Senin, 19 Apr 2021 01:25
  • Home
  • Ekonomi
  • Menteri Pertanian Cek 6,7 Ha Lahan Kentang di Paranginan, Humbahas

Menteri Pertanian Cek 6,7 Ha Lahan Kentang di Paranginan, Humbahas

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Mario Matthew
Minggu, 21 Jun 2020 06:31
Biro Humas & Keprotokolan Setdaprovsu/ Fahmi Aulia
R Sabrina bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengunjungi lahan budidaya kentang di Desa Paranginan, Sabtu (20/06).
Kentang merupakan salah satu komoditas pangan yang dihasilkan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Untuk itu komitmen Humbahas dalam memenuhi ketersediaan pangan Sumatera Utara (Sumut) sangat dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina usai mendampingi Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lahan pembibitan kentang PT Indofood di Desa Paranginan, Kabupaten Humbahas, Sabtu (20/6). "Kami harapkan dukungan Pak Bupati bersama semua elemen membangun ketersediaan pangan yang cukup di Sumut," kata Sabrina.

Ketersediaan pangan di Sumut, menurut Sabrina, dapat terpenuhi apabila semua pihak dapat bekerja sama. Mulai dari Pemkab, Forkopimda hingga Satgas Pangan Sumut. Diharapkan semua elemen tersebut dapat bekerja sama berkontribusi memenuhi ketersediaan pangan.

Lahan pembibitan kentang tersebut memiliki luas 6,7 hektare. Rata-rata 1 hektare bisa menghasilkan sekitar 20 ton kentang atau jika dirupiahkan sebesar Rp280 juta.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kentang bukan hanya kebutuhan nasional namun juga kebutuhan dunia. Untuk itu, Mentan berharap lahannya bisa diekspansi lebih kuat lagi. "Ini sesuatu yang menjanjikan kepada petani. Ini bukan hanya bisa berkembang di Sumatera Utara, bisa juga dikembangkan di tempat lain di Indonesia," kata Mentan.

Senada dengan Sabrina, Mentan mengharapkan pemerintah daerah bersinergi dengan setiap elemen yang ada. Apalagi saat ini dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. "Setelah Covid ini, pertanian harus hadir untuk menjamin rakyat agar bisa hidup lebih baik," kata Mentan.

Turut hadir Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, OPD Pemprov Sumut dan OPD Pemkab Humbahas.

Sementara itu, berdasarkan catatan Balai Besar Karantina Pertanian Belawan ada peningkatan pengiriman produk hortikultura berupa kentang ke pasar ekspor di Singapura dan Malaysia.

Tercatat periode Januari sampai dengan April 2020 sudah ada 11 kali ekspor kentang dari Belawan ke Malaysia dan 1 kali ke Singapura dengan total mencapai 80,5 ton. Sementara pada periode yang sama di tahun 2019 tercatat hanya ada 7 kali frekuensi ekspor dengan tujuan Singapura dan Malaysia 48,5 ton, melonjak hampir dua kali lipat.

Editor: Herda

T#g: HumbahasKentang
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Feb 2021 05:17

    Gubernur Panen Perdana Kentang Bersama Petani Karo

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan panen perdana kentang bersama para petani di Desa Gung Pinto, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Selasa (16/2). Panen kentang ini adalah has

  • Rabu, 28 Okt 2020 15:28

    2,5 Bulan Lagi Presiden Tinjau Kembali Food Estate Humbahas, Gubernur: Jadikan Sebagai Motivasi

    Presiden RI Joko Widodo meninjau perkembangan kawasan Food Estate (Lumbung Pangan) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tepatnya di Desa Siria-ria Kecamatan Pollung, Selasa (27/10).Turut mendam

  • Selasa, 15 Sep 2020 08:45

    Polemik Kotak Suara Kosong VS Paslon Di Daerah

    Nama Balon (bakal calon) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 2020, sudah muncul di publik. Namun beberapa daerah, masih ada balon kemungkinan tanpa perlawanan atau pesaing di Pilkada ters

  • Selasa, 18 Agu 2020 22:18

    Humbahas Jadi Kawasan Food Estate

    Program Lumbung Pangan (Food Estate) Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus digenjot untuk mempercepat ketahanan pangan Indonesia. Ada dua daerah yang saat ini dipilih untuk menjadi kawasan food est

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak