Senin, 01 Jun 2020 23:12
TESTING ADSENSE 9668897277
  • Home
  • Ekonomi
  • Pasar Murah Sembako di Jalan Pancing Dihentikan

Pasar Murah Sembako di Jalan Pancing Dihentikan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 19 Mei 2020 19:29
Humas Pemprov Sumut
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara (Sumut) akhirnya menutup sementara Pasar Murah Sembako di Gedung Serbaguna Jalan Pancing Medan, Selasa (19/5). Untuk selanjutnya dilakukan evaluasi, terkait membludaknya warga yang datang sehingga sulit dilakukan penegakan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Ridho Haykal Amal, Selasa (19/5). "Kepada masyarakat kami minta maaf, pasar murah yang rencananya digelar selama 5 hari harus dihentikan sementara, untuk dilakukan evaluasi," ujarnya.

Rhido mengatakan, sangat memahami kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok murah dan berkualitas, namun mengingat banyaknya masyarakat yang berkerumun dan adanya pandemi Covid-19, maka kesehatan harus tetap menjadi prioritas. "Karena itu pasar murah harus kita tutup, kesehatan lebih penting," jelasnya.


Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 menggelar pasar murah di empat lokasi secara serentak mulai Minggu (17/5) hingga Kamis (21/5), di Lanud Soewondo (Eks Bandara Polonia), Batalyon Zeni Tempur 1, Rumah Dinas Walikota Binjai dan Gedung Serbaguna Jalan Pancing.

Pelaksanaan pasar murah bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, juga untuk membantu UMKM yang kesulitan pada saat ini. Total ada 12.000 paket yang disiapkan Dinas Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan mitra-mitra untuk pasar murah ini.

Pada tiap lokasi, Dinas Koperasi dan UMKM Sumut menyiapkan 600 paket sembako yang bisa dibeli dengan harga murah oleh masyarakat. Kita menyiapkan 600 paket per titik, tetapi dalam prosesnya harus ada yang dilebihkan karena banyaknya masyarakat yang datang," kata Ridho.

Tercatat, ada 4 jenis bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga di pasaran, yaitu beras, gula, minyak goreng dan telur. Namun masyarakat yang ingin membeli harus mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, seperti memakai masker, tetap menjaga jarak dan cuci tangan sebelum masuk lokasi pasar murah.

Sementara itu, di lokasi pasar murah Gedung Serbaguna Jalan Pancing Medan terlihat pajangan sejumlah spanduk bertuliskan "Pasar Murah Sembako Dihentikan Karena Tidak Memenuhi Protokol Kesehatan Mohon Dimaklumi".

Sedangkan di tiga lokasi lainnya, seperti di Lanud Soewondo (Eks Bandara Polonia), Batalyon Zeni Tempur 1 dan Rumah Dinas Walikota Binjai, pasar murah tetap digelar seperti sebelumnya. Warga sangat antusias membeli sembako murah, namun tetap tertib dan mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, tetap menjaga jarak dan cuci tangan sebelum masuk lokasi pasar.

Editor: Herda

T#g:Covid-19Covid 19Pasar murah
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 01 Jun 2020 19:31

    Inggris siap uji coba 5 obat COVID-19

    Para ilmuwan di negara Inggris menyatakan akan memulai uji coba lima obat baru sebagai bagian dari upaya melawan virus corona. Mereka sedang berupaya mendaftarkan ratusan pasien untuk uji coba tersebu

  • Senin, 01 Jun 2020 12:01

    Kasad Andika sediakan helm pendeteksi suhu tubuh

    Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa membantu tenaga medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta berupa helm pendeteksi suhu tubuh.

  • Sabtu, 30 Mei 2020 09:00

    Dukung Pejuang Covid-19, Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan Untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

    Sebagai wujud dukungan kepada para pahlawan kesehatan yang berjuang di garda terdepan melawan Virus Corona (Covid-19), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membagikan makan siang kepada tenag

  • Jumat, 29 Mei 2020 10:09

    Pangkogabwilhan II Tinjau RS Darurat Covid-19 di Surabaya

    Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II), Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., melaksanakan kunjungan kerja sekaligus meninjau secara langsung Rumah Sakit (RS) Lapangan atau RS

  • Kamis, 28 Mei 2020 22:58

    Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumut dinilai tidak cermat dan menimbulkan keresahan di masyarakat Batu Bara

    Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara sebagai sumber data kasus  Covid 19 Kab/Kota di Provsu dinilai tidak cermat tanpa konfirmasi terlebih dahulu hingga menetapkan 1 kasus Positif covid 19 di

  • Kamis, 28 Mei 2020 12:18

    Polsek Medan Helvetia Himbau Masyarakat Taati Anjuran Pemerintah

    Unit Lantas Polsek Medan Helvetia menghimbau masyarakat pengguna jalan raya untuk menghindari banyak orang atau kerumunan guna memutus penyebaran Virus Corona (Covid 19).

  • Rabu, 27 Mei 2020 17:27

    Kota Medan Siap Laksanakan New Normal

    Kota Medan siap melaksanakan kondisi new normal. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian C

  • Rabu, 27 Mei 2020 05:37

    1 dari 40 TKI Ilegal tujuan Batubara meninggal. Tongkang sempat ditangkap namun dilepas Tentara Malaysia

    Beredar kabar ada TKI Ilegal yang berasal dari Batu Bara meninggal dunia di dalam kapal tongkang yang membawa sekitar 40 orang TKI Ilegal dari Malaysia

  • Selasa, 26 Mei 2020 20:36

    Update 26 Mei 2020, Pasien positif Covid-19 di Sumut tidak bertambah

    Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR di Sumatera Utara per Selasa, 26 Mei 2020 tidak bertambah dari hari sebelumnya, yakni tetap 315 orang.

  • Selasa, 26 Mei 2020 20:26

    Wagub Berharap Pansus Covid-19 DPRD Sumut Dapat Mengawasi Kinerja GTPP

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut. Diharapkan pansus ini dapat membant

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak