    Mahasiswa yang tergabung dalam Lintas Kajian Kaum Gerakan (LINKKAR) Sumatera Utara dalam orasinya Meminta Kejatisu memeriksa Kadis Pekerjaan Umum (PU) Labuhanbatu Selatan, saat berunjuk rasa di Kantor

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak