Jumat, 26 Feb 2021 23:05

BNNK Tebing Tinggi Musnahkan 678,74 Gram Shabu

Tebing Tinggi (utamanews.com)
Oleh: Athar
Senin, 15 Jun 2020 15:05
Istimewa
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tebing Tinggi memusnahkan barang bukti 678,74 gram shabu, Senin (15/6/2020) di halaman Parkir Kantor BNNK setempat.

Pemusnahan barang bukti menghadirkan tersangka M. Yunus beserta Kuasa Hukum tersangka Yanti Perawati Situmorang dan Kasubbid Laboratorium Forensik Poldasu Kompol Debora Hutagaol. 

Sebelum pemusnahan, dilakukan tes keaslian barang bukti shabu dan usai diblender shabu tersebut langsung dibuang ke parit (selokan) yang disiapkan.

Kepala BNNK Tebing Tinggi AKBP Faduhusi Zendrato mengungkapkan barang bukti shabu ini didapat dari satu orang tersangka M Yunus warga Aceh. 

Awalnya pelaku ditangkap di rumah kontrakannya di Jalan Suasa Kelurahan Tambangan Kecamatan Padang Hilir Tebing Tinggi. Kemudian dilakukan pengembangan dan petugas mendapatkan barang bukti shabu di rumah kontrakan kedua pelaku di Jalan Akik Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi.


"Dari kasus ini didapat satu orang pelaku berikut barang bukti shabu dengan berat bersih 877,80 gram yang dikemas dalam 19 bungkus plastik klip transparan. Kemudian yang dimusnahkan hari ini berjumlah 678, 74 gram. Sementara sisanya sekitar 199,06 gram yang diambil sampel tiap bungkus digunakan untuk keperluan cek keaslian barang bukti shabu di laboratorium forensik", jelas Faduhusi Zendrato.  

Faduhusi Zendrato menjelaskan, keberhasilan dalam mengungkap kasus ini berkat kerjasama BNNK dengan Denpom Tebing Tinggi. "Karena pelaku sering menggunakan atribut TNI padahal pelaku bukanlah anggota TNI, ujarnya.

Sementara Kepala BNNP Sumut diwakili Kabid Berantas Kombes Pol Sempana Sitepu menegaskan penangkapan ini adalah yang terbesar untuk di BNNK. Ini artinya peredaran narkotika di kota ini sangat besar. 

"Mari kita jadikan narkoba ini musuh kita bersama, untuk itu perlu dicanangkan kegiatan 'Grebek Kampung Narkoba' untuk memutus peredaran narkoba. Selain itu kita juga perlu mengungkap tindak pidana pencucian uangnya dengan mencari barang bukti non narkotikanya seperti segala bentuk yang berhubungan dengan rekening bank pelaku maupun barang bergerak atau tidak bergerak lainnya. Hal ini bertujuan untuk memiskinkan para bandar narkoba", tegas Kombes Sempana Sitepu.


Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutan memberikan apresiasi atas keberhasilan BNNK dalam mengungkap kasus peredaran narkoba, ini merupakan prestasi yang luar biasa. 

Sebenarnya di Tebing Tinggi telah dicanangkan 'Kelurahan Bebas Narkoba'. Siapa yang berani menaikkan spanduknya dapat hadiah Rp.10 juta per kelurahan. Dan sampai sekarang baru dua kelurahan yang berani mengikrarkannya.

"Kami berharap hal ini dapat memotivasi kami untuk kembali mengingatkan kelurahan- kelurahan untuk memerangi peredaran narkoba dan merupakan bahagian yang harus diwujudkan di Tebing Tinggi", tegas Umar Zunaidi.

Sementara tersangka M Yunus kepada wartawan mengaku baru kali ini melakukan bisnis haram narkotika jenis shabu. "Saya baru kali ini melakukannya bang, saya tinggal di Tebing Tinggi baru dua bulan dan pekerjaan saya sebenarnya agen jual beli kenderaan", akunya kepada media.
Editor: Herda

T#g: Tebingtinggisabu
Berita Terkait
  • Jumat, 26 Feb 2021 13:46

    Ditresnarkoba Polda Sumut Ringkus 2 Pengedar Sabu-Sabu

    Unit 1 Subdit II Ditresnarkoba Polda Sumut berhasil mengungkap kasus tindak pidana Narkotika seberat 2 Kg di Jalan Cemara tepatnya di pinggir jalan di depan ruko Cemara, Rabu (17/02/2021).Petugas berh

  • Jumat, 26 Feb 2021 09:06

    Kapolresta Deli Serdang Pimpin Press Release Kasus Sabu Sebanyak 5.142 Gram

    Bertempat di Aula Tri Brata Polresta Deli Serdang telah dilaksanakan kegiatan press release pengungkapan kasus narkotika jenis Sabu yang ditaksir seberat 5.142 gram, Kamis (25/02/2021).Kegiatan press

  • Selasa, 23 Feb 2021 17:03

    BPKPAD Tandatangani Kerjasama Dengan Kejari Tebing Tinggi

    Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menghadiri dan menyaksikan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Penandatanganan Komitmen Bersama antara Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan

  • Selasa, 23 Feb 2021 16:43

    Mabes Polri Dampingi Polres Tebing Tinggi Periksa Supir Bus Intra Laka Maut Di Pabatu

    Setelah sebelumnya dikabarkan supir Bus Intra melarikan diri usai terlibat kecelakaan maut yang menewaskan 9 penumpang mobil Toyota Avanza, akhirnya AJS (47) warga Simalungun, mengamankan diri ke Polr

  • Senin, 22 Feb 2021 19:02

    Terkait Kehadiran UINSU Di Tebingtinggi, Walikota Kebanjiran Papan Bunga

    Ratusan papan bunga ucapan Terima Kasih kepada Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM atas selamat datangnya UINSU di Kota Tebingtinggi terlihat berjajar rapi di depan kantor balai Kot

  • Jumat, 19 Feb 2021 15:39

    Polres Tebing Tinggi Canangkan Pembangunan Zona Integritas

    Polres Tebingtinggi canangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Jumat (19/2/2021) di Aula Kamtibmas Polres Tebingtinggi.

  • Selasa, 16 Feb 2021 15:36

    Pemko Tebing Tinggi Gelar FGD Penyampaian Data Statistik

    Pemerintah Kota Tebingtinggi menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka memenuhi data yang beragam, penyusunan data melalui Kota Tebingtinggi dalam angka 2021, Selasa (16/2/2021) di

  • Rabu, 10 Feb 2021 11:30

    Rencana Mau Pakai Sabu, Pemuda Ini Diciduk Tekab Polsek Tanjung Morawa

    Tekab Unit Reskrim Polsek Tanjung Morawa Polresta Deli Serdang mengamankan H alias Aldo (20) warga Kelurahan Pekan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (06/02/2021) sekira pukul 22.0

  • Kamis, 04 Feb 2021 18:54

    PC HIMMAH Dukung Rencana Hibah Aset Lahan Eks Akbid ke UIN-SU

    Ketua Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah Kota Tebingtinggi J Meidianda menyerahkan dukungan kepada Pemerintah Kota Tebingtinggi terkait proses Hibah lahan eks Akbid Pemko Kota Tebingtingg

  • Kamis, 04 Feb 2021 18:44

    Warga Palembang Diringkus Polresta Deli Serdang Bawa Sabu 528 Gram

    Satres Narkoba Polresta Deli Serdang Berhasil menggagalkan pengiriman sabu ditaksir seberat 528 gram. Seorang pria yang menumpang salah satu Bus antar Provinsi diamankan di Jalan Lintas Sumatera, Tanj

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak