Sabtu, 17 Apr 2021 12:35
  • Home
  • Ekonomi
  • Sabrina Harapkan KASUAN Semakin Dikenal dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Buka RAT KASUAN Sumut,

Sabrina Harapkan KASUAN Semakin Dikenal dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Sabtu, 20 Feb 2021 01:20
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut/ Imam Syahputra
Sekdaprov Sumut R Sabrina yang juga Pembina Koperasi Serba Usaha Abdi Negara (KSUAN) Provinsi Sumut membuka Rapat Anggota Tahunan XX Tahun 2021 di Medan Club, Jalan RA Kartini Medan, Jumat (19/2/2021).
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) XX Koperasi Serba Usaha Abdi Negara (KSUAN) Provinsi Sumut, di Medan Club, Jalan RA Kartini, Medan, Jumat (19/2). Diharapkan koperasi ini dapat dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Sabrina mengatakan, koperasi yang merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi wajib melakukan RAT untuk memberikan pertanggungjawaban kepada anggota atas opersional dan rencana kerja tahun berikutnya, termasuk laporan tahunan. RAT ini tidak saja sebagai pertanggungjawaban dari pengurus kepada anggota, tetapi sebaliknya anggota memberikan masukan yang diperlukan untuk kemajuan usaha.

Selaku Dewan Pembina, Sabrina juga berpesan kepada peserta rapat, untuk melakukan diskusi terkait rencana pengembangan KSUAN ke depan, sehingga koperasi ini bisa dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat. "Kita dorong keberadaan koperasi agar dikenal luas, tidak hanya di kalangan ASN saja, tetapi memberi manfaat bagi masyarakat luas dengan terobosan-terobosan terbaik," ujarnya.


Kemajuan suatu koperasi, menurutnya, ditentukan oleh kerja sama yang baik antara pengurus dan anggota, sehingga pengurus harus mewujudkan kinerja yang baik dan jujur. Demikian juga anggota melakukan hak dan kewajibannya dengan baik dan jujur untuk mengembangkan koperasi.

Untuk menghindari adanya kredit macet, Sabrina menyampaikan hal-hal yang perlu mendapat perhatian khusus, yakni pengurus dan anggota harus memiliki komitmen secara jujur dan melaksanakan hak serta kewajiban dengan berpedoman Surat Ketua Dewan Pengurus Korpri Provsu No. 157/SET/KORPRI/III/2013 tanggal 6 Maret 2013. Juga Surat Sekretaris Daerah Provsu No. 900/121/2015 tanggal 6 Januari 2015 yang mengingatkan tanggung jawab ASN, sehingga hal -hal yang merugikan KSUAN Provsu dapat dihindari.

Sabrina juga berharap, KSUAN dapat berkembang tidak saja menggeluti bidang perkreditan, tetapi juga berkembang di bidang lainnya, seperti unit perumahan dan jasa, sehingga potensi kemajuan koperasi akan cepat terwujud.

Ketua KSUAN Sumut Djawakin Sihotang mengatakan, bantuan Korpri selaku pendiri sangat diharapkan demi terwujudnya tujuan utama KSUAN sesuai Musda yang dihadiri pengurus  KSUAN se- Sumut terutama dari sisi keuangan. "Salah satunya, hadirnya koperasi ini untuk membantu para ASN dalam mendapatkan pinjaman dengan tingkat suku bunga yang relatif rendah," sebutnya.


Dijelaskannya, awal pendirian KSUAN untuk mengatasi para ASN meminjam dana kepada rentenir yang tingkat suku bunganya cukup tinggi, sehingga pengurus saat itu berkumpul dan melakukan musyawarah untuk membentuk koperasi ini guna mengurangi jumlah ASN yang mengajukan pinjaman ke rentenir dan hasilnya cukup berpengaruh.

"Melalui RAT ini, kami juga berharap mendapat masukan dari para pengurus koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, terkhusus ASN yang tergabung dalam Korpri," katanya.

Dewas Pengawas KSUAN Muhammad Yusuf  mengatakan, hasil auditor independen laporan keuangan KSUAN mendapat nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sehingga koperasi ini termasuk dalam kategori koperasi sehat.

"Untuk itu selaku pengawas mengharapkan RAT ini mendapatkan masukan dari anggota untuk kemajuan koperasi ini, yang bisa terus berkembang tidak saja pada sisi pendanaan tetapi pada bidang lainnya," harapnya.

Ketua Panitia RAT Arsyad Lubis diwakili Sekretaris UP Hutajulu mengatakan, pelaksanaan RAT ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan untuk mendapatkan laporan pertanggung jawaban pengurus,  serta menetapkan program kerja tahun berjalan. Karena itu, masukan dan saran dari pengurus sangat diharapkan demi pengembangan dan kemajuan KSUAN Provsu ke depannya.
Editor: Herda

T#g:ASNKoperasi
Berita Terkait
  • Rabu, 10 Mar 2021 08:10

    Pangkogabwilhan I Resmikan Koperasi Tri Dharma Yuda Sakti Kogabwilhan I

    Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M meresmikan berdirinya Koperasi Kogabwilhan I di Makogabwilhan I Jalan M.T. Haryono km 3,5 Tanjung Pinang, Kepri, Selasa (9/3/2021).Sejak

  • Senin, 08 Mar 2021 15:18

    BKD Kota Tebing Tinggi Serahkan 250 SK Kenaikan Pangkat PNS

    Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tebingtinggi menyerahkan 250 SK Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko setempat, Senin (8/3/2021), di Aula BKD Jalan Gunung Louser Tebingtinggi.Kepala BK

  • Senin, 08 Mar 2021 07:08

    Instansi Pembina Jabatan Fungsional Wajib Lakukan Penyesuaian Substansi

    Dalam upaya menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional serta peningkatan efektivitas dan efisiensi kinerja pelayanan kepada publik, pemerintah melakukan pengalihan jabatan struktural ke jabatan fungsional.

  • Sabtu, 06 Mar 2021 05:06

    Pendaftaran dan Seleksi ASN 2021, Satu Portal Terintegrasi. Begini Penjelasannya

    Pemerintah berencana melakukan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021 yang akan diselenggarakan secara paralel, meliputi seleksi Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (

  • Selasa, 02 Mar 2021 09:02

    Penerimaan 1,3 Juta ASN Dimulai Bulan Ini

    Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan jumlah formasi aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 2021 sebanyak 1,3 juta orang. Hal tersebut d

  • Rabu, 24 Feb 2021 17:24

    Primer Koperasi D-04 Kodim 0724/Boyolali Gelar RAT Tutup Buku Tahun 2020

    Primer Koperasi D-04 Kodim 0724/Boyolali menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2020, Rabu (24/02). Kegiatan dilaksanakan di Aula Makodim 0724/Boyolali Jl. Pandanaran, Tegalmulyo, Mojo

  • Jumat, 19 Feb 2021 10:49

    BKN Terbitkan Edaran Penyusunan Sasaran Kerja Pejabat Fungsional Koordinator dan Subkoordinator

    Pascarealisasi kebijakan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan Administrator dan Pengawas ke dalam jabatan fungsional, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan Surat Edaran Nomor 3/SE

  • Minggu, 31 Jan 2021 13:01

    Danrem 174 Merauke Pimpin RAT dan Tutup Buku Primkop Kartika Anim Ti Waninggap

    Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memimpin Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Tutup Buku Tahun 2020 Primer Koperasi (Primkop) Kartika Anim Ti Waninggap, bertempat di Ruang Rekreasi Makorem

  • Kamis, 28 Jan 2021 19:08

    Menteri PAN RB & Kepala BKN Keluarkan SE Bersama Larang ASN Terlibat Organisasi Terlarang

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana berkomitmen untuk melakukan langkah tegas guna mencega

  • Sabtu, 16 Jan 2021 07:16

    Diduga Gelapkan Uang Negara, Oknum ASN BNN Sumut Ditahan Polisi

    Seorang oknum ASN bertugas di BNNP Sumut bernama Syarifa (43) warga Jalan Lapangan Dusun VI Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang/ Asrama Widuri Barak Cemara No 214 Jalan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak