Kamis, 04 Jun 2020 05:10
  • Home
  • Ekonomi
  • Listrik gratis 3 bulan, Ini cara dapat token untuk pelanggan prabayar 450 dan 900 VA

Listrik gratis 3 bulan, Ini cara dapat token untuk pelanggan prabayar 450 dan 900 VA

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito
Kamis, 02 Apr 2020 08:02
Istimewa
Meteran listrik prabayar
Pemerintah memutuskan untuk membagi token gratis pada pelanggan prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan ke depan.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan, cara klaim token gratis sama dengan pada saat PLN memberikan kompensasi pemadaman listrik massal yang terjadi pada Agustus 2019.

"Untuk yang token sebenarnya PLN sudah ada pengalaman waktu beri kompensasi saat black out kemarin," katanya dalam konferensi video, Rabu (1/4/2020).

Lebih lanjut, imbuh Hendra, nantinya pemerintah bersama PLN akan menyiapkan aplikasi, sehingga nantinya pelanggan hanya perlu memasukkan ID pengguna listrik, kemudian voucher token akan muncul.


"Jadi sudah ada aplikasi konsumen, nanti tinggal masukin ID pelanggan, lalu akan dapat voucher, dan tinggal masukkan saja. Jadi saya rasa sudah cukup valid diimplemetasikan ketika blackout," terang Hendra.

Pembagian token gratis ini sesuai dengan salah satu poin yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020, yang menyebutkan adanya pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA.


Berapa besar token yang diterima?

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, besaran token gratis yang akan diberikan kepada pelanggan golongan 450 VA akan dihitung berdasarkan penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir.

Rida memastikan, pihaknya bersama dengan PLN sudah memilki data terkait profil penggunaan listrik pelanggan selama beberapa bulan terakhir.


Dengan demikian, PLN akan memberikan token gratis dengan besaran yang ditentukan dengan mengambil data penggunaan listrik terbesar sejak Januari hingga Maret 2020.

"Kami dan PLN, sudah punya profile-nya dari masing-masing pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa, dan itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya," tutur Rida.

Kementerian ESDM dan PLN juga akan menggunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi. Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50 persen.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, dimana pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50 persen. "Sebagaimana disampaikan presiden akan diberikan diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan beban, nah itu akan dikalikan 50 persen, intinya membayar 50 persen lah," ucap Rida.

Editor: Herda

Sumber: Kompas.com

T#g:aplikasiToken
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Apr 2020 15:46

    Gubsu Resmikan Toko Tani Online, Jual Bahan Pokok Murah

    Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Kamis (16/4), di UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Jalan AH Nasution Medan. Toko Tani menjual hasil produk pangan rumah tangga denga

  • Rabu, 01 Apr 2020 20:21

    PLN: Token Gratis untuk pelanggan prabayar 450 VA, ini besarannya

    Masyarakat konsumen listrik PLN, khususnya pelanggan prabayar 450 dan 900 Volt Ampere (VA), masih bingung terkait teknis penerimaan keringanan pembayaran tarif listrik yang diputuskan Presiden Jokowi, kemarin.

  • Sabtu, 28 Mar 2020 22:28

    Mendagri Luncurkan Gisa, Layanan Administrasi Kependudukan 'Online'

    Mendagri Tito Karnavian mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Virus Korona (Covid-19) khususnya layanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui online dengan Gisa.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 10:11

    Dengan PIKOBAR, Warga Jabar Bisa Cek Kesehatan Lewat Fitur Periksa Mandiri

    Aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) memiliki fitur periksa mandiri. Lewat fitur tersebut, warga Jabar dapat memeriksakan diri dengan melaporkan gejala-gejala yang dialami.

  • Jumat, 20 Mar 2020 21:20

    Ridwan Kamil Launching Aplikasi PIKOBAR, Bisa Update Kasus Corona, Cari Informasi, hingga Donasi

    Ridwan Kamil secara resmi me-launching aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/20).

  • Senin, 09 Mar 2020 16:09

    Panglima TNI Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. launching Peluncuran Aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dihadiri jajaran Polda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Prov

  • Kamis, 21 Mar 2019 12:21

    Lion Parcel Perkenalkan Mobile Aplikasi Terbaru "Lionparcel MobApps"

    PT Lion Express dengan merek dagang Lion Parcel yang merupakan anggota dari Lion Air Group turut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan program Hari Konsumen Nasional 2019 (Harkonas) yang terselengga

  • Rabu, 19 Des 2018 10:58

    Pentingnya Aplikasi SISUSMAKER di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu

    Kegiatan sosialisasi dan workshop aplikasi SISUSMAKER Kabupaten Labuhanbatu bertujuan untuk memberikan inovasi tentang administrasi perkantoran berbasis elektronik dengan konsep paperless dengan komun

  • Sabtu, 24 Nov 2018 08:04

    BKD Langkat Launching Aplikasi Berbasis Online "Simple Sikat"

    Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) me-launching Sistem Pelayanan Pensiun Langkat (SIMPEL SIKAT), bertempat di aula kantor BKD Langkat, Jumat, (23/11/20

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:55

    Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Tekan Sirine Launching Aplikasi E-APBD (SIANDI) Kabupaten Labuhanbatu

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu me-launching aplikasi E-APBD Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi (Siandi). Launching ditandai dengan penekanan sirine oleh Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaim

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak