Senin, 06 Jul 2020 15:36
  • Home
  • Ekonomi
  • Produksi Padi Gogo Petani di Sosa 2,5 Ton/Ha

Produksi Padi Gogo Petani di Sosa 2,5 Ton/Ha

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Senin, 12 Feb 2018 17:52
Maulana Syafii
Tim PPL dari Kantor UPTD Pertanian Kecamatan Sosa saat melakukan ubinisasi di lahan pertanian padi gogo.

Hasil produksi pertanaman padi gogo atau padi darat sejumlah petani yang tersebar di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), pada musim panen periode Februari 2018 tercatat maksimal sebanyak 2,5 ton/hektare.

Hal ini terungkap, saat tim petugas penyuluh lapangan (PPL) dari Kantor UPTD Pertanian Kecamatan Sosa melakukan hasil ubinisasi di beberapa lokasi pertanaman padi gogo di daerah ini. 

"Ada 8 lokasi pertanaman padi gogo di Kecamatan Sosa yang kami lakukan ubinisasi untuk melihat hasil produksinya," ujar Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Sosa, Nur Solatiah didampingi sejumlah PPL, Senin (12/2/2018).

"Dari hasil ubinisasi yang kami lakukan tersebut, kami dapatkan hasil produksi pertanaman padi gogo petani di sini sebanyak 2,5 ton perhektare," lanjutnya. 

Menurutnya, belum maksimalnya hasil produksi pertanaman padi gogo yabg dikelola secara swadaya oleh petani di daerah ini, lebih dipengaruhi faktor, petani masih menggunakan benih padi gogo lokal dan secara swadaya. 

Selain itu, tambahnya, minimnya pemupukan dan perlakuan terhadap pertanaman padi gogo. 



"Juga faktor cuaca, atau minimnya curah hujan yang turun selama pertanaman padi gogo dilakukan petani," ujarnya. 

Untuk memperbaiki sistem pertanian padi gogo di daerah ini, katanya, pihak UPTD Pertanian Kecamatan Sosa akan menyampaikan laporan hasil ubinan ini kepada Dinas Pertanian Palas, agar pada musim tanam padi gogo nantinya, petani dapat didampingi dan dibina swcara serius agar hasil pertanaman padi gogonya lebih maksimal. 

"Bila kondisi pertanaman padi gogo mendapatkan pemupukan dan perawatan yang baik, biasanya hasil priduksinya bisa mencapai sebanyak 6-7 ton perhektare," katanya.

Sementara, Suparman Daulay, satu petani padi gogo menyatakan, pola pertanaman padi gogo yang selama ini dilakukan pihaknya memang masih secara swadaya dan tradisional. 

"Mudah-mudahn dengan rutinnya tim PPL turun dan memberikan penyuluhan kepada petani padi gogo di sini. Ke depannya, hasil pertanian padi gogo masyarakat bisa ditingkatkan lagi," imbuhnya.
Editor: Tommy

T#g:padisosa
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Jun 2020 10:14

    Kapolsek Sosa Komitmen Wujudkan Kamtibmas Bersama Masyarakat

    Jajaran Kepolisian Sektor di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) berkomitmen tinggi dalam mewujudkan situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum (wilkum) Polsek Sosa.

  • Jumat, 29 Mei 2020 16:09

    1.081 KK Se-Sosa Terima BLT DD Dampak Pandemi Covid19

    Sebanyak 1.081 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 16 desa se-Kecamatan Sosa di Kabupaten Padang Lawas, dipastikan telah menerima dana Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD)

  • Kamis, 30 Apr 2020 11:20

    Sampah Berserak di Pinggir Jalinsum, Kades Ujung Batu Buat Peringatan Tegas

    Kondisi sampah yang diduga kuat berasal dari sisa kegiatan bisnis tradisional di lokasi Pasar Ujung Batu di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, kian berserak di pinggir jalan lintas

  • Minggu, 22 Mar 2020 05:22

    Personel Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Binaan Menumbuk Padi

    Guna meringankan beban warga binaan sekaligus mempererat tali silaturahmi, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo, membantu Mama Rosiana Banggu (32 th) menumbuk padi agar menjadi beras.

  • Selasa, 04 Feb 2020 13:34

    Rumah Semi Permanen Di Labuhanbatu Hangus Dilalap Sijago Merah

    Sedikitnya dua unit rumah semi permanen dan kilang padi hangus dilalap sijago merah di Dusun II, Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (03/02/2020) sek

  • Rabu, 01 Jan 2020 19:41

    Jabatan 8 Kades di Sosa Disertijabkan

    Sebanyak 8 orang kepala desa (Kades) hasil pemilihan kades (Pilkades) serentak tahun 2019 di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, melaksanakan prosesi serah terima jabatan (sertijab), bertempat di h

  • Kamis, 19 Des 2019 04:19

    Wujudkan swasembada pangan, Satgas Pamtas Yonif 133/YS bercocok tanam bersama masyarakat

    Warga desa bersama Satgas Pamtas Yonif 133/YS melaksanakan tanam padi bersama. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan swasembada pangan serta kemanunggalan TNI dan Rakyat di daer

  • Selasa, 13 Agu 2019 09:43

    Melalui Inovasi dan Kolaborasi Balitbang/ Dinas Pertanian, Petani Padi Bisa Panen 2 atau 3 Kali Dalam Setahun

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam kunjungannya ke Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah, Senin (12/8/2019) pagi, mengungkapkan bahwa masyarakat atau petani yang bercoc

  • Sabtu, 22 Jun 2019 12:42

    Warga Minta PTPN 4 Sosa Perbaiki Jalan Afdeling 3 Yang Rusak

    Sejumlah warga masyarakat berdomisili di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengeluhkan kondisi jalan desa yang menghubungkan akses jalan daei Simpang SMA Sosa menuju areal

  • Rabu, 12 Jun 2019 20:02

    Petani Padi Sawah di Palas Panen, Harga Jual Turun

    Sejumlah kelompok petani (poktan) padi sawah di sejumlah daerah kecamatan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) saat ini, sedang melaksanakan panen padi sawah di sejumlah areal persawahan yang dikelola be

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak