Kamis, 09 Jul 2020 15:36
  • Home
  • Ekonomi
  • Petani Padi Gogo di Sosa Butuh Perhatian Pemerintah

Petani Padi Gogo di Sosa Butuh Perhatian Pemerintah

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 02 Feb 2018 19:02
Maulana Syafii
Suparman Daulay, satu petani padi gogo di Desa Ampolu

Sejumlah petani padi gogo atau padi darat yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), terlihat mulai manggotil atau memotong batang padi gogo yang sudah menguning untuk dipanen.

Informasi dihimpun wartawan di salah satu lahan padi gogo milik petani, mereka melakukan pola pertanaman padi gogo yang dilakukan masih secara tradisional dan belum mendapatkan pembinaan dari pemerintah setempat. 

Suparman Daulay, satu petani padi gogo di Desa Ampolu, kepada wartawan Jumat (2/2/2018) menyebutkan, ia bersama 80 orang kepala keluarga, pada sekitar pertengahan bulan September 2017 lalu, melakukan tanam serempak padi gogo di atas lahan seluas 80 hektare. 



"Dalam setahun, padi gogo ini hanya bisa sekali saja dilakukan pertanaman dan panennya. Karena sistem dan pola pertanaman padi gogo yang kami lakukan masih secara tradisional atau sistem hauma," lanjutnya. 

Dikatakannya, jenis benih padi gogo yang dipergunakan petani merupakan varietas hauma tradisional, yang biasa digunakan petani tradisional di sini, yang hasilnya menjadi beras kuku balam. 

"Biasanya, dalam satu hektare luas padi gogo, hasil panennya bisa mencapai sebanyak 150 kaleng. 1 kaleng biasanya seberat 10 kilogram. Artinya, dalam sehektare luas pertanaman padi gogo, maksimal hasil panennya sebanyak 1,5 ton saja. Hasil panen padi hanya untuk konsumsi keluarga, tidak dijual," terangnya.

Minimnya hasil panen padi gogo petani di sini, tambahnya, karena memang para petani memperlakukan tanaman padi gogo secara tradisional dan pemupukan seadanya. 

"Kami pernah menyampaikan persoalan ini, langsung kepada Pak Menteri Pertanian Amran Saleh pada saat melakukan kunjungan kerja ke sini, pada tahun 2016 yang lalu," ungkapnya. 

"Menurut keterangan dari Pak Menteri, hasil panen dari pertanian padi gogo ini bisa mencapai sebanyak 6 sampai 7 ton perhektare, bila tanaman padi gogo diperlakukan secara baik," katanya.

Diakui Suparman, mereka mengelola pertanian padi gogo ini tidak dengan sistem kelompok tani yang didaftarkan ke instansi pemerintah. "Kami hanya petani biasa yang belum membuat kelompok tani. Tapi, kami akan buat kelompok tani, agar sistem pertanian padi gogo kami ke depannya bisa mendapatkan perhatian dan pembinaan dari pemerintah," imbuhnya.

Editor: Tommy

T#g:padisosa
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Jun 2020 10:14

    Kapolsek Sosa Komitmen Wujudkan Kamtibmas Bersama Masyarakat

    Jajaran Kepolisian Sektor di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) berkomitmen tinggi dalam mewujudkan situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum (wilkum) Polsek Sosa.

  • Jumat, 29 Mei 2020 16:09

    1.081 KK Se-Sosa Terima BLT DD Dampak Pandemi Covid19

    Sebanyak 1.081 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 16 desa se-Kecamatan Sosa di Kabupaten Padang Lawas, dipastikan telah menerima dana Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD)

  • Kamis, 30 Apr 2020 11:20

    Sampah Berserak di Pinggir Jalinsum, Kades Ujung Batu Buat Peringatan Tegas

    Kondisi sampah yang diduga kuat berasal dari sisa kegiatan bisnis tradisional di lokasi Pasar Ujung Batu di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, kian berserak di pinggir jalan lintas

  • Minggu, 22 Mar 2020 05:22

    Personel Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Binaan Menumbuk Padi

    Guna meringankan beban warga binaan sekaligus mempererat tali silaturahmi, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo, membantu Mama Rosiana Banggu (32 th) menumbuk padi agar menjadi beras.

  • Selasa, 04 Feb 2020 13:34

    Rumah Semi Permanen Di Labuhanbatu Hangus Dilalap Sijago Merah

    Sedikitnya dua unit rumah semi permanen dan kilang padi hangus dilalap sijago merah di Dusun II, Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (03/02/2020) sek

  • Rabu, 01 Jan 2020 19:41

    Jabatan 8 Kades di Sosa Disertijabkan

    Sebanyak 8 orang kepala desa (Kades) hasil pemilihan kades (Pilkades) serentak tahun 2019 di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, melaksanakan prosesi serah terima jabatan (sertijab), bertempat di h

  • Kamis, 19 Des 2019 04:19

    Wujudkan swasembada pangan, Satgas Pamtas Yonif 133/YS bercocok tanam bersama masyarakat

    Warga desa bersama Satgas Pamtas Yonif 133/YS melaksanakan tanam padi bersama. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan swasembada pangan serta kemanunggalan TNI dan Rakyat di daer

  • Selasa, 13 Agu 2019 09:43

    Melalui Inovasi dan Kolaborasi Balitbang/ Dinas Pertanian, Petani Padi Bisa Panen 2 atau 3 Kali Dalam Setahun

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam kunjungannya ke Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah, Senin (12/8/2019) pagi, mengungkapkan bahwa masyarakat atau petani yang bercoc

  • Sabtu, 22 Jun 2019 12:42

    Warga Minta PTPN 4 Sosa Perbaiki Jalan Afdeling 3 Yang Rusak

    Sejumlah warga masyarakat berdomisili di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengeluhkan kondisi jalan desa yang menghubungkan akses jalan daei Simpang SMA Sosa menuju areal

  • Rabu, 12 Jun 2019 20:02

    Petani Padi Sawah di Palas Panen, Harga Jual Turun

    Sejumlah kelompok petani (poktan) padi sawah di sejumlah daerah kecamatan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) saat ini, sedang melaksanakan panen padi sawah di sejumlah areal persawahan yang dikelola be

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak