Jumat, 03 Jul 2020 01:24
  • Home
  • Ekonomi
  • Mengapa harga BBM tak turun? Ini kata Ombudsman

Mengapa harga BBM tak turun? Ini kata Ombudsman

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Selasa, 26 Mei 2020 11:26
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Anggota Ombudsman RI Laode Ida mengungkapkan alasan mengapa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak diturunkan di saat harga minyak dunia alami penurunan serta merebaknya pandemi COVID-19.

Laode mengatakan pihak direksi PT Pertamina secara proaktif bersilaturahmi secara virtual dengan pimpinan dan insan Ombudsman pada Selasa (19/5/2020) dengan secara khusus menyampaikan sejumlah alasan mengapa harga BBM tak diturunkan, termasuk agenda peniadaan penggunaan BBM Premium di Pulau Jawa pada tahun 2020 ini.

"Setidaknya yang saya tangkap dari penjelasan Pertamina, ada tiga alasan pokok mengapa harga BBM tidak turun," ujar Laode dalam rilis yang disampaikan di Jakarta, Selasa (26/5).

Pertama, kata dia, bahwa harga pokok BBM yang dijual di Indonesia sekarang ini adalah harga sebelum turunnya harga BBM dunia. Jadi kalau dijual dengan harga murah, sudah pasti Pertamina akan mengalami kerugian besar. Dan sebagai BUMN, niscaya hal itu tidak mungkin dilakukan.

Kedua, harga BBM dunia terus berfluktuasi (naik-turun). Pada hari dimana direksi PT Pertamina memberikan penjelasan secara virtual pada ombudsman, misalnya, harga BBM dunia menanjak naik di atas angka tiga puluhan dolar AS per barel.

Ketika aktivitas sosial ekonomi masyarakat dunia akan berangsur normal, niscaya harga BBM juga akan berangsur naik.

Ketiga, jika harga BBM diturunkan dan terjadi kerugian besar di pihak PT Pertamina, maka niscaya juga akan terjadi pengurangan tenaga kerja atau Pemutusan Hubungan Kerja.

"Tentu hal ini tidak dikehendaki. Saya turut apresiasi PT Pertamina yang hingga sekarang tidak ada PHK. Karena jika PT Pertamina mengalami kerugian dengan menurunkan harga BBM, maka akan semakin menambah barisan warga bangsa ini yang terkena PHK akibat wabah virus corona yang konon jumlahnya sekarang sudah berada di atas angka dua jutaan orang," ujar Laode.

Lebih lanjut, ia meragukan upaya tertentu kelompok masyarakat, yang diinisiasi oleh tokoh-tokoh senior aktivis sosial di antaranya Marwan Batubara, kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo, termasuk kepada PT Pertamina, akibat tidak kunjung diturunkannya harga BBM.

"Saya ragu terhadap upaya itu hanya akan buang-buang energi sosial. Padahal harga BBM tak akan kunjung diturunkan," kata Laode.

Namun, upaya itu pun ia hargai sebagai bagian dari hak masyarakat dalam menyalurkan aspirasi. Namun Laode menilai, seharusnya perlu dipertimbangkan secara matang tentang manfaat dan mudharatnya.

"Memang sudah begitu kuat perbincangan di media sosial yang pada intinya melontarkan kritik baik kepada pemerintah maupun secara khusus Pimpinan PT Pertamina yang tak menurunkan harga minyak, meski harga minyak dunia sudah turun hingga dua puluhan dolar AS per barel. Bahkan ada yang berpendapat bahwa pemerintah menyedot uang rakyat dari harga BBM tetap seperti harga semula," kata Laode.

Barangkali akan lebih tepat, katanya, sebelum gugatan class action diwujudkan, terlebih dahulu berkoordinasi atau minta penjelasan resmi dari Pimpinan PT Pertamina dan pejabat terkait di pemerintahan (khususnya menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), agar juga mendengarkan atau memperoleh pemahaman tentang alasan mengapa harga BBM tak kunjung turun.

Pada kesempatan pertemuan itu nantinya jika memang dilakukan, kedua pihak dapat saling berdebat berdasarkan data dan argumen masing-masing, kata Laode pula.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tentang rencana kebijakan PT Pertamina untuk meniadakan penggunaan BBM jenis Premium di Pulau Jawa di tahun 2020 ini. Hal itu dikatakan terkait dengan upaya penghilangan subsidi BBM bagi pengguna kendaraan khususnya roda empat.

"Patut dicermati, asumsi yang dibangun pihak PT Pertamina adalah bahwa ketika seseorang sudah memiliki kendaraan roda empat berarti yang bersangkutan dianggap sudah mampu dan tak butuh lagi disubsidi," ujar Laode.
Editor: Dito

Sumber: Antara

T#g:BBMOmbudsmanPertamina
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 03 Jun 2020 18:43

    Besok, Ombudsman RI Kunjungi Dinas PMD Labura Terkait Perekrutan Perangkat Desa

    Tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan mengunjungi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk meminta klarifikasi terkait laporan pengaduan masyarakat perih

  • Sabtu, 09 Mei 2020 09:59

    Harga minyak melonjak

    Harga minyak melonjak lima persen pada akhir perdagangan Jumat, 8 Mei 2020 (Sabtu pagi WIB) dan mencatat kenaikan mingguan kedua berturut-turut karena produsen-produsen Amerika Serikat memangkas produ

  • Jumat, 06 Mar 2020 09:06

    Satgas Trisula Bakamla RI Tangkap Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal di Perairan Lampung

    Satgas Trisula Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) menggunakan unsur operasi KN Belut Laut-406 menangkap dua kapal diduga sedang melakukan illegal bunkering di Perairan Lampung, Kamis (5/3/2020)

  • Rabu, 29 Jan 2020 17:59

    Ombudsman RI Perwakilan Sumut Silaturahmi Ke Kepala Kejaksaan Tinggi

    Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) silaturahmi ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk melakukan koordinasi dalam percepatan penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan terjad

  • Kamis, 12 Des 2019 01:12

    Satgassus Trisula Bakamla RI Kembali Tangkap Dua Kapal Diduga Terlibat Perdagangan BBM Illegal

    Berdasarkan laporan masyarakat, Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Trisula Bakamla RI dengan kapal patroli Catamaran 503 berhasil mengamankan dua kapal yang diduga terlibat aktifitas perdagangan BBM ille

  • Kamis, 28 Nov 2019 19:08

    Wabup HM Ali Yusuf Siregar Serahkan Bantuan Paket Konversi BBM Ke BBG

    Kementerian ESDM RI meluncurkan bahan bakar bagi nelayan. Dengan adanya program itu, ratusan nelayan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara mendapatkan bantuan mesin motor perahu dan tabungan gas 3

  • Rabu, 20 Nov 2019 14:00

    Panglima TNI Terima Dirut PT Pertamina

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. di dampingi Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dan Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit menerima kunjungan Dirut P

  • Jumat, 16 Agu 2019 03:16

    Upaya Menangani Kebocoran Pipa Minyak Pertamina di Karawang

    Tumpahan minyak dan gelembung gas menyebar di garis pantai laut utara Jawa pertengahan Juli 2019. Diketahui, tumpahan terjadi akibat insiden di blok migas milik anak usaha PT Pertamina (Persero). Samp

  • Kamis, 01 Agu 2019 02:01

    Bakamla RI/IDNCG Amankan Kapal Kayu Muat Puluhan Ton BBM Diduga Ilegal

    Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) melalui KN Belut Laut dan Maritime Security Response Team (MSRT) mengamankan sebuah kapal memuat puluhan ton BBM yang diduga ilegal, di Perairan Pulau Rempang

  • Kamis, 25 Jul 2019 18:25

    TNI dan PT. Pertamina Jalin Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan PT. Pertamina (Persero) menjalin dan melakukan kerja sama serta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman tentang Penguatan Kegiatan T

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak