Sabtu, 15 Mei 2021 08:54
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • 'Malam tak beruntung' Di Taput. 5 Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp600 Juta

'Malam tak beruntung' Di Taput. 5 Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp600 Juta

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Minggu, 04 Apr 2021 12:14
Istimewa
Kejadian yang dianggap penomenal ini menjadi pembahasan di tengah masyarakat. Sehingga terdengar sebutan 'Malam tak beruntung'. Itulah yang terdengar dalam perbincangan masyarakat Taput, khususnya di Kecamatan Tarutung dan Kecamatan Siatas Barita 

Karena dalam satu malam yaitu Sabtu malam atau malam Minggu terjadi peristiwa kebakaran di dua tempat di kecamatan yang berdekatan tersebut dan menghanguskan lima unit rumah semi permanen.

Saat dikonfirmasi sejumlah media, Kapolres Taput melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing membenarkan peristiwa tersebut.


Dia menjelaskan kebakaran kejadian tersebut terjadi dalam satu malam, yang mana pertama sekali terjadi di kecamatan Siatas barita. "Sabtu malam (3/4) pukul 22.00 wib, di Jln. Marhusa Panggabean Dusun I Desa Sitompul Kec. Siatas Barita Kab. Taput, dua unit rumah ludes terbakar, yakni milik Daspor Sitompul (80) warga Jl. Marhusa Panggabean Dusun I Lumban Dolok, Desa Sitompul Kecamatan Siatas Barita, dan milik Jappi Sitompul (65), warga yang sama", terangnya kepada UTAMANEWS, Minggu (4/4). 

"Dalam kejadian ini, api berasal dari rumah Daspor Sitompul yang saat itu kosong karena pergi ke rumah anaknya. Lalu merembes ke rumah Jappi Sitompul yang juga berdekatan. Pertama sekali melihat kebakaran ini terjadi yaitu Hot Marudut Sitompul (39) warga yang sama. Dimana saat itu saksi masih berbincang-bincang di rumah kepala desa, dan tiba-tiba saksi melihat api, langsung berteriak minta tolong kepada warga lain sambil membunyikan lonceng gereja pertanda adanya kejadian", jelas Baringbing.




Pemilik rumah Jappi Sitompul pun langsung keluar rumah dan melihat kejadian di samping rumahnya terbakar, lalu membangunkan istri dan anak-anaknya serta bersama-sama dengan warga sekitar turut membantu mengeluarkan barang- barangnya sambil berusaha memadamkan api. 

Sekitar satu jam kemudian, mobil Damkar pun tiba, lalu api bisa dipadamkan. Saat mobil Damkar tiba, kedua rumah sudah sempat ludes terbakar. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Sedang kejadian kedua, terjadi Minggu pagi (4/3) pukul 05.00 wib di Jl. Op. Lalo Lumbantobing, Kelurahan Hutatoruan VII Kecamatan Tarutung, Taput.

Dalam peristiwa tersebut, tiga unit rumah ludes terbakar, yakni milik Hendra Tarihoran (39) warga Jl. Op. Lalo Lumbantobing Kel. Hutatoruan VII Kec. Tarutung, Taput, milik Hari Matondang (53) warga yang sama, dan milik Edi Matondang (45) warga yang sama.


"Api berasal dari rumah Hendra Tarihoran, lalu merembes ke dua rumah yang lain. Dalam peristiwa ini, pemilik rumah sedang tidur dan pertama mengetahui kejadian ini yaitu saksi Rosima Br .Sianturi (56) di saat saksi mau pergi ke gereja untuk ibadah peringatan Bangkitnya Isa Almasih," tutur Baringbing.

Saksi melihat api di atas rumah Hendra Tarihoran, lalu saksi pun menjerit meminta tolong dan pemilik rumah pun terbangun dan keluar menyelamatkan diri, serta tetangga pun berdatangan membantu ketiga keluarga korban. 

Dua jam kemudian api baru bisa dipadamkan setelah mobil Damkar tiba di tempat kejadian.

"Saat ini team Inafis kita sedang melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Dalam kedua peristiwa ini, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil kita perkirakan Rp 600.000.000 (Enam Ratus Juta)", ungkap Humas Polres Taput.
Editor: Robi

T#g:kebakaranTaput
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    Era Normal Baru, Taput Apel Gelar Pasukan OPS KETUPAT TOBA-2021

    Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dilaksanakan di Lapangan Tangsi Jln Melanton Siregar Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput (Tapanuli Utara),

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    KONFERCAB - XI GMKI Tarutung tetapkan Ketua dan Sekretaris Cabang serta keluarkan rekomendasi penting

    Kegiatan Konferensi Cabang resmi dibuka oleh Pengurus Pusat GMKI Kordinator Wilayah I SUMUT-NAD Hendra L Manurung, S.Agr didampingi oleh Pemerintah Kab. Tapanuli Utara yang diwakilkan oleh Kepala Dina

  • Sabtu, 01 Mei 2021 12:21

    Kaum Milenial Indonesia Tanggapi Kasus Daur Ulang Alat Rapid Tes Antigen di Kualanamu

    Kaum Milenial Indonesia (KAMI) angkat bicara dan berikan masukan atas peristiwa Daur Ulang Alat Test Rapid Antigen yang terjadi di Bandara Kualanamu pada Selasa lalu.

  • Kamis, 29 Apr 2021 22:49

    Safari Ramadhan di Polres Taput, Kapoldasu Beri Sembako kepada Anak Yatim

    Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi melakukan Safari Ramadhan di Polres Tapanuli Utara (Taput), Jalan Letjend Soeprapro No. 2, Tarutung.

  • Kamis, 29 Apr 2021 21:49

    Ruang Belajar Sekolah Madrasah Tsanawiyah Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

    Dua ruangan belajar sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Yayasan Pendidikan Sholihin yang beralamat di Gang Madrasah Dusun 2, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, terbakar, pada Kamis (29/4/2021) sekira pukul 07.00 WIB.

  • Minggu, 25 Apr 2021 20:25

    4 Unit Damkar BPBD Kota Binjai, padamkan kebakaran rumah warga di Jati Karya

    Satu unit rumah yang diketahui milik seorang warga bernama Heru (48) warga Jalan Waru, Lingkungan VII Kelurahan Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara, habis dilalap si Jago Merah, Minggu (25/4) Sore, sekira Pukul 17.16 Wib.

  • Jumat, 23 Apr 2021 20:53

    Bangun Sinergitas dengan Pemkab, KAMI Taput Siap Promosikan Destinasi Wisata dan Kuliner

    Menilik pengertian destinasi wisata secara umum adalah tempat/ tujuan kita melakukan perjalanan dimana dapat memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan menambah pengalaman.

  • Rabu, 21 Apr 2021 16:51

    Sosok Saut Simanungkalit SE MM Ikut Pilkada Bupati Tahun 2024 Di Taput

    Dalam permainan Pilkada (pemilihan kepala daerah) Tahun 2024 mendatang di Kabupaten Taput (Tapanuli Utara), Saut Simanungkalit SE MM siap ikut bertarung dalam Pilkada tersebut.

  • Jumat, 16 Apr 2021 21:36

    Rumah Makan Ibu Soe Pematang Siantar, Terbakar

    Rumah makan ibu Soe di Jalan Jawa Kelurahan Bantan, Kota Pematang Siantar terbakar, Jumat, (16/4/2021) sekitar pukul 01:00 wib dini hari.Kapolsek Siantar Barat Iptu Ringgas Lubis SH mengatakan, kejadi

  • Kamis, 15 Apr 2021 22:25

    Printing 46, Jalan Pegagan Sidikalang Hangus Terbakar

    Bangunan rumah toko (Ruko) usaha percetakan Printing 46 di Jalan Pegagan nomor 7, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (15/4/2021), malam sekira jam 19. 30 WIB hangus terbakar. Diduga penyebab

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak