Selasa, 20 Agu 2019 17:50
  • Home
  • Hiburan
  • Pesona Wisata, Even Penutup Tahun 2018 di Tapanuli Tengah

Pesona Wisata, Even Penutup Tahun 2018 di Tapanuli Tengah

Tapteng (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Rabu, 31 Okt 2018 15:31
Damai Mendrofa
Satu objek wisata di kabupaten Tapanuli Tengah
Momentum tutup akhir tahun 2018 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, yang tinggal 2 bulan lagi, disemarakkan dengan sebuah even akbar bertemakan pariwisata dan kesenian.

Kadis Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Rahmad Jambak menyebut, even itu didapuk dengan nama "Pesona Wisata Tapanuli Tengah." Kegiatan ini akan digelar 8 Desember 2018 mendatang, dimana berbagai kreatifitas akan diperlombakan menjelang gelaran akbar tersebut. Total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta rupiah.

"Yang diperlombakan itu video dokumenter, lomba fotografi, lomba design icon, lomba selfie objek wisata, lomba perahu tradisional dan lomba tari kreasi daerah," terang Rahmad dalam keterangan pers di Pandan, Selasa (30/10).

Dijelaskan, untuk pendaftaran lomba video dokumenter dibuka sejak 25 Oktober kemarin, dengan jadwal penyerahan video tanggal 26 November hingga 5 Desember 2018. Peserta lomba diharuskan memilih sebanyak minimal 3 dari 7 objek wisata pilihan di Kabupaten tersebut.

"Yakni Makam Mahligai, Makam Papan Tinggi, Tugu Titik Nol, Pantai Binasi, Pulau Mursala yang terdiri dari Pulau Kalimantung dan Pulau Putri, kemudian objek wisata terumbu karang atau potensi wisata bawah laut di Kabupaten Tapanuli Tengah," urai Rahmad.

Dia menyebut, para peserta dapat menambahkan objek wisata lain atau kreasi lain bernilai seni, budaya dan kearifan lokal, semisal tari sikambang, air terjun Silaklak, air terjun Tujuh Tingkat atau objek wisata dan kesenian lain. Khusus lomba ini, lanjut Rahmad, akan memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp45 juta.


"Selain juara I, II, III dan harapan I, akan ada juga juara favorit, juara ini akan diperoleh dari penilaian jumlah like subscribe di akun youtube para peserta," jelas Rahmad.

Pada lomba Fotografi, akan dibuka sejak 25 Oktober dengan batas pengiriman foto pada tanggal 5 Desember 2018. Batas pengambilan foto terhitung sejak 1 Januari hingga 5 Desember 2018, dan batas pengiriman foto pada tanggal 6 Desember 2018. "Lomba ini memperebutkan posisi 1, 2, 3 dan harapan 1," terang Rahmad.

Selanjutnya untuk lomba design icon, pendaftaran dibuka sejak 28 Oktober hingga 30 November 2018. Pada lomba ini lanjut Rahmad, ikon harus sesuai dengan visi dan misi dinas pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah. "Design harus karya original dan belum pernah diperlombakan," tegas dia.

Pada lomba foto selfie objek wisata, pendaftaran dibuka sejak 28 Oktober hingga 30 november. 

Menurut Rahmad, peserta mengunggah foto selfie ke Instagram dengan menandai akun instagram dinas pariwisata Tapteng yakni: @DisparTapteng.

Sementara di lomba tari kreasi daerah dan lomba perahu tradisional, pendaftaran dibuka sejak 25 Oktober dan ditutup 26 November. Lomba akan berlangsung bersamaan dengan Pesona Wisata Tapteng yang akan digelar 8 Desember mendatang di pantai Bosur, Pandan.

Rahmad menambahkan, untuk detail lomba, formulir pendaftaran dan berbagai ketentuan lain juga dapat dilihat di akun facebook resmi Dinas yang ia gawangi, yakni facebook Pesona Tapteng dan instagram resmi bernama @dispar.tapteng. 

"Bisa juga datang langsung ke kantor Dinas Pariwisata Tapteng di jalan Junjungan Lubis, Kecamatan Pandan, atau menghubungi panitia di nomor telepon 082311546848 atas nama Ahmad atau Mey Sarah dengan nomor telepon 081264461718," terang Rahmad. 


Selain berbagai lomba itu, lanjut dia, di hari H digelarnya Pesona Wisata Tapteng di Pantai Bosur Pandan pada 8 Desember 2018, juga akan berlangsung berbagai kegiatan lain. Diantaranya festival kuliner khas kabupaten berjuluk Negeri Wisata Sejuta Pesona itu.

"Ada juga pameran foto dari hasil jepretan fotografer profesional, penampilan kolaborasi musik tradisional multi etnik, penampilan band-band lokal dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Diperkirakan di hari pelaksanaan nanti ribuan pengujung akan memadati pantai Bosur", papar Rahmad.

Sementara itu Rahmad mengungkapkan, even ini yang terbesar digelar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dia meyakini, efek dari kegiatan ini akan menjadi stimulus bertumbuhnya minta dan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu.

"Ya wisatawan domestik dan wisatawan asing, kita akan terus berbenah menjadi daerah yang kaya dengan destinasi wisata. Ke depan, Tapteng akan menjadi daerah pilihan menarik bagi wisatawan untuk berlibur, memanjakan diri serta menjadi daerah wisata edukasi bernilai sejarah, seni dan budaya," kata Rahmad optimis.

Editor: Dito

T#g:TaptengWisata
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 11 Jul 2019 07:11

    Keramahan Masyarakat dan Keindahan Sulut "Mendunia"

    Lion Air Group menyampaikan informasi bahwa semakin memperkuat komitmen dalam mengakomodir permintaan perjalanan udara kekinian atau millennials traveling dari wisatawan mancanegara dan nusantara sert

  • Selasa, 25 Jun 2019 18:35

    Komandan Kodim 0824/Jember Ajak Anggota Naik Ke Puncak Ijen

    Selesai kegiatan ramah tamah dan bermalam di Arabica Home Stay Kalisat Jampit Bondowoso, sejak Sabtu (22/06/2019) pukul 19.00 Wib kemarin, pada Minggu (23/06/2019) pukul 07.00 Wib meninggalkan pengina

  • Minggu, 21 Apr 2019 16:21

    Lion Air Group Tawarkan Travelers dengan Pilihan Penerbangan Terbaik Tujuan "Sang Bumi Ruwa Jurai"

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group berpartisipasi dalam perhelatan Lampung Fair 2019 yang mengusung tema "Kila

  • Rabu, 03 Apr 2019 10:03

    Thai Lion Air Hadirkan Diskon 10% Semua Tujuan

    Thai Lion Air mengumumkan kepada pebisnis dan wisatawan dengan penawaran khusus "Songkran on Sale !!"

  • Selasa, 02 Apr 2019 16:02

    Malindo Air Terbang dari Kuala Lumpur ke Adelaide Melalui Denpasar, Bali

    Adelaide merupakan ibukota yang berlokasi strategis di Australia Selatan. Kota ini menyuguhkan pengalaman memukau dengan dipadukan budaya, cita rasa, acara (atraksi) dan hiburan.Wisatawan akan memanja

  • Rabu, 27 Mar 2019 14:17

    Lion Air Terbang Langsung dari Samarinda ke Yogyakarta

    Di tengah tren traveling era sekarang, Samarinda memposisikan sebagai  gerbang baru menuju Kalimantan Timur. Secara geografis wilayah yang dibelah oleh Sungai Mahakam tersebut telah dikenal sebag

  • Rabu, 20 Mar 2019 00:20

    Lion Air Group Permudah Akses Wisatawan dan Pebisnis ke Koridor Destinasi Jawa Barat

    Lion Air Group berpartisipasi dan turut menyemarakkan program Hari Konsumen Nasional 2019 (Harkonas) yang terselenggara atas kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasio

  • Kamis, 28 Feb 2019 22:28

    Menggugah Minat "Trend Traveling" Era Milenial, Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo bertajuk #liburanmakinmudah pada beberapa rute penerbangan domestik efektif per 1 Maret 2019.Corporate Commun

  • Selasa, 26 Feb 2019 13:36

    Menuju Sejahtera 2020, Dispora Labuhanbatu Gelar Pemilihan Duta Wisata

    Untuk meningkatkan tumbuh kembang wisata Labuhanbatu menuju sejahtera 2020 dan semakin hebat lebih bermartabat, Dinas Pemuda dan Olahraga Labuhanbatu melakukan pemilihan Duta Wisata untuk Labuhanbatu,

  • Kamis, 10 Jan 2019 12:50

    Wings Air Terbang Perdana Jogja Menuju Majalengka

    Sudah ke Jogjakarta? Dikenal sebagai pendidikan, budaya dan pusat seni, Yogyakarta yang mudah diucapkan 'Jogja' merupakan destinasi istimewa. Berbagai objek wisata mudah dijumpai di kota ini

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak