Sabtu, 17 Nov 2018 08:18
  • Home
  • Hiburan
  • Pesona Wisata, Even Penutup Tahun 2018 di Tapanuli Tengah

Pesona Wisata, Even Penutup Tahun 2018 di Tapanuli Tengah

Tapteng (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Rabu, 31 Okt 2018 15:31
Damai Mendrofa
Satu objek wisata di kabupaten Tapanuli Tengah
Momentum tutup akhir tahun 2018 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, yang tinggal 2 bulan lagi, disemarakkan dengan sebuah even akbar bertemakan pariwisata dan kesenian.

Kadis Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Rahmad Jambak menyebut, even itu didapuk dengan nama "Pesona Wisata Tapanuli Tengah." Kegiatan ini akan digelar 8 Desember 2018 mendatang, dimana berbagai kreatifitas akan diperlombakan menjelang gelaran akbar tersebut. Total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta rupiah.

"Yang diperlombakan itu video dokumenter, lomba fotografi, lomba design icon, lomba selfie objek wisata, lomba perahu tradisional dan lomba tari kreasi daerah," terang Rahmad dalam keterangan pers di Pandan, Selasa (30/10).

Dijelaskan, untuk pendaftaran lomba video dokumenter dibuka sejak 25 Oktober kemarin, dengan jadwal penyerahan video tanggal 26 November hingga 5 Desember 2018. Peserta lomba diharuskan memilih sebanyak minimal 3 dari 7 objek wisata pilihan di Kabupaten tersebut.

"Yakni Makam Mahligai, Makam Papan Tinggi, Tugu Titik Nol, Pantai Binasi, Pulau Mursala yang terdiri dari Pulau Kalimantung dan Pulau Putri, kemudian objek wisata terumbu karang atau potensi wisata bawah laut di Kabupaten Tapanuli Tengah," urai Rahmad.

Dia menyebut, para peserta dapat menambahkan objek wisata lain atau kreasi lain bernilai seni, budaya dan kearifan lokal, semisal tari sikambang, air terjun Silaklak, air terjun Tujuh Tingkat atau objek wisata dan kesenian lain. Khusus lomba ini, lanjut Rahmad, akan memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp45 juta.


"Selain juara I, II, III dan harapan I, akan ada juga juara favorit, juara ini akan diperoleh dari penilaian jumlah like subscribe di akun youtube para peserta," jelas Rahmad.

Pada lomba Fotografi, akan dibuka sejak 25 Oktober dengan batas pengiriman foto pada tanggal 5 Desember 2018. Batas pengambilan foto terhitung sejak 1 Januari hingga 5 Desember 2018, dan batas pengiriman foto pada tanggal 6 Desember 2018. "Lomba ini memperebutkan posisi 1, 2, 3 dan harapan 1," terang Rahmad.

Selanjutnya untuk lomba design icon, pendaftaran dibuka sejak 28 Oktober hingga 30 November 2018. Pada lomba ini lanjut Rahmad, ikon harus sesuai dengan visi dan misi dinas pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah. "Design harus karya original dan belum pernah diperlombakan," tegas dia.

Pada lomba foto selfie objek wisata, pendaftaran dibuka sejak 28 Oktober hingga 30 november. 

Menurut Rahmad, peserta mengunggah foto selfie ke Instagram dengan menandai akun instagram dinas pariwisata Tapteng yakni: @DisparTapteng.

Sementara di lomba tari kreasi daerah dan lomba perahu tradisional, pendaftaran dibuka sejak 25 Oktober dan ditutup 26 November. Lomba akan berlangsung bersamaan dengan Pesona Wisata Tapteng yang akan digelar 8 Desember mendatang di pantai Bosur, Pandan.

Rahmad menambahkan, untuk detail lomba, formulir pendaftaran dan berbagai ketentuan lain juga dapat dilihat di akun facebook resmi Dinas yang ia gawangi, yakni facebook Pesona Tapteng dan instagram resmi bernama @dispar.tapteng. 

"Bisa juga datang langsung ke kantor Dinas Pariwisata Tapteng di jalan Junjungan Lubis, Kecamatan Pandan, atau menghubungi panitia di nomor telepon 082311546848 atas nama Ahmad atau Mey Sarah dengan nomor telepon 081264461718," terang Rahmad. 


Selain berbagai lomba itu, lanjut dia, di hari H digelarnya Pesona Wisata Tapteng di Pantai Bosur Pandan pada 8 Desember 2018, juga akan berlangsung berbagai kegiatan lain. Diantaranya festival kuliner khas kabupaten berjuluk Negeri Wisata Sejuta Pesona itu.

"Ada juga pameran foto dari hasil jepretan fotografer profesional, penampilan kolaborasi musik tradisional multi etnik, penampilan band-band lokal dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Diperkirakan di hari pelaksanaan nanti ribuan pengujung akan memadati pantai Bosur", papar Rahmad.

Sementara itu Rahmad mengungkapkan, even ini yang terbesar digelar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dia meyakini, efek dari kegiatan ini akan menjadi stimulus bertumbuhnya minta dan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu.

"Ya wisatawan domestik dan wisatawan asing, kita akan terus berbenah menjadi daerah yang kaya dengan destinasi wisata. Ke depan, Tapteng akan menjadi daerah pilihan menarik bagi wisatawan untuk berlibur, memanjakan diri serta menjadi daerah wisata edukasi bernilai sejarah, seni dan budaya," kata Rahmad optimis.

Editor: Dito

T#g:TaptengWisata
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 11 Nov 2018 14:01

    Tahun 2018 PTPN III Berangkatkan Enam Karyawan Ziarah Rohani Ke Jerusalem

    PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali memberangkatkan enam karyawan yang beragama Kristiani untuk menunaikan ibadah wisata rohani ke Jerusalem.Program tahunan ini sebagai bentuk apresiasi kep

  • Senin, 05 Nov 2018 07:05

    Panglima TNI: Even TNI Marathon Internasional 2018 ini sebagai wujud semangat dan kebanggaan

    Even TNI Marathon Internasional 2018  ini menjadi momentum kebangkitan masyarakat Indonesia khususnya  Lombok yang sedang dilanda musibah beberapa bulan lalu, dan semoga  kejuaraan lari

  • Sabtu, 03 Nov 2018 12:03

    TNI International Marathon 2018 di Kuta Mandalika Diikuti Atlet Mancanegara

    TNI Mandalika International Marathon 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 November 2018 dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-73, direncanakan diikuti kurang lebih 10.000

  • Senin, 29 Okt 2018 14:19

    Sambut Kajati Baru, HIMMAH Sumut Minta Tangkap Sukran Jamilan Tanjung

    Sejumlah Massa Pimpinan Wilayah Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Sumatera Utara berunjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Senin (29/10/2018).Sukri Sitorus selaku kordinato

  • Minggu, 21 Okt 2018 18:21

    Ketua LSM Pelopor Labuhanbatu Apresiasi CSR Bank Sumut

    Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat H. Sujendi telah menyerahkan bantuan dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang langsung diterima oleh Plt. Bup

  • Minggu, 14 Okt 2018 09:14

    AM IMF-WB Bali 2018 Sukses, Menko Luhut: Indonesia Naikkan Standar Baru Dunia

    Sebagai tuan rumah, Indonesia dinilai sukses menyelenggarakan Annual Meeting IMF-WB 2018. Kesuksesan Indonesia ini meningkatkan ekpektasi internasional terhadap kemampuan negara tuan rumah dalam menye

  • Jumat, 12 Okt 2018 09:12

    Prajurit TNI Bersihkan Puing-Puing di Sepanjang Jalan Protokol Kota Palu

    Bencana alam gempa bumi dan tsunami berkekuatan 7,4 Skala Richter yang menerjang Provinsi Sulawesi Tengah beberapa hari lalu, telah mengakibatkan porak-paranda bangunan gedung dan rumah warga serta se

  • Rabu, 10 Okt 2018 19:10

    Deklarasi Sakenan, Menko Luhut Bahas Sampah hingga Destinasi Wisata Terbaik

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan bersama-sama  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan masyarakat adat mengumandangkan Deklarasi Sakenan di Pura Sakenan, Bali, Selasa (9/

  • Rabu, 10 Okt 2018 03:10

    Berjuta Manfaat Pertemuan Annual Meeting IMF-World Bank 2018 untuk Indonesia

    IMF-WB Annual Meetings (AM) adalah pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur IMF dan World Bank.

  • Minggu, 30 Sep 2018 09:30

    Launching Pilot Project "Homestay & Tour Guide" di Humbahas

    Sejumlah Menteri Kabinet Kerja menghadiri Launching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan sektor Pariwisata (Homestay dan Tour Guide), di bukit Gunung Beranak, Desa Tipang, Kec Baktiraja, Kab Humba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak