Minggu, 09 Agu 2020 10:10

BNNK Tebing Tinggi Musnahkan 678,74 Gram Shabu

Tebing Tinggi (utamanews.com)
Oleh: Athar
Senin, 15 Jun 2020 15:05
Istimewa
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tebing Tinggi memusnahkan barang bukti 678,74 gram shabu, Senin (15/6/2020) di halaman Parkir Kantor BNNK setempat.

Pemusnahan barang bukti menghadirkan tersangka M. Yunus beserta Kuasa Hukum tersangka Yanti Perawati Situmorang dan Kasubbid Laboratorium Forensik Poldasu Kompol Debora Hutagaol. 

Sebelum pemusnahan, dilakukan tes keaslian barang bukti shabu dan usai diblender shabu tersebut langsung dibuang ke parit (selokan) yang disiapkan.

Kepala BNNK Tebing Tinggi AKBP Faduhusi Zendrato mengungkapkan barang bukti shabu ini didapat dari satu orang tersangka M Yunus warga Aceh. 

Awalnya pelaku ditangkap di rumah kontrakannya di Jalan Suasa Kelurahan Tambangan Kecamatan Padang Hilir Tebing Tinggi. Kemudian dilakukan pengembangan dan petugas mendapatkan barang bukti shabu di rumah kontrakan kedua pelaku di Jalan Akik Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi.


"Dari kasus ini didapat satu orang pelaku berikut barang bukti shabu dengan berat bersih 877,80 gram yang dikemas dalam 19 bungkus plastik klip transparan. Kemudian yang dimusnahkan hari ini berjumlah 678, 74 gram. Sementara sisanya sekitar 199,06 gram yang diambil sampel tiap bungkus digunakan untuk keperluan cek keaslian barang bukti shabu di laboratorium forensik", jelas Faduhusi Zendrato.  

Faduhusi Zendrato menjelaskan, keberhasilan dalam mengungkap kasus ini berkat kerjasama BNNK dengan Denpom Tebing Tinggi. "Karena pelaku sering menggunakan atribut TNI padahal pelaku bukanlah anggota TNI, ujarnya.

Sementara Kepala BNNP Sumut diwakili Kabid Berantas Kombes Pol Sempana Sitepu menegaskan penangkapan ini adalah yang terbesar untuk di BNNK. Ini artinya peredaran narkotika di kota ini sangat besar. 

"Mari kita jadikan narkoba ini musuh kita bersama, untuk itu perlu dicanangkan kegiatan 'Grebek Kampung Narkoba' untuk memutus peredaran narkoba. Selain itu kita juga perlu mengungkap tindak pidana pencucian uangnya dengan mencari barang bukti non narkotikanya seperti segala bentuk yang berhubungan dengan rekening bank pelaku maupun barang bergerak atau tidak bergerak lainnya. Hal ini bertujuan untuk memiskinkan para bandar narkoba", tegas Kombes Sempana Sitepu.


Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutan memberikan apresiasi atas keberhasilan BNNK dalam mengungkap kasus peredaran narkoba, ini merupakan prestasi yang luar biasa. 

Sebenarnya di Tebing Tinggi telah dicanangkan 'Kelurahan Bebas Narkoba'. Siapa yang berani menaikkan spanduknya dapat hadiah Rp.10 juta per kelurahan. Dan sampai sekarang baru dua kelurahan yang berani mengikrarkannya.

"Kami berharap hal ini dapat memotivasi kami untuk kembali mengingatkan kelurahan- kelurahan untuk memerangi peredaran narkoba dan merupakan bahagian yang harus diwujudkan di Tebing Tinggi", tegas Umar Zunaidi.

Sementara tersangka M Yunus kepada wartawan mengaku baru kali ini melakukan bisnis haram narkotika jenis shabu. "Saya baru kali ini melakukannya bang, saya tinggal di Tebing Tinggi baru dua bulan dan pekerjaan saya sebenarnya agen jual beli kenderaan", akunya kepada media.
Editor: Herda

T#g: Tebingtinggisabu
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Agu 2020 23:32

    Tekab Polsek Dolok Masihul Gagalkan Tono Transaksi Sabu

    Sartono alias Tono (52) digrebek Polsek Dolok Masihul Polres Serdang Bedagai di sebuah gubuk Dusun III Sarang Torop, Desa Dolok Manampang, Kec. Dolok Masihul, Kab. Serdang Bedagai, Sabtu (1/8/2020) se

  • Jumat, 31 Jul 2020 01:01

    Kompak Nyabu, 2 Pria Diciduk Tekab Polsek Teluk Mengkudu

    Usai mengkonsumsi narkoba jenis sabu, 2 pria diamankan Tekab Unit Reskrim Polsek Teluk Mengkudu Polres Serdang Bedagai. Penangkapan dari kediaman tersangka di Perumahan Karyawan PT. Socfindo di Dusun

  • Sabtu, 25 Jul 2020 08:45

    Satresnarkoba Polrestabes Medan ringkus 3 tersangka jaringan narkoba antar Provinsi

    Satresnarkoba Polrestabes Medan berhasil mengungkap tiga tersangka jaringan Narkoba antar Provinsi dari dua lokasi yang berbeda, beserta barang bukti Sabu-sabu seberat 15,4 Kg dan 20 ribu butir Pil Ek

  • Sabtu, 25 Jul 2020 09:55

    Pesta Sabu Di Penangkaran Walet Digrebek Polisi Sergai, 4 Diringkus

    Tekab Polsek Perbaungan grebek empat pria yang sedang mengkonsumsi narkoba jenis sabu di penangkaran walet, Dusun III Kampung Sipirok, Desa Citaman Jernih Kec.Perbaungan, Kab.Sergai, Rabu, (22/7/2020)

  • Rabu, 22 Jul 2020 20:42

    Polres Madina tangkap 4 penyalahguna ganja dan sabu

    Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK MSi didampingi Waka Polres Madina, Kasat Narkoba, Kasat Sabhara, dan PJU Polres Madina menggelar konferensi pers pengungkapan tersangka Kasus tindak pidana

  • Selasa, 21 Jul 2020 09:21

    Polsek Perbaungan Ciduk Pengedar Sabu

    Tekab Polsek Perbaungan Polres Serdang Bedagai ciduk tersangka pengedar sabu di Dusun II Desa Sei Sejenggi, Perbaungan, Sergai, Sabtu (18/7/2020) sekira pukul 02.30 Wib.Tersangka, Satria Rika Efendi a

  • Senin, 20 Jul 2020 23:00

    Paparkan Penangkapan 55 Kg Sabu, Kapoldasu: Orang Tua, Jadilah Polisi Di Rumah Untuk Anakmu

    Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) memimpin press release pengungkapan kasus Narkoba jenis sabu-sabu seberat 55 Kg oleh Polrestabes Medan, bertempat di depan Ruang Jenazah Rumah S

  • Sabtu, 18 Jul 2020 22:28

    Satresnarkoba Polres Tapsel ringkus 2 dari 4 tersangka pemakai sabu-sabu

    Dua pemuda warga Desa Batang Baruar Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, diringkus Satresnarkoba Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) disaat asik mengkonsumsi sabu-sabu di salah satu rumah

  • Sabtu, 18 Jul 2020 20:08

    Polsek Kutalimbaru ungkap jaringan narkoba internasional, sita 1 Kg Sabu

    Pelaku peredaran Narkoba jaringan internasional yang telah menjalankan bisnis haramnya selama 1 tahun, akhirnya berhasil ditangkap Tim Satreskrim Polsek Kutalimbaru.Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko

  • Jumat, 17 Jul 2020 23:17

    Tiga Bulan Jual Sabu, Sekeluarga Diciduk Polisi

    Aparat Polsek Teluk Mengkudu, Polres Serdang Bedagai menciduk sekeluarga, terdiri dari ayah, ibu dan anak yang diduga mengedarkan narkoba jenis sabu di kediamannya, Dusun II, Desa Pematang Setrak, Kec

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak