Rabu, 23 Sep 2020 09:13
  • Home
  • Hiburan
  • 6 Hal yang Bikin Orang Ilfeel Sama Kamu. Stop Lakukan Ini, Ya!

6 Hal yang Bikin Orang Ilfeel Sama Kamu. Stop Lakukan Ini, Ya!

Oleh: Tessa
Kamis, 16 Jan 2020 15:16
www.bicaraperempuan.com
Meski sudah berusaha sekeras tenaga buat menyenangkan semua orang, kita tetap nggak akan bisa lepas dari komentar orang. Ya maklum sih, kita kan makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri. Setiap perbuatan kita bakal ada aja celahnya untuk dikomentari. Terutama orang-orang terdekat yang tahu kamu secara personal. Kamu nggak mau dong nilaimu jadi buruk di mata mereka?

Karena itu kamu harus berhati-hati sama tindakanmu. Nggak boleh asal ya, apalagi yang sampai bikin orang lain kecewa atau merasa nggak nyaman. Nah kalau nggak mau nilaimu turun di mata orang-orang, stop lakuin hal-hal di bawah ini ya. 

1. Gampang ngegas dan emosian pas dikasih tahu sesuatu. Padahal ada hal baik yang coba mereka sampaikan sama kamu

Sebagai manusia kita nggak terlepas dari yang namanya salah dan keliru. Entah dalam hal pekerjaan, menjalin hubungan pertemanan, atau hal-hal lain dalam kehidupan. Nah karena nggak bisa lepas dari salah dan keliru, saling mengingatkan dibutuhkan banget biar ke depannya kesalahan yang sama nggak lagi dilakukan. Sayangnya, ada juga orang yang malah ngegas tiap dikasi tahu sesuatu yang sebenarnya penting untuk perbaikan diri. Padahal kan ada kalanya kita sebagai manusia memang melakukan kesalahan dan coba diluruskan sama teman-teman dan lingkungan sekitar. Tapi karena gengsi atau memang prinsip yang ogah diingatkan, respons yang diberikan justru, "Nggak usah sok ngasih tahu!"

2. Giliran ngomentari sesuatu di media sosial, pedesnya nggak ketulungan

Saat teman-teman atau orang lain coba kasih tahu atau mengomentari sesuatu, kita langsung ngegas dan jadi emosian. Nah giliran kita melakukan hal yang sama pada orang lain, kata-kata yang keluar justru pedas dan kadang nggak enak didengarkan. Seringnya sih kita berkomentar pedas di media sosial, dengan dalih "hanya mengingatkan". Namun kalau maunya hanya mengomentari tanpa mau dengerin masukan, ya gimana orang lain nggak memandangmu sebelah mata? Mending tempatkan diri ke posisi orang lain dulu. Kalau sekiranya nggak suka dikomentari, ya jangan ngomentarin orang. 

3. Nyepelein ketepatan waktu pas janjian. Sampai kamu dapet "tukang telat" sebagai julukan

Dari zaman sekolah sampai sekarang udah menghasilkan rupiah, ada satu julukan yang selalu orang lain berikan: tukang telat! Ya gimana nggak disebut tukang telat, kalau yang aslinya masih rebahan tapi ngakunya udah di jalan?! Udah gitu sering banget bikin orang lain, bahkan temen kerja sendiri nunggu berjam-jam.

"Macet dan salah jalan." Dua hal inilah yang sering banget jadi alasan dan menyepelekan ketepatan waktu pas janjian sama orang. Padahal zaman sekarang, banyak banget kemudahan yang teknologi berikan. 

4. Jarang bilang "terima kasih" atas bantuan yang orang lain berikan

Yang namanya masalah itu pasti akan ada aja dalam kehidupan. Nah kalau masalah ini udah datang dan kita udah angkat tangan, ya mau nggak mau harus minta bantuan orang. Namun setelah orang lain tersebut bantuin kamu sesuatu, ada satu hal yang seringnya dilupakan; bilang terima kasih. Tanpa disadari, ini nih yang bikin orang lain malas sama kita. Giliran minta bantuan aja sampai memohon-mohon, pas udah dibantuin bilang terima kasih pun kelupaan. Padahal kan bilang terima kasih itu nggak butuh banyak effort dan tenaga. Udah gitu "terima kasih" juga membuat orang lain merasa dihargai. 

5. Hobi banget nyelonong curi pandang isi chat orang tanpa permisi, manner-nya dijaga ya

Kalau sampai hal yang satu ini sering dilakukan, orang-orang sekitar pasti udah malas mau deket-deket lagi. Ya gimana, isi chat kan hal yang personal. Bisa jadi di chat itu orang sekitar sedang ngobrolin hal pribadi yang nggak etis diketahui orang lain, eh malah asal nyelonong aja curi pandang sama isi chatnya. 

6. Bergunjing memang menggoda, tapi bisa jadi ini yang bikin orang ogah deket-deket

Godaan ghibah memang susah banget buat ditolak, tapi bukan berarti harus selalu dituruti ya. Kebiasaan ghibahin orang ini suatu saat bisa jadi bumerang yang menyerang diri sendiri. Siapapun yang hobi ghibahin orang harus siap suatu saat dia dighibahin juga. Belum lagi konsekuensi sosial di mana orang lain mulai ogah dekat-dekat karena takut jadi bahan ghibah. Bayangin deh kalau pas kita mendekat, terus tongkrongan bubar perlahan karena males ada kita datang. Nyesek nggak, sih?

Semoga keenam hal ini udah nggak kamu lakukan lagi. Atau paling nggak, coba kurang-kurangi deh. Biar hidupmu ke depan lebih nyaman dan yang jelas nggak bikin orang lain melengos padamu waktu papasan. 

Editor: Yaya

Sumber: hipwee.com

T#g:Kepribadian
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 01 Sep 2020 23:01

    Tingkatkan Kapasitas Pengembangan Diri DWP Sumut Gelar Workshop Virtual

    Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, bukan berarti produktivitas menjadi terhalang. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meningkatkan pengembangan diri para anggotanya,

  • Selasa, 02 Jun 2020 02:02

    Kebiasaan Baru Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Penularan Covid-19

    Virus Covid-19 memang bisa tersebar ketika ada orang yang kontak dengan orang lain yang ternyata terkena Corona. Kabar baiknya, ternyata yang mudah tertular adalah tidak semua orang, tapi mereka yang

  • Minggu, 17 Mei 2020 15:17

    5 Fakta Psikologi yang Jarang Diketahui Orang Banyak!

    Biasa kita kenal dengan sebutan psikologi, yang merupakan sebuah bidang ilmu dalam mempelajari mengenai sikap, perilaku, pikiran, dan juga mental manusia. Psikologi lebih mengarah pada apa penyebab da

  • Jumat, 15 Mei 2020 23:15

    10 Ciri- ciri Orang yang Menerapkan Pola Pikir Positif

    Proses untuk menjadi seorang yang senantiasa berpikir positif tentu tidaklah mudah. Karena sebelumnya pasti mereka pernah mengalami fase quarter life crisis dalam hidupnya. Namun seseorang yang mau be

  • Rabu, 29 Apr 2020 15:29

    7 Sifat Manusia Ini Sebenarnya Termasuk Penyakit Mental

    Menurut buku Cognitive Therapy of Personalitiy karya psikoterapis Amerika, Aaron T. Beck dan Arthur Freeman, mereka menjelaskan beberapa karakter manusia yang berhubungan dengan masalah mental.Karakte

  • Kamis, 16 Apr 2020 15:16

    Apa Bunga Kesukaanmu? Cari Tahu Kepribadian Kamu Berdasarkan Bunga Favorit!

    Walaupun tidak terhitung jumlah bunga yang ada di dunia ini, masing-masing memiliki warna, bentuk, dan wangi yang unik. Maka dari itu, karakteristik bunga favorit bisa mencerminkan dirimu. MawarT

  • Senin, 13 Apr 2020 19:13

    Nggak Selalu Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Introvert dan Pemalu

    Gak sedikit orang beranggapan bahwa seorang introvert itu pemalu dan antisosial. Padahal, sebenarnya kedua sifat ini berbeda lho.Bukan sekadar opini, sifat-sifat ini sudah dikaji oleh para peneliti. D

  • Jumat, 10 Apr 2020 18:10

    Kenali 5 Ciri "Toxic People" yang Dapat Merusak Persahabatanmu

    Apasih Toxic People itu? Toxic people alias orang-orang yang "beracun" adalah jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Kira-kira, apa saja ciri

  • Sabtu, 04 Apr 2020 18:04

    Kamu Sedang Marah? Lakukan 7 Hal Ini agar Kamu Tenang!

    Saat marah, semua orang cenderung melakukan apapun semaunya sendiri dan tidak memikirkan dampak yang terjadi dalam tindakan marahnya. Biasanya, orang yang sulit dalam mengendalikan kemarahan akan suli

  • Kamis, 02 Apr 2020 15:02

    Ternyata Ini Penyebab Teman Kita Semakin Sedikit di Usia 20-an

    Kamu dan sahabatmu sudah lama tak bertmu. Sekalinya bertemu dalam acara reuni, entah kenapa kalian justru canggung-canggungan. Percakapan kalian pun ternyata cuma basa-basi belaka. "Apa kabar"-lah, "S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak