Sabtu, 17 Apr 2021 11:53
  • Home
  • Hiburan
  • 8 Prinsip Orang Korea Selatan yang Perlu Kamu Tiru!

8 Prinsip Orang Korea Selatan yang Perlu Kamu Tiru!

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Senin, 21 Des 2020 05:21
Liputan6.com
Korea Selatan kini mulai menampakkan tajinya. Negara di Asia Timur ini sekarang mulai dikenal di mata dunia. Mulai dari k-pop, fashion, film, hingga kulinernya mencuri perhatian. Bahkan, banyak dari kita yang tersihir dan mulai tergila-gila dengan budaya negeri Ginseng.

Korea Selatan sempat menjadi jajahan Jepang selama 35 tahun dan pada akhirnya merdeka pada 15 Agustus 1945, hanya selang 2 hari dari kemerdekaan negara kita, Indonesia. Lalu, apa sih rahasia Korea Selatan bisa semaju ini? 

Berikut 8 prinsip orang Korea Selatan yang mungkin bisa kita tiru.

1. Warga dan pemerintah saling sadar dan tahu apa kewajibannya

Warga dan pemerintah termasuk kompak. Mengapa? Pasalnya, mereka menyadari hak dan tanggungjawab masing-masing. Pemerintah memberikan hak rakyat, seperti fasilitas yang memadai di banyak sektor (pendidikan, kesehatan, hiburan).

Bahkan masyarakat bersifat transparan dan menghindari korupsi. Hal ini diimbangi masyarakat yang selalu mensyukuri, merawat, menjaga, serta melestarikan apa yang diberikan pemerintahnya.

2. Orang Korea Selatan juga dididik untuk taat aturan

Taat aturan adalah salah satu kunci suatu negara bisa maju pesat. Hal ini jugalah yang diaplikasikan oleh masyarakat negeri Ginseng. Orang Korea sangat kooperatif dan taat kepada aturan yang berlaku. 

Hal paling kecil bisa dilihat bagaimana rakyat Korea Selatan selalu menyeberang di zebra cross. Mereka memiliki kesadaran tinggi untuk menaati aturan tanpa perlu diperingatkan.


3. Sebagian besar orang Korea Selatan itu jujur

Jujur juga salah satu nilai yang dimiliki oleh semua orang Korea Selatan. Kejujuran yang dimiliki mereka membuat negara ini relatif aman bagi masyarakatnya dan bagi wisatawan. Contoh kecilnya saja tas dan dompet seorang wisatawan tetap aman meski ditinggal pergi ke toilet. 

Bahkan, mobil yang ditinggal dengan keadaan mesin menyala dan kaca terbuka juga tetap aman dan tidak ada barang yang hilang dicuri. Kejujuran yang dimiliki setiap individunya inilah yang membuat tingkat kriminalitas di Korea Selatan tergolong rendah. Sehingga banyak wisatawan yang datang dan membuat perekonomian meningkat.

4. Warga Korea Selatan itu pekerja keras

Warga Korea Selatan juga tipikal orang yang pekerja keras. Sumber daya alam yang terbatas membuat masyarakat negeri Ginseng tekun dan pantang menyerah.

5. Banyak orang Korea Selatan yang disiplin dan tertib

Masyarakat Korea Selatan tergolong orang yang disiplin dan tertib. Mereka terbiasa tertib dan membudayakan antri. Bahkan, di transportasi umum seperti kereta dan bis mereka bakal mendahulukan penumpang yang duduk di kursi prioritas (wanita hamil, orang tua, dan kaum difabel). Bahkan, kursi prioritas juga akan dikosongkan apabila tak ada yang menempati.


6. Budaya tolong menolong selalu diutamakan oleh warga negara Korea Selatan

Selain ramah, dan terbiasa mengucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih', masyarakat Korea juga mengutamakan untuk selalu menolong sesama. Bahkan, mereka tak segan untuk menolong dan mengantar wisatawan yang menanyakan arah.

7. Mencintai lingkungan juga jadi prinsip Korea Selatan

Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat memang sangat memadai. Seperti toilet gratis di setiap tempat, taman, tempat wisata (kebanyakan tanpa dipungut biaya), pesta rakyat. Namun hal ini juga diimbangi dengan kesadaran warga Korea untuk menjaga apa yang sudah diberikan oleh pemerintahnya.

Mereka ikut menjaga kenyamanan fasilitas dengan tidak melakukan vandalisme, ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat maupun di sungai. Bahkan, sungai di Korea Selatan sangat bening dan kamu bisa melihat ikan berenang di dalamnya.

8. Mereka mencintai produk sendiri

Ini adalah poin penting yang harus dimiliki setiap masyarakat yang ingin maju negaranya. Masyarakat Korea sangat mengutamakan produk lokal. Dari mulai produk makanan, kain, barang elektronik hingga mobil. Mereka lebih memilih produk Korea daripada produk luar seperti Amerika.

Contoh kecilnya, ketika kamu jalan-jalan ke Korea kamu akan melihat hampir semua masyarakatnya menggunakan gadget bermerk Samsung, dan juga mengendarai mobil buatan Korea seperti KIA, Daewoo, dan juga Hyundai. Sangat berbeda dengan masyarakat Indonesia yang justru merasa bangga dan mengagung-agungkan brand luar negeri.

Sudah tahu kan kenapa Korea Selatan bisa maju pesat seperti sekarang? Sudah siap menirunya?
Editor: Yaya

Sumber: Idntimes.com

T#g:Lifestyle
Berita Terkait
  • Kamis, 23 Apr 2020 15:23

    Kamar Tidur Kecil? Ikuti Tips Ini agar Kamar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

    Desain dan dekorasi interior tidak tergantung pada ukuran. Soal besar atau kecilnya ukuran sebuah ruang, ini sangat bergantung kepada pilihan furniture yang digunakan. Ingat, tidak ada ruang yang keke

  • Senin, 30 Mar 2020 21:30

    Kamu Introvert? Berarti Kamu Memiliki 5 Sifat Unik Ini

    Seorang introvert, atau si penyendiri, terkenal dengan sifat pendiam dan tidak suka keramaian. Mungkin banyak asumsi yang beredar bahwa si penyendiri ini terlihat membosankan dan hidupnya penuh dengan

  • Senin, 25 Nov 2013 07:26

    Diet OCD Berbahaya? Ini Penjelasannya

    Gencarnya media memberitakan bahkan turut mempromisikan program diet yang dicanangkan oleh Deddy Corbuzier yang diberi nama Obsessive Corbuzier Diet (OCD) membuat masyarakat bertanya-tanya, apakah die

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak