Jumat, 25 Jun 2021 16:32
  • Home
  • Ekonomi
  • Nawal Ajak Pelaku Kerajinan Manfaatkan Platform Digital

Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

Nawal Ajak Pelaku Kerajinan Manfaatkan Platform Digital

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Tony
Minggu, 05 Jul 2020 11:35
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi.
Para pelaku ekonomi kreatif khususnya kerajinan diajak untuk memanfaatkan platform digital agar tetap bertahan dan produktif di masa pandemi Covid-19. Karena melalui aplikasi digital para pelaku usaha kerajinan lebih mudah memasarkan produk dan mengembangkan usahanya.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi usai mengikuti webinar Dekranas yang bertemakan 'Adaptasi Kebiasaan Baru Sektor Kerajinan Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Melalui Platform Digital' di kediamannya di Kawasan Deli Tua, Deli Serdang, Sabtu (4/7).

Saat ini potensi pemasaran melalui platform digital sudah sangat besar. Apalagi masa pandemi Covid-19 ini membatasi kegiatan tatap muka setiap orang. Karena itu, platform digital adalah pilihan alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk terus meningkatkan produktivitas.

Salah satunya yang dapat dimanfaatkan para pengrajin untuk memasarkan produknya adalah aplikasi dekranasda.sumutprov.go.id yang disediakan oleh Dekranasda Sumut. "Saya harap, para pelaku industri ekonomi kreatif bisa memanfaatkan platform digital yang saat ini sudah semakin besar. Pandemi ini menuntut kita untuk terus berinovasi agar produktivitas tidak menurun," ujar Nawal.

Selain itu, Nawal juga mengharapkan kepada masyarakat Sumut agar senantiasa membeli produk perajin lokal, sehingga daya saing perajin lokal terus dapat meningkat.

"Saya harapkan juga masyarakat membeli produk-produk perajin lokal kita, apalagi Sumatera Utara memiliki banyak sekali jenis kerajinan yang kualitasnya dapat bersaing dengan produk di luar daerah," kata Nawal.

Ketua Umum Dekranas Wury Estu Handayani mengatakan saat ini sektor kerajinan adalah yang terdampak pandemi cukup tinggi. Estimasi kerugiannya mencapai Rp700 miliar. Antara lain disebabkan iklim pendapatan yang menurun drastis, daya beli masyarakat yang menurun, kesulitan mendapatkan bahan baku, proses produksi menurun dan para pelaku kesulitan membayar kredit usaha.

"Untuk itu, diperlukan adaptasi menjadikan kebiasaan baru, meningkatkan omset dengan banyak cara, salah satunya menggunakan platform digital dalam pemasaran produk industri kecil menengah," kata Wury.

Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Josua Simanjuntak mengatakan para pelaku Industri Kecil Menengah harus jeli melihat perubahan. Salah satunya adalah platform digital yang kian hari kian berkembang.

"Platform digital ini harus diambil sebagai kesempatan. Kita harus jeli melihat perubahan yang terjadi di masyarakat. Ini satu solusi yang bisa membuat kita terus bisa produktif dan usaha," kata Josua.
Editor: Herda

T#g:aplikasiDekranasdaDelituakerajinanUMKM
Berita Terkait
  • Kamis, 24 Jun 2021 14:34

    Bupati Sergai Darma Wijaya, Sidak Dinas Dukcapil

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H.Darma Wijaya lakukan sidak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kamis (24/6/2021)Sidak tersebut dilakukan Bupati untuk melihat sejauh mana perkembangan

  • Senin, 21 Jun 2021 17:31

    Polda Sumut Luncur Aplikasi Sumut Bersinar

    Direktorat (Dit) Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara meluncurkan aplikasi Sumut Bersinar dalam mencegah peredaran narkoba, Senin (21/6/2021).Peluncuran aplikasi Sumut Bersinar itu dihadiri Dir Res Na

  • Minggu, 20 Jun 2021 11:10

    Satgas TMMD Ungkap Prospek Bisnis Batang Lidi Sawit ke Warga

    Jika selama ini dibuang begitu saja, namun kini batang lidi sawit telah dikumpulkan warga untuk dijadikan sapu yang prospek bisnisnya bisa sampai ke luar negeri.Hal ini disampaikan salah seorang perso

  • Jumat, 18 Jun 2021 04:18

    Ketua Dekranasda Kota Medan Terima Kunjungan Dekranasda Kota Pariaman

    Ketua Dekranasda Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution menerima kunjungan pengurus Dekranasda Kota Pariaman, Sumatera Barat di Aula Gedung Seba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Kamis (17/6).

  • Jumat, 11 Jun 2021 09:21

    Dialog Interaktif TVRI Nasional "Indonesia Bicara", Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

    Siapa yang tak kenal dengan #BanggaBuatanIndonesia? Salah satu upaya dari Indonesia untuk senantiasa mendorong perkembangan perekonomian dengan mempromosikan karya anak bangsa.Oleh karena itu, untuk m

  • Kamis, 03 Jun 2021 13:13

    Langgar Jam Malam PPKM Mikro, Pelaku Usaha Ditertibkan Petugas Satgas Covid-19

    Petugas Satgas Covid-19 Kota Medan terus melakukan Patroli dan Pengawasan PPKM Mikro, Rabu (2/6/2021) malam. Dari Patroli yang dilakukan petugas menertibkan sejumlah pelaku usaha yang melanggar jam malam sesuai aturan PPKM Mikro.

  • Rabu, 02 Jun 2021 15:02

    Walikota Tebing Tinggi, DPR RI dan Bank Indonesia Bahas Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

    Walikota Tebing Tinggi Ir. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menghadiri acara diskusi oleh anggota DPR RI Fraksi PDIP Marsiaman Saragih, SH bersama Bank Indonesia dengan pelaku UMKM Kota Tebing Tinggi bertaju

  • Selasa, 01 Jun 2021 06:21

    Launching "Bakso Urat", Bupati Sergai: Pelayanan Publik Harus Bersih

    Menjelang 100 hari masa tugas Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP dalam memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat, berbagai gebra

  • Selasa, 01 Jun 2021 01:01

    Wali Kota Medan Berharap Forum Dorong Pelaku Usaha Tingkatkan CSR

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumut yang telah dilantik dapat memfasiltasi pelaku usaha yang ada

  • Kamis, 27 Mei 2021 00:27

    Gubernur Edy Rahmayadi Laksanakan Salat Gerhana Bulan

    Edy Rahmayadi melaksanakan Salat Gerhana Bulan di kediaman pribadinya Jalan Pantai Bunga, Desa Pamah, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Rabu (26/5) malam. Bertindak sebagai imam dan khatib, Us

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak