Rabu, 28 Jul 2021 23:55

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Edy Instruksikan Tutup Hiburan Malam

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Rabu, 19 Mei 2021 01:19
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi
Usai libur Idulfitri tahun 2021 terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sumut. Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Gubernur Sumut menginstruksikan kepada Bupati/Walikota untuk melakukan pengetatan Prokes, termasuk menutup hiburan malam.

Tempat-tempat hiburan malam yang tidak diizinkan beroperasi antara lain klab malam, diskotik, pub/live musik, SPA (Santre Par Aqua), bola gelinding, bola sodok, mandi uap, dan area permainan ketangkasan. Selain itu, tempat hiburan lainnya seperti karaoke keluarga, karaoke eksekutif, griya pijat dan tempat hiburan serupa juga tidak diperbolehkan operasi.

Langkah ini diambil karena kegiatan di tempat-tempat hiburan tersebut bukan kegiatan yang esensial (mendasar) sehingga bisa dihentikan untuk sementara waktu. Selain itu, di tempat-tempat hiburan terutama hiburan malam rentan terjadi pelanggaran Prokes.


"Kegiatan-kegiatan hiburan seperti itu bisa kita hentikan karena bukan kegiatan pokok manusia, dan di tempat hiburan malam itu rentan terjadi pelanggaran Prokes, jadi untuk sementara kita larang beroperasi," kata Edy Rahmayadi, saat rapat secara daring bersama Bupati/Walikota se-Sumut di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Selasa (18/5).

Rerata kasus Covid-19 di Sumut mencapai 80,92 per hari 14 hari terakhir (4 -17 Mei), meningkat 8% bila dibandingkan dengan periode sebelumnya (65,42 kasus pada 20 April-3 Mei). Untuk mengendalikan kasus Covid-19, Edy Rahmayadi menerbitkan Instruksi Gubernur Sumut Nomor 188.54/14/INST/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Edy Rahmayadi meminta kepada Bupati/Walikota untuk segera menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) atau Peraturan Bupati (Perbub) terkait instruksi ini. Dengan begitu langkah pengetatan Prokes di kabupaten/kota bisa berjalan secepatnya.


"Ini sesuai dengan instruksi Presiden, karena terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sumut. Saya minta Bupati/Walikota segera menanggapi instruksi ini dengan Perbub atau Perwal agar pengetatan Prokes bisa secepatnya kita lakukan," kata Edy Rahmayadi.

Selain menutup hiburan malam, Instruksi Gubernur Sumut tersebut, juga membatasi jam operasional tempat makan dan minum seperti restoran, rumah makan, angkringan, pedagang kaki lima, swalayan dan pusat perbelanjaan hingga pukul 21:00 WIB. Bahkan untuk tempat makan dan minum pengunjung juga dibatasi 50% dari kapasistas maksimal.

"Mau tidak mau harus kita batasi karena kita tidak ingin masyarakat Sumut lebih banyak lagi yang terpapar Covid-19," pungkas Edy Rahmayadi.

Menurut keterangan Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Arsyad Lubis Instruksi Gubernur Sumut kali ini juga meminta kepada Bupati/Walikota untuk melakukan peningkatan fasilitas kesehatan untuk perawatan pasien Covid-19 yaitu ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) sebesar 30% dari kapasitas saat ini, serta tempat karantina terpusat. Dengan begitu diharapkan pasien-pasien Covid-19 bisa di rawat di daerah masing-masing.


Ini juga sesuai dengan Surat Edaran Menkes Nomor HK 02/01/Menkes/11/2021, di mana untuk zona dua (kuning) dengan Bed Occupancy Rate (BOR) di atas 60-80% harus mengkonversi minimal 30% tempat tidur rawat inap pasien Covid-19. Sedangkan untuk ICU zona kuning minimal meningkatkan 15% ICU untuk merawat pasien Covid-19.

"Kita perlu bekerja lebih kuat lagi, bersama-sama Pemkab/Pemko siapkan fasilitas kesehatan kalian sehingga pasien tidak menumpuk di Ibu Kota. Apa yang bisa kami bantu akan kami bantu untuk meningkatkan tempat perawatan pasien Covid-19 di Sumut," kata Arsyad Lubis.

Instruksi Gubernur Sumut ini berlaku selama 14 hari dari tanggal 18 - 31 Mei 2021. Setelah itu, Satgas Penanganan Covid-19 Sumut akan kembali mengevaluasi hasil dari pengetatan Prokes ini untuk menentukan kebijakan berikutnya.

"Setelah 14 hari akan kita evaluasi, kemudian kita tentukan lagi apa yang akan kita lakukan berikutnya," tambah Arsyad Lubis.

Turut hadir mendampingi Gubernur Edy Rahmayadi, antara lain Sekdaprov Sumut  R Sabrina, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Irman Oemar, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Aris Yudhariansyah, Kepala Satpol PP Tuahta Ramajaya Saragih, serta Forkopimda Sumut.
Editor: Herda

T#g:diskotikGubsu
Berita Terkait
  • Senin, 26 Jul 2021 15:16

    Diskotik Champions diduga masih tetap beroperasi

    Meskipun sudah disegel oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, namun hingga sampai saat ini menurut warga, Diskotik Champions masih tetap beroperasi. Pihak pengelola diduga dengan sengaja membuka

  • Selasa, 20 Jul 2021 13:30

    Gubernur dan Wagub Sumut Laksanakan Salat Iduladha di Rumah

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah melaksanakan Salat Iduladha 1442 H di rumah. Hal ini sesuai anjuran pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)

  • Rabu, 02 Jun 2021 15:32

    Pemko Medan Kembali Tertibkan Sejumlah Tempat Hiburan Malam

    Tim gabungan Pemko Medan yang terdiri dari Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Satpol PP serta dibantu personil TNI dan Polri kembali melakukan penertiban tempat hiburan malam yang melanggar protokol

  • Jumat, 28 Mei 2021 22:18

    Anggota DPRD Sumut Minta Gubernur Tegas, Tutup Diskotik di Perbatasan Binjai

    Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar untuk Dapil XII (Binjai-Langkat) H Zainuddin Purba SH, meminta kepada Gubernur Sumatera Utara, Pangdam l/BB dan Kapoldasu, agar segera bertindak tegas untu

  • Minggu, 16 Mei 2021 00:06

    SAPMA IPK minta Polres TanjungBalai razia semua tempat hiburan malam per 2 jam

    Sekretaris Satuan Pemuda Mahasiswa Ikatan Pemuda Karya (SAPMA IPK) Rafiqi Hilmi lagi-lagi menyinggung soal hiburan malam yang telah beroperasi di beberapa daerah di Indonesia, padahal dunia pendidikan diliburkan.

  • Jumat, 07 Mei 2021 16:47

    Pengelola lokasi hiburan Star Play bagi-bagi masker di Kuala, Langkat

    Kurangnya Kesadaran masyarakat untuk memakai masker pada saat Pandemi Covid-19 sekarang ini, membuat beberapa elemen masyarakat, komunitas, maupun para pengusaha menjadi prihatin.

  • Rabu, 21 Apr 2021 19:41

    Ketua Harian DPD KNPI Sumut Dukung langkah Wagubsu

    Langkah yang dilakukan oleh Wagubsu Musa Rajekshah yang melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kesehatan Sumut dinilai sudah tepat.

  • Jumat, 09 Apr 2021 14:29

    Pemkab Deli Serdang Segel Diskotik SG

    Setelah akan didemo oleh Aliansi Aksi Penyelamat Umat dan Generasi Bangsa yang berasal dari 3 Kabupaten Kota (Langkat, Binjai dan Deli Serdang) akhirnya, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan pe

  • Jumat, 09 Apr 2021 14:09

    Rencana Unjuk Rasa Aliansi Aksi Penyelamat Umat dan Generasi Bangsa ke Diskotik di Kutalimbaru, Batal

    Aksi unjukrasa yang rencananya akan digelar pada Jumat (9/4) Siang, tepatnya usai Sholat Jumat, akhirnya dibatalkan.

  • Rabu, 07 Apr 2021 08:27

    Polisi Buru Pengelola Diskotik SG

    Petugas Kepolisian dari Polrestabes Medan, akhirnya memburu pengelola lokasi Tempat Hiburan Malam (THM) Diskotik SG, yang berada di Jalan Sei Petani, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, kar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak