Senin, 19 Apr 2021 01:09
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemprov Sumut Siap Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian Antar Daerah

Tekan angka inflasi

Pemprov Sumut Siap Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian Antar Daerah

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Jumat, 19 Jun 2020 10:19
Biro Humas & Keprotokolan Setdaprovsu/ Fahmi Aulia
Pemprovsu siap menjalin kerja sama dengan daerah lain di bidang pertanian, sesuai saran Bank Indonesia (BI) untuk menekan lonjakan inflasi di masa pandemi Covid-19. Apalagi bidang pertanian menjadi salah satu fokus Pemprov Sumut saat ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai mengikuti rapat koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut dan Satgas Pangan Sumut, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Kamis (18/6).

Gubernur mengatakan keinginannya untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang fokus mengelola hasil pertanian, sehingga bisa menjalin kerja sama dengan daerah lain yang surplus hasil pertaniannya. "Saya ke depan akan fokus pada pertanian dan akan mengembalikan Sumut menjadi daerah yang agraris, sebulan sekali kita akan lakukan kegiatan panen bersama para petani," ujar Edy Rahmayadi.

Melihat perkembangan inflasi Sumut dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang mencatat masih rendahnya nilai tukar petani (NTP), Gubernur pun mengajak agar BUMD yang ada melakukan inovasi untuk mengelola hasil pertanian dari petani. "Produksi bawang merah di Sumut sebesar 18.072 ton/tahun, namun kebutuhan bawang merah Sumut mencapai 4.057 ton/bulan atau sekitar 48.684 per tahun. Sehingga Sumut harus impor dari daerah lain. Kenapa bisa seperti itu, padahal tanah subur dan luas. Disamping ketersedian pangan yg penting juga diperhatikan harganya. Agar nilai tukar petani diatas 100. Saya akan terus bergerak untuk menyejahterakan petani," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat menyampaikan paparan tentang beberapa komoditas pertanian di Sumut yang mengalami defisit dan dapat memicu ketidakstabilan harga. Untuk mengantisipasi lonjakan inflasi karena defisit komoditi, Wiwiek pun menyarankan Pemprov Sumut untuk melakukan kerja sama antar daerah.

"Pada triwulan kedua ini, Sumut surplus beberapa komuditas pertanian yakni beras, cabai merah, cabai rawit, telur ayam dan minyak goreng. Tapi juga ada beberapa komoditas yang mengalami defisit komoditas pangan semisal bawang merah, bawang putih dan gula pasir. Beberapa waktu lalu daging ayam sempat melonjak harganya, tapi hari ini sudah terkendali. Untuk menekan angka inflasi, saya menyarankan untuk segera dilakukan kerja sama antar daerah terkhusus di bidang pertanian," katanya.

Wiwiek pun mencontohkan bahwa Sumut bisa bekerja sama dengan Sumatera Barat yang surplus bawang merah. "Menutupi defisit bawang merah, Sumut bisa jajaki kerja sama dengan Sumbar. Kita sama mengetahui bahwa Solok penghasil bawang merah terbesar di Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, Wiwiek menyampaikan bahwa Sumut mengalami inflasi 0,43% selama Mei 2020, dengan tingkat inflasi tahunan dan kumulatif hingga Mei tercatat sebesar 0,68% (ytd dan yoi). Namun angka inflasi itu lebih rendah bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, yakni 1,19%.

Untuk mengantisipasi lonjakan inflasi, TPID pun akan terus aktif melakukan operasi pasar dan sosialisasi kepada masyarakat. "TPID akan terus melakukan operasi pasar, mengadakan pasar murah, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying. Meskipun dia di rumah saja, tapi belanjanya melebihi kebutuhan, itu juga akan menimbulkan masalah. Untuk itu belanja sesuai kebutuhan saja,"ujarnya.

Turut hadir pada rapat tersebut Sekretaris Daerah Sumut R Sabrina, Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Dahler Lubis.
Editor: Herda

T#g:bawang
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Jan 2021 18:20

    Babinsa Kodim 0209/LB Dorong dan Motivasi Petani Bawang Merah

    Pandemi covid-19 menjadi momok bagi semua pelaku ekonomi bahkan hingga para petani. Untuk membangkitkan dan menjaga semangat para petani agar tetap bercocok tanam, Babinsa Koramil 08/RP Serda Salman P

  • Senin, 23 Nov 2020 20:13

    Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit dan Saprodi Bawang Merah

    Pemkab Dairi menerima bantuan bibit dan Saprodi bawang merah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan stimulus ekonomi ini sumber dana refocussing APBD TA 2020 Ta

  • Rabu, 28 Okt 2020 15:28

    2,5 Bulan Lagi Presiden Tinjau Kembali Food Estate Humbahas, Gubernur: Jadikan Sebagai Motivasi

    Presiden RI Joko Widodo meninjau perkembangan kawasan Food Estate (Lumbung Pangan) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tepatnya di Desa Siria-ria Kecamatan Pollung, Selasa (27/10).Turut mendam

  • Minggu, 30 Agu 2020 21:50

    Edy Rahmayadi Senang Produksi Bawang Merah STM Hulu Makin Meningkat

    Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang kembali melakukan panen bawang merah. Kali ini, panen dilakukan di Desa Liang Pematang, dengan luas lahan 1,5 hektare (Ha) yang mempr

  • Minggu, 21 Jun 2020 16:21

    Menteri Pertanian Optimis Humbahas Jadi Sentra Bawang

    Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo optimis Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bisa menjadi salah satu sentra pertanian di Sumut, khususnya bawang putih dan bawang merah. Karena lah

  • Selasa, 09 Jun 2020 14:09

    Bisa Panen Tiga Kali Setahun, Wagub Optimis Sumut Swasembada Bawang Merah

    Dalam upaya merealisasikan swasembada pangan, khususnya pada komoditi bawang merah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah meninjau lahan tanaman bawang merah di Desa

  • Kamis, 04 Jun 2020 10:44

    Edy Semangat Genjot Budidaya Bawang Putih di Humbang

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi bawang putih agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut.

  • Rabu, 13 Mei 2020 20:13

    Bahan Pokok Jelang Idul Fitri Dipastikan Cukup, Gula dan Bawang Merah Jadi Perhatian Khusus

    Ketersediaan bahan pokok di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan cukup menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, bahkan beberapa komoditas surplus. Meski ada kenaikan, harga sejumlah bahan pokok relatif ter

  • Sabtu, 02 Mei 2020 20:02

    Gubernur Edy Dampingi Warga STM Hulu Panen 16 Ton Bawang Merah

    Barisan bedeng-bedeng bawang merah siap panen memenuhi lahan seluas 1 hektare lebih di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Di sekitarnya, para petani tengah bersiap untuk memanen sekitar 16 ton bawang merah.

  • Rabu, 22 Apr 2020 23:22

    Panen Perdana Bawang Merah dan Pencanangan Agrowisata di Dolok Masihul

    Saya sudah pernah mengunjungi kelompok tani perkotaan atau yang diistilahkan sebagai "urban agriculture" di beberapa tempat, baik yang ada di Indonesia tepatnya di Ibukota Jakarta sampai di manca nega

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak