Jumat, 03 Jul 2020 20:41
  • Home
  • Ekonomi
  • Petani Padi Sawah di Palas Panen, Harga Jual Turun

Petani Padi Sawah di Palas Panen, Harga Jual Turun

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Rabu, 12 Jun 2019 20:02
Maulana Syafii
Sejumlah petani padi sawah di Palas terlihat panen raya padi sawah. Musim panen padi sawah kali ini harga jual padi petani turun.
Sejumlah kelompok petani (poktan) padi sawah di sejumlah daerah kecamatan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) saat ini, sedang melaksanakan panen padi sawah di sejumlah areal persawahan yang dikelola beberapa poktan padi sawah. Namun, kondisi penjualan padi sawah petani di daerah ini sedang mengalami penurunan.

Pantauan wartawan, seperti kegiatan panen padi sawah seluas sekitar 25 hektare oleh Kelompok Petani Saba Pulo, Desa Pagaran Jalu-jalu, Kecamatan Lubuk Barumun yang beranggotakan sebanyak 30 orang petani ini.

Kepada wartawan, Rabu (12/06/2019), Muhammad Soleh Siregar, Ketua Poktan Saba Pulo menyatakan, pertanaman padi sawah yang dikelola poktannya itu, menggunakan benih padi sawah varietas impari 40 dan impari 43 tadah hujan.

"Benih padi sawahnya ini, bantuan dari Distan Palas tahun 2018, ditanam pada bulan Maret 2019, dengan usia tanam hingga panen selama 110 hari dan sistem tanam jajar legowo 1:4. Hasil panen padinya kami prediksikan sekitar 6 ton per hektare," katanya.


"Kami perhatikan, hasil panen padi sawah kali ini naik dari biasanya, biasanya kami mendapatkan panen padi sawah hanya sebanyak 3-4,5 ton saja, dikarenakan banyaknya hama yang menyerang padi petani seperti tikus san wereng. Panen kali ini, memang selamat dari hama," jelasnya.

Disebutkannya, sebagian hasil panen padi sawah dari poktan ini, akan dijadikan sebagai bibit oleh kelompok penangkar padi sawah yang ada di daerah Palas, dan sebagian lagi untuk kebutuhan konsumsi petani sendiri.

"Sudah ada kelompok penangkar benih padi yang akan membelinya, saat ini harga jualnya Rp50.000 perkaleng, biasanya harga jualnya mencapai sebesar Rp60.000 sampai Rp65.000 perkaleng. Penurunan harga jual padi sawah ini disebabkan banyaknya kelompok tani yang panen raya padi sawah, makanya harganya turun," tegasnya.

Oleh karena, petani padi sawah di sini berharap agar pemerintah daerah bisa membentuk koperasi padi yang bisa menampung pembelian padi sawah petani dengan kondisi harga yang tetap stabil.

Sementara itu, kondisi di areal persawahan seluas sekitar 100 hektare yang dikelola oleh Gapoktan Jaya Muda di Desa Pasir Jae, Kecamatan Sosa akan melaksanakan panen raya padi sawah pada minggu depan.

"Kalau di tempat kami saat ini ada seluas 100 hektare padi sawah yang siap dipanen pada minggu depan. Itu sudah sesuai dengan perhitungan jadwal panennya," sebut Tarmizi Lubis, Ketua Gapoktan Maju Jaya saat dihubungi, Rabu (12/06/2019).

"Benih yang kami pakai, benih padi lokal, kami prediksikan hasil panennya sekitar 4 sampai 5 ton per hektare. Memang, kalau dilihat kondisi saat ini sedang panen raya padi sawah, kami perkirakan harga jual padi sawah bisa turun. Harganya bisa di kisaran Rp50.000 sampai Rp60.000 perkalengnya," terangnya.
Editor: Adjie

T#g:padiPanen
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jun 2020 17:06

    Ketum Dharma Pertiwi Hadiri Panen Raya di Mako Puspomal

    Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri panen raya sayuran dan ikan Patin dalam rangka HUT Ke-74 Jalasenastri di Mako Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Jl. Bo

  • Selasa, 02 Jun 2020 23:22

    Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Panen Semangka Bersama Warga Perbatasan Sota

    Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, melaksanakan kegiatan panen buah Semangka, hasil kebun bersama warga masyarakat Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua.

  • Jumat, 29 Mei 2020 22:29

    Wabup Sergai Panen Semangka Bersama Gapoktan Seiya Sekata

    Wabup H Darma Wijaya SE memuji Gapoktan Seiya Sekata yang telah berhasil memanfaatkan lahan tak terpakai (nganggur) usai panen padi dan menyulapnya menjadi lahan yang menguntungkan.

  • Selasa, 28 Apr 2020 16:28

    Bantu Panen Warga Papua, Satgas 411 Kostrad Jaga Ketersediaan Pangan Di Tengah Corona

    Dalam rangka meringankan beban dan memastikan tersedianya bahan pangan di tengah pandemi virus corona, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membantu panen padi di sawah warga binaan bertempat di Kampung Kuler.

  • Selasa, 14 Apr 2020 21:34

    Panen Raya di Desa Batu 13, Bupati Soekirman Minta Petani Tetap Kerja Siapkan Logistik Untuk Masa Darurat Covid-19

    Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melaksanakan Panen Raya di Desa Batu 13 Kecamatan Dolok Masihul, sekaligus mengikuti video konferensi dengan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.H., Selasa (14/4).

  • Selasa, 14 Apr 2020 16:54

    Prajurit Kostrad Bantu Petani Warga Binaan Panen Padi

    Prajurit Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu petani warga binaan melaksanakan panen padi di Kampung Sipias, Distrik Eligobel, Kab. Merauke, Provinsi Papua, Senin (13/4/2020).

  • Selasa, 07 Apr 2020 08:17

    Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah Rambutan di Kampung

  • Minggu, 22 Mar 2020 05:22

    Personel Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Binaan Menumbuk Padi

    Guna meringankan beban warga binaan sekaligus mempererat tali silaturahmi, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo, membantu Mama Rosiana Banggu (32 th) menumbuk padi agar menjadi beras.

  • Kamis, 13 Feb 2020 13:13

    Prajurit Kostrad di Perbatasan Ajak Warga Panen Kacang Tanah Bersama

    Setelah sukses memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun, sebagai wujud ungkapan rasa syukur para prajurit Kostrad di perbatasan yakni Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad mengajak warga panen

  • Selasa, 11 Feb 2020 17:21

    Prajurit Kostrad Bantu Warga di Tapal Batas Panen Sagu

    Indonesia menyimpan keberagaman pangan lokal di berbagai daerah, salah satunya adalah sagu. Di beberapa daerah sagu dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras serta sebagai bahan pangan lainnya.S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak